?>
LADIESTORY.ID » FASHION & BEAUTY » 7 PENYEBAB KULIT GATAL YANG PERLU KAMU TAHU

7 Penyebab Kulit Gatal yang Perlu Kamu Tahu

Senin, 23 September 2019 | 07:55:00
Durasi baca: 2 menit, 10 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

 7 Penyebab Kulit Gatal yang Perlu Kamu Tahu

Suatu hal yang normal ketika seseorang mengalami gatal pada kulit. Tak melulu dikarenakan penyakit, rasa gatal yang timbul pada kulit biasanya juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor walaupun memang benar adanya beberapa kasus yang mengatakan rasa gatal merupakan gejala seseorang mengalami suatu jenis penyakit. 

Jika kamu pernah atau bahkan sedang mengalaminya, jangan gegabah untuk langsung mengambil langkah pada tahap pengobatan, sebaiknya ketahui dulu beberapa penyebab kulit gatal yang sering dialami banyak orang.

1. Kurang menjaga kebersihan kulit

Siapapun pasti tahu bahwa betapa pentingnya menjaga kesehatan kulit dengan rutin membersihkan diri dan menggunakan produk perawatan kulit. Karena jika kurang peduli dengan kebersihan kulit, bisa saja memicu bakteri dan kuman yang menjadi penyebab kulit gatal yang paling sering dialami banyak orang. 

Baca juga: Warna Lipstik yang Cocok Untuk Semua Warna Kulit!

2. Dehidrasi kulit

Jika kamu sudah sangat memperhatikan kebersihan kulit, namun tetap saja rasa gatal masih menyerang, eits jangan panik dulu, karena bisa saja penyebab kulit gatalmu dikarenakan kulit yang dehidrasi atau kering. 

Kurangnya kelembapan pada kulit tak hanya dapat menyebabkan tekstur kulit menjadi berisisik, tetapi juga dapat memberikan efek gatal. Cara mengatasinya, cukup gunakan produk perawatan kulit yang dapat melembapkan kulit.

3. Efek dari jenis obat tertentu

Buat kamu yang mungkin sedang dalam masa pengobatan dengan mengonsumsi jenis obat tertentu seperti antibiotik, nah salah satu efeknya memang kerap terjadi reaksi pada kulit. Untuk itulah, obat juga pun sering disebut sebagai penyebab kulit gatal dari dalam yang tidak berbahaya, jadi tak perlu khawatir karena akan hilang ketika usai berhenti mengonsumsi obat.

4. Alergi

Sudah tak dipungkiri lagi bahwa salah satu penyebab kulit gatal dikarenakan efek seseorang mengalami alergi yang paling umum terjadi. Untuk hal yang satu ini memang akan hilang dengan sendirinya jika dilakukan penanganan yang benar.

5. Eksim

Penyebab kulit gatal selanjutnya yaitu penyakit kulit seperti eksim. Biasanya setelah rasa gatal menyerang, kulit seseorang yang mengalami eksim akan memerah dan timbul luka yang disebabkan oleh perkembangan jamur atau bakteri. Langkah cara untuk mengatasinya harus berkonsultasi dengan dokter kulit agar tidak menimbulkan bekas serta mengurangi rasa gatal.

Baca juga: Produk Shampo Untuk Kulit Kepala Berketombe dan Gatal


6. Akibat gigitan serangga

Tak melulu soal bakteri atau kuman, penyebab kulit gatal juga dapat disebabkan oleh gigitan serangga. Biasanya seseorang yang mengalami rasa gatal akibat gigitan seranggga dapat dirasakan sadar maupun secara tak sadar. Gigitan serangga biasanya menimbulkan pembengkakan pada kulit dan rasa panas yang cukup mengganggu.

7. Mengalami penyakit serius

Mengalami beberapa jenis penyakit serius seperti gangguan saraf, gangguan hati, gangguan ginjal, atau gangguan pada sel darah dapat juga menjadi salah satu penyebab kulit gatal yang memang cukup normal dan seiring waktu dapat berkurang dengan rutinnya melakukan pengobatan dari dalam.

Jadi, buat kamu yang seringkali merasakan gatal pada kulit, itu dia ketujuh penyebab kulit gatal yang dapat kamu cari tahu dahulu untuk dapat mengerti cara penangannya dengan benar.

beauty skin

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS