?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » 7 MANFAAT BUAH CERI KERSEN UNTUK IBU HAMIL YANG JARANG DIKETAHUI

7 Manfaat Buah Ceri Kersen untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

LS Parenting
Selasa, 31 Maret 2020 | 11:58:39
Durasi baca: 3 menit, 23 detik
Dibaca: 3 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

7 Manfaat Buah Ceri Kersen untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Banyak yang menganggap bahwa buah yang satu ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan terutama bagi penderita diabetes dan kolesterol. Namun tahukah kamu, bahwa ternyata buah ini juga dipercaya mengandung sejuta manfaat untuk ibu hamil? Yah, tentunya ibu hamil tak hanya memikirkan kondisi dirinya sendiri, tapi juga ingin melakukan berbagai usaha untuk menjaga kesehatan janinnya. Dan salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah dengan memenuhi kebutuhan makanan sehat selama masa kehamilan. Sehingga dengan memberikan makanan sehat dan bergizi, maka proses perkembangan janin pun akan berlangsung dengan baik.

Nah, salah satu makanan yang dapat memberikan asupan sehat pada kehamilan adalah buah ceri kersen. Buah kersen atau yang dikenal dengan nama ilmiahnya Muntingia calabura, adalah sejenis buah kecil yang dengan rasa manis dan berwarna merah cerah serta mempunyai tampilan seperti buah ceri sehingga sering kali dikenal dengan sebutan buah ceri Jawa. Meski kehadirannya cukup sulit ditemukan di berbagai negara, namun di Indonesia sendiri buah ini banyak tumbuh di desa-desa. Hanya saja memang belum banyak orang yang memperjualbelikan buah ceri kersen di pasaran. Apa saja sih manfaat buah ceri Jawa ini? Yuk, simak dulu artikel selengkapnya.

1. Membantu melancarkan peredaran darah

Baca juga: Mengganti Menu Berbuka Puasa dengan Aneka Buah Yang Menyehatkan

Manfaat buah ceri kersen salah satunya adalah dapat membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh ibu hamil. Tentu saja lancarnya peredaran ini dapat membantu persediaan bahan makanan yang akan diberikan kepada janin untuk proses pertumbuhan dan perkembangannya. Peredaran darah yang lancar juga membantu kesehatan ibu hamil dan mencegahnya terkena berbagai penyakit.

2. Ampuh mengurangi kram perut

Dalam proses kehamilannya, ibu hamil sering kali mengalami beberapa gejala yang wajar seperti kram pada perut. Nah, manfaat buah kersen berikutnya adalah dapat membantu mengurangi rasa kram yang terjadi pada perut. Manfaat ini dapat diperoleh dengan cara mengonsumsi rebusan air buah kersen secara rutin.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil

Manfaat buah kersen berikutnya adalah dapat membantu menjaga daya tahan tubuh ibu hamil, sehingga tidak mudah sakit. Manfaat tersebut bisa didapatkan dari kandungan vitamin C pada buah kersen yang dapat membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh ibu hamil dan bertindak sebagai antioksidan. Dengan meningkatnya sistem imunitas tubuh dan adanya antioksidan dalam tubuh, maka dapat membantu mencegah masuknya penyakit pada ibu hamil.

Baca juga: Tak Cuma Lezat, Ini 5 Menu Buka Puasa untuk Ibu Hamil Agar Janin Selalu Sehat


4. Buah kersen dapat memenuhi kebutuhan vitamin A pada ibu hamil

Vitamin merupakan salah satu nutrisi yang dapat disediakan oleh tubuh sehingga membutuhkan asupan dari luar. Bagi ibu hamil vitamin A merupakan salah satu vitamin yang harus terpenuhi. Pasalnya, vitamin A dibutuhkan sebagai proses pembentukan dan perkembangan beberapa organ dari janin seperti pemacu pertumbuhan embrio, hati, paru-paru, mata, tulang, ginjal, saraf dan berbagai organ penting lainnya.

5. Buah kersen bertindak sebagai antiseptik

Yah, kondisi kesehatan dan kebersihan ibu hamil perlu diperhatikan dan dijaga agar tidak banyak bakteri jahat yang mengancam kesehatan ibu hamil maupun janin. Nah, buah kersen dapat bertindak sebagai antiseptik karena adanya kandungan senyawa seperti tannin, flavonoid, dan saponin. Sifat antiseptik pada buah kersen dapat menghalangi infeksi dan pertumbuhan bakteri seperti C diphtheriae penyebab difteri, S.aureus, P. vulgaris, S. epidermis, dan K. Rhizophil. Berbagai manfaat ini bisa didapat dengan cara mengonsumsi buah kersen yang bersih secara langsung atau meminum air rebusannya.

6. Dapat membantu menurunkan tekanan darah pada ibu hamil

Baca juga: Menu Sehat Buka Puasa Untuk Ibu Hamil yang Harus Jadi Perhatian

Setiap ibu hamil, terutama yang memiliki riwayat darah tinggi berisiko lebih besar terhadap kondisi preeclampsia yang sangat membahayakan. Untuk membantu menjaga dan menurunkan tekanan darah ibu hamil agar stabil maka dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi buah kersen secara rutin dan teratur. Selain dikonsumsi secara langsung, bagi yang tidak menyukai rasanya juga bisa meminum air rebusan buahnya saja.

7. Buah kersen dapat mencegah terjadinya gestational diabetes

Gestational diabetes merupakan kondisi di mana ibu hamil memiliki kadar gula darah yang tinggi seperti penderita diabetes. Tingginya kadar gula tersebut cukup membahayakan bila dibiarkan terjadi baik bagi ibu hamil maupun janin yang ada di dalam kandungannya. Buah kersen ternyata mampu menjaga kestabilan kadar gula darah dan mencegah terjadinya gestational diabetes pada ibu hamil.

Demikian daftar manfaat buah ceri kersen yang bisa kamu peroleh. Rasanya yang manis, sama seperti manfaatnya yang manis untuk ibu hamil dan janin. Buah sehat ini juga kaya akan vitamin dan antioksidan sehingga sangat cocok untuk Ladies, yang sedang menjalani program diet.

Sumber foto utama: Freepik.com

Baca juga: Ini Menu Sehat Buka Puasa untuk Ibu Hamil

Manfaat buah ceri kersen Manfaat sehat buah kersen Tips sehat ibu hami Mencegah diabetes Kolesterol Menurunkan berat badan Program diet

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING