LADIESTORY.ID | HEALTH | 8 MANFAAT TERSENYUM UNTUK KESEHATAN

8 Manfaat Tersenyum Untuk Kesehatan

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 29 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

8 Manfaat Tersenyum Untuk Kesehatan

Apa kamu pernah mendengar kutipan “life is like a mirror, smile at it and it smiles back at you”? Ya, hidup ini akan terasa hambar tanpa ada senyuman. Contohnya saja ketika bertemu dengan orang pertama kali, pasti senyuman menjadi ekspresi penting untuk menampilkan kesan yang baik. Di dalam segala situasi pun, tersenyum dapat membuat semua jadi lebih baik.

Penelitian dari Scientific American juga menemukan bahwa ekspresi wajah, seperti tersenyum bisa meningkatkan mood dan pikiran positif. Tersenyum memang bukan saja membuat diri kita merasa lebih baik, tapi ternyata bermanfaat untuk kesehatan. Ini ulasannya.

Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan

Baca juga: 5 Manfaat dan Khasiat Lemon untuk Kesehatan Si Kecil yang Tidak Boleh Diabaikan

Tersenyum bisa mendatangkan kebahagiaan untuk diri kita, meskipun pada kenyataannya kita sedang menghadapi keadaan yang sulit. Seperti diketahui dibutuhkan lebih sedikit otot wajah untuk membuat seseorang tersenyum dibanding cemberut. Beberapa ahli menyatakan dibutuhkan 43 otot untuk cemberut dan hanya 17 otot untuk tersenyum. Namun beberapa lainnya menyebutkan dibutuhkan 62 otot untuk cemberut dan hanya 26 otot untuk tersenyum. Selain itu tersenyum juga bisa meningkatkan kesehatan seseorang dan membuat hidupnya lebih menyenangkan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan seseorang dengan tersenyum.

Senyum Bisa Menular

Tersenyum tak hanya mengubah suasana hati orang tersebut tapi juga orang-orang disekitarnya, dan membuat hal-hal menjadi lebih bahagia. Ini karena senyum bisa menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.

Senyum Bisa Meredakan Stres

Orang yang stres bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak letih dan lelah. Jika sedang stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga lebih mampu mengambil tindakan.

Senyum Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tersenyum bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik. Ketika seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.

Senyum Menurunkan Tekanan Darah

Ketika tersenyum maka ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur. Cobalah mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca, lalu tersenyum selama 1 menit dan mengukur tekanan darah kembali, maka akan terlihat perbedaan.

Senyum Bisa Melepaskan Endorfin, Penghilang Rasa Sakit dan Serotonin

Studi telah menunjukkan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.

Lipatan Senyum Di Wajah Bisa Membuat Orang Terlihat Lebih Muda

Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda. Karenanya cobalah lebih sering tersenyum yang membuat merasa lebih muda dan lebih baik.

Tersenyum Bisa Membuat Orang Terlihat Sukses

Orang yang tersenyum akan terlihat lebih percaya diri sehingga lebih dipromosikan, selain itu pasang senyum di setiap pertemuan akan memiliki reaksi yang berbeda.

Senyum Bisa Membantu Orang Tetap Positif

Senyum akan membuat orang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif. Dengan mengurangi depresi, stres dan khawatir maka kesehatan seseorang juga akan meningkat dan menghindarinya dari berbagai risiko penyakit.

Itulah beberapa informasi yang dapat diberikan seputar manfaat tersenyum yang ternyata cukup besar. Jangan terlalu sulit tersenyum sekalipun pada hal-hal yang sepele.  Jadi, tidak ada alasan lagi untuk menunda tersenyum hari ini, ya, ladies!

Baca juga: Ternyata Meditasi Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental Juga Loh Ladies

Sumber Foto Utama: Freepik.com

Manfaat Senyum Bagi Kesehatan manfaat senyum secara psikologis manfaat senyum arti senyum

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health