Ladiestory.id » Lifestyle » 8 Makanan Ini akan Menurunkan Kadar Kolesterol Setelah Lebaran!

8 Makanan Ini akan Menurunkan Kadar Kolesterol Setelah Lebaran!

Kamis, 06 Juni 2019 | 04:15:50
Durasi baca: 1 menit, 50 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

8 Makanan Ini akan Menurunkan Kadar Kolesterol Setelah Lebaran!

Fimela.com, Jakarta Selama puasa Ramadan dan Lebaran, orang justru akan lebih rentan menaikkan kadar kolesterol tubuhnya karena memilih makanan yang tidak sehat. Beberapa makanan mengandung kolestrol tinggi dan membuat tubuh lebih rentan mengalami berbagai penyakit, terutama penyakit jantung.

Itulah mengapa sebaiknya memilih makanan yang tepat setelah lebaran agar bisa menjaga kadar koleterol sehat tubuh. Ini sekian makanan yang bisa dikonsumsi selamam Ramadan agar kadar kolesterol tetap stabil.

1. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat yang larut sehingga bukan hanya mudah dicerna namun juga mampu mengurangi kolesterol low-density lipoprotein (LDL). Satu mangkuk oatmeal yang ditambah dengan buah apel dan pir (yang juga memiliki serat larut) mampu meningkatkan penyerapan kolesterol jahat untuk dibuang keluar tubuh.

2. Ikan

Ikan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 adalah yang terbaik, seperti ikan salmon, tuna, hering, trout, dan makarel, karena asam lemak omega-3 dapat mengurangi trigliserida, jenis lemak dalam darah yang dapat meningkatkan penyumbatan pembuluh darah. Bisa juga mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3 jika tak suka ikan.

2 dari 3 halaman

Makanan Penjaga Kadar Kolesterol

3. Alpukat

Baca juga: Resto Makanan Indonesia Terbaru Bergaya Jepang-Prancis Modern di Bali


Buah alpukat memang benar-benar buah super, bukan hanya tinggi folat dan kalium yang baik untuk sel-sel tubuh dan metabolisme, tapi juga tinggi asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga sangat baik dijadikan menu sarapan maupun makan malam.

4. Kacang almond

Daripada ngemil gorengan, ngemil kacang almond justru lebih sehat karena mampu mengurangi kadar kolesterol sekaligus mengenyangkan perut. Almond mengandung L-arginin, asma amino yang membantu tubuh membuat oksida nitrat yang bertugas menjaga aliran darah lancar.

5. Dark Coklat

Dark coklat dan bubuk cocoa mampu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dan menaikkan HDL (kolesterol baik) tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Namun hati-hati karena dark coklat juga bisa mengandung gula tinggi, pilih yang komposisi coklatnya 75-85%.

Baca juga: Sering Dijadikan Makanan Untuk Diet, Ternyata Makanan Ini Sebenarnya Buruk Bagi Tubuh

Itu dia sekian makanan yang bisa dikonsumsi setelah lebaran yang membantu menurunkan atau menjaga kadar kolesterol tubuh. Yuk perbaiki pola makan setelah lebaran, Sahabat Fimela.

3 dari 3 halaman

Tonton juga video yang satu ini

#GrowFearless with FIMELA

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE