?>
LADIESTORY.ID | HEALTH | 7 TANDA TUBUH BUTUH ISTIRAHAT SEHARIAN

7 Tanda Tubuh Butuh Istirahat Seharian

Sabtu, 14 September 2019 | 05:49:53
Durasi baca: 2 menit, 45 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

7 Tanda Tubuh Butuh Istirahat Seharian

DokterSehat.Com – Tidak semua orang bisa menikmati waktu istirahat di akhir pekan. Ada yang masih harus bekerja atau melakukan kegiatan lainnya. Padahal, seharusnya di akhir pekan seperti sekarang ini kita memberikan kesempatan bagi tubuh dan pikiran mendapatkan ketenangan. Pakar kesehatan bahkan sampai menyarankan kita untuk benar-benar beristirahat jika memang sudah mulai mengalami gejala kesehatan.

Beberapa Tanda yang Menunjukkan Bahwa Tubuh Butuh Istirahat

Meskipun sudah mendapatkan waktu tidur di malam hari, bukan berarti kita tidak membutuhkan waktu bersantai seharian. Berikanlah tubuh kesempatan untuk mendapatkannya demi mencegah datangnya masalah kesehatan atau menjaganya tetap bugar.

Berikut adalah berbagai tanda yang menunjukkan bahwa tubuh membutuhkan istirahat.

Baca juga: Malas Olahraga? Ini Tipsnya Agar Tubuh Tetap Fit!

  1. Tubuh Terasa Tidak Karuan

Gejala pertama yang akan kita rasakan jika mulai mengalami kelelahan adalah tubuh yang terasa tidak karuan. Kita bisa merasakan pegal-pegal pada otot atau bahkan sensasi tidak nyaman pada beberapa bagian tubuh. Selain itu, meskipun kita sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup, saat bangun kita seperti merasa ingin istirahat kembali karena badan yang memang terasa kurang bugar.

Jangan anggap remeh gejala ini dan pastikan untuk memberikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat seharian.

  1. Aktivitas Fisik yang Ringan Terasa Sangat Berat

Tubuh yang kelelahan akan membuat berbagai aktivitas yang kita lakukan terasa sangat berat. Sebagai contoh, kita akan measakan sensasi tidak nyaman saat berjalan kaki atau melakukan kegiatan rumah tangga layaknya mencuci piring. Hal ini menandakan bahwa tubuh memang membutuhkan waktu istirahat.

Jika kita tinggal sendirian atau tidak bisa melakukan kegiatan rumah tangga. Tak ada salahnya untuk memesan jasa membersihkan rumah dan memesan makanan saja demi membuat waktu istirahat bisa benar-benar maksimal.

  1. Tidak Merasa Lapar

Tubuh yang benar-benar kelelahan justru akan mengacaukan sistem metabolisme. Hal ini akan berujung pada hilangnya nafsu makan. Padahal, dalam realitanya tubuh membutuhkan nutrisi makanan agar bisa kembali bugar.

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak


Cobalah untuk setidaknya mengonsumsi makanan sehat demi memastikan bahwa tubuh tetap mendapatkan sumber energi yang cukup demi memulihkan diri sehingga kita pun bisa kembali bugar.

  1. Denyut Jantung Tidak Normal

Denyut jantung bisa menandakan adanya masalah pada kesehatan tubuh kita. Jika frekuensinya cenderung meningkat, ada baiknya memang kita beristirahat karena bisa jadi hal ini menandakan bahwa tubuh sedang kelelahan, mengalami stres, atau peningkatan tekanan darah.

Selain dengan beristirahat, kita juga bisa melakukan meditasi, yoga, atau latihan pernapasan demi membantu mengembalikan denyut jantung ke frekuensi yang normal.

  1. Mudah Sakit

Tubuh yang lelah akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun drastis. Hal ini tentu akan membuat kita mudah sakit. Jika kita cenderung mudah mengalami masalah kesehatan seperti sariawan, pilek, flu, atau sakit kepala, tak ada salahnya untuk memberikan waktu beristirahat bagi tubuh demi mengembalikan kebugaran dan sistem kekebalan tubuh.

  1. Tidak Bisa Tidur Nyenyak

Siapa bilang orang yang kelelahan bisa tidur dengan nyenyak? Dalam realitanya, banyak orang yang kelelahan justru mengalami masalah kualitas tidur seperti tidak bisa tidur nyenyak atau sering terbangun di tengah malam. Hal ini tentu akan memperburuk kondisi tubuh, bukan?

Baca juga: 5 Model Rok yang Cocok Dikenakan Tubuh Gemuk agar Tampak Langsing

Selain karena kelelahan fisik, seringkali masalah tidur juga terkait dengan masalah psikis yang tentu juga harus ditangani dengan baik.

  1. Sulit Berpikir dengan Jernih

Tubuh yang kelelahan akan berimbas pada kondisi mental dan fungsi otak yang ikut menurun. Kita cenderung sulit berpikir dengan jernih, berkonsentrasi, hingga mudah tersulut emosinya. Hal ini tentu akan membuat kita menjadi kurang produktif atau bahkan mengganggu kehidupan sosial.

Jika kita mulai mengalami gejala-gejala ini, sebaiknya memang segera beristirahat.

 

Sumber:

Baca juga: Cukup di Kasur, Gerakan Ini Ampuh Bikin Tubuh Langsing

  1. Cane, Jonathan. 2017. 7 Signs You Need a Rest Day . polar.com/blog/7-signs-need-rest-day/ (Diakses pada 14 September 2019).

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health