?>
LADIESTORY.ID » COMMUNITY BLOG » HEALTH » 8 CARA AGAR TERHINDAR DARI VIRUS CORONA! SAATNYA MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH

8 Cara Agar Terhindar dari Virus Corona! Saatnya Menjaga Daya Tahan Tubuh

Bella Lutfiana
Durasi baca: 2 menit, 53 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

8 Cara Agar Terhindar dari Virus Corona! Saatnya Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tips Terhindar dari Virus Corona. Baru-baru ini banyak media yang membahas tentang virus corona (COVID-19) yang dipercaya menjadi wabah darurat kesehatan global. Hingga selasa 3 Maret 2020 korban meninggal akibat virus ini terus bertambah dan menyentuh angka 3.118 orang di seluruh dunia dikutip dari (dream.co.id). Bahkan saat ini banyak orang meyakini bahwa virus tersebut sudah masuk ke Indonesia, terkait laporan dua warga yang positif terjangkit virus corona dan sudah mendapatkan pengawasan ketat di RSPI Jakarta.

Begitu cepat menyebar virus ini hingga banyak bermunculan spekulasi, bahwa virus ini dapat dicegah dengan menggunakan masker bedah.  Selain itu, para ahli kesehatan juga menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga daya tahan tubuhnya. Dikutip dari Times of India, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh guna menjauhi diri dari penularan virus corona, diantaranya:

 

Baca juga: Do You Know? 5 Macam Hormon yang Ada Pada Tubuh Wanita

1. Mengkonsumsi makanan sehat

Makanan sehat seperti apa sih yang optimal menjaga daya tahan tubuh? Makanan seperti keju, asianan kubis, yogurt memiliki mikroba yang dapat memicu imunitas tubuh di dalam usus. Makanan lainnya yang menyediakan imunitas pada tubuh adalah lada hitam, biji ketumbar, bawang putih, brokoli, jahe, kecambah, lemon dan stroberi.

Sumber: dream

2. Pijat diri sendiri setiap hari

Metode pijat diri sendiri juga dapat menenangkan sistem saraf, mengurangi stress dan mendukung kekebalan tubuh. Kamu bisa menggunakan minyak wijen untuk melakukan pijatan.

 

3. Melakukan pose yoga terbalik

Selain memijat diri sendiri, pose yoga terbaik juga dapat meningkatkan sirkulasi getah  bening dan mengusir kuman dari tubuh.  Saat melakukan pose yoga terbalik yakni kepala berada di bawah jantung, maka getah bening bergerak ke organ pernapasan, dimana kuman sering memasuki tubuh. Kemudian setelah kembali ke posisi tegak, gravitasi mengalirkan getah bening kembali ke bawah melalui kelenjar getah bening. Dengan metode ini, maka virus dan kuman akan ikut terbuang.

 

Baca juga: Catat! Cara Menjaga Imunitas Tubuh Keluarga selama


4. Menjaga pola makan

Jangan lupa hindari makanan dan minuman manis, dingin atau yang digoreng. Minuman dan makanan dingin bisa mengurangi kerja pencernaan, yang tidak bagus untuk kesehatan secara keseluruhan. Makanan berat dan gorengan sulit dicerna, untuk itu hindari. Sebaiknya konsumsi banyak sayur yang dibuat dari akar tanaman, kaldu dan sup.

 

5. Mandi air hangat

Tips menjaga daya tahan tubuh lainnya adalah dengan mandi air hangat di malam hari dengan Epsom dan minyak esensial yang menghangatkan seperti jahe, kapulaga, kayu putih, rosemary, kayu manis, cedar pinus, kemangi dan juniper.

Sumber: dream

6. Tidur sehat yang cukup

Perlu diketahui bahwa salah satu kebiasaan batuk yang bisa menurunkan daya tahan tubuh adalah kurang tidur atau tidur berlebihan. Sebab, saat tidur tubuh akan menghasilkan protein immuno esensial yang disebut sitokin, yang bertindak sebagai antibody penangkal infeksi yang diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

 

Baca juga: Manfaat Suplemen Vitamin C Untuk Imunitas Tubuh

7. Melakukan meditasi

Tak hanya dapat menenangkan pikiran dan mengumpulkan energi, meditasi juga dapat mengurangi beberapa faktor risiko yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk. Cobalah melakukan meditasi dengan penuh konsentrasi agar dapat melawan stress dan kepanikan yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber: dream

8. Menambahkan basil ke dalam makanan

Basil atau tulsi merupakan ramuan tradisional India yang memiliki manfaat pengobatan dan terapi yang luar biasa. Basil sendiri mengandung sifat ekspektoran dan antitusif yang kuat, yang berguna untuk menghilangkan dahak dan menekan batuk, sehingga dapat mengobati masalah pernapasan kronis. Air tulsi juga mengandung beberapa sifat anti-alergi dan anti-inflamasi yang dapat mengatasi infeksi akibat flu dan sejenisnya.

Sumber: dream

Demikian beberapa cara menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima, sehingga dapat terhindar dari ancaman virus corona. Di musim ekstrim seperti sekarang ini memang harus benar-benar menjaga pola hidup yang sehat, selain rutin mengonsumsi makanan sehat, jangan lupa untuk membiasakan diri berolahraga, tapi ingat jangan sampai kelelahan yah.

Kesehatan Tips kesehatan Makanan sehat Mencegah virus corona Masker bedah Corona virus Cara menjaga kesehatan Daya tahan tubuh

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Faradisa Maisarah
Faradisa Maisarah
Thank you banget kaka tipsnya, lagi musim corona jadi serba parno

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH