?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » AGAR TIDAK OBESITAS, INI 5 CARA MENJAGA BERAT BADAN ANAK TETAP SEHAT

Agar Tidak Obesitas, Ini 5 Cara Menjaga Berat Badan Anak Tetap Sehat

LS Parenting
Senin, 27 Januari 2020 | 02:20:14
Durasi baca: 3 menit, 18 detik
Dibaca: 1 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Agar Tidak Obesitas, Ini 5 Cara Menjaga Berat Badan Anak Tetap Sehat

Tak cuma terjadi pada orang dewasa, obesitas yang dialami anak-anak pun pastilah akan berdampak negatif bagi kesehatan si kecil pada akhirnya. Sebab, sering kali kita mendengar bahwa obesitas atau kegemukan bisa menyebabkan penyakit jantung, sleep apnea, diabetes mellitus tipe 2, masalah hormonal, asma, serta gangguan otot dan tulang pada anak. Bukan hanya itu, kegemukan juga bisa memberikan dampak negatif terhadap kesehatan mental anak lho, Ladies. Di mana kita kerap mendengar candaan body shaming yang memperolok anak-anak dengan berat badan berlebih sebagai salah satu perilaku bullying yang semestinya kita jauhkan dari anak. Nah, supaya anak tetap sehat dan tidak mengalami obesitas dengan segala dampak negatifnya, berikut ini ada 5 cara menjaga berat badan anak yang perlu diketahui para ibu. Selamat menyimak, ya!

1. Biasakan memberi anak makanan sehat

Biasakan memberi anak makanan sehat
sumber: freepik.com

Jika kita terbiasa memberikan anak makanan siap saji dari berbagai kedai favorit mereka, maka anak akan terbiasa mengonsumsi makanan tidak sehat itu dan tumbuh dengan segala dampak negatif yang ada. Namun, bila kita terbiasa pula memberikan makanan sehat pada anak, maka anak akan terbiasa mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan tumbuh dengan segala dampak positifnya. Jadi, mulai sekarang, biasakanlah memberikan anak makanan sehat, dan kurangi penggunaan gula, serta pemanis lainnya yang tidak alami. Kamu juga bisa mulai mengajak anak untuk rutin mengonsumsi sayur, buah, dan air putih, Ladies!

2. Jadilah role model yang baik bagi anak

Jadilah role model yang baik bagi anak
sumber: freepik.com

Sering kali, apa yang kita lakukan akan diikuti oleh anak-anak kita. Sebab, orang pertama yang akan dia lihat di rumah adalah kita sebagai orang tuanya. Tentu saja, apa yang menjadi kebiasaan kita akan ditiru oleh anak secara tidak langsung, Ladies. Makanya, ada pepatah yang mengatakan buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Karena itulah, jika kamu menjadi orang tua yang terbiasa mengonsumsi makanan tidak sehat, maka anak-anakmu pun akan mengikuti caramu mengonsumsi sesuatu. Maka, jadilah role model yang baik bagi anak dengan turut serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Supaya anak juga mengikuti kebiasaan baikmu sejak dini.

Baca juga: Berbagai Macam Tipe Kecerdasan Pada Anak

3. Buat ukuran porsi makan yang tepat untuk seluruh keluarga

Buat ukuran porsi makan yang tepat untuk seluruh keluarga
sumber: freepik.com

Biasanya, seberapa banyak porsi makan yang dikonsumsi orang tua akan diikuti pula oleh anak mereka. Misalnya saja, orang tua yang senang menambah satu porsi makanan lagi setelah menghabiskan makan malam pertamanya. Ketika anak melihat orang tuanya makan dengan cara seperti itu, maka akan ada kesempatan lain dimana anak juga ikut-ikutan menambah porsi makan mereka. Lalu, jika orang tua tidak bisa mengerem nafsu makan anak yang sebanyak itu, jangan salahkan siapapun jika anak akan tumbuh dengan berat badan yang berlebih. Jadi, sebaiknya buatlah ukuran porsi makan yang tepat dan sehat untuk seluruh keluarga.

4. Ajak anak berolahraga bersama

Ajak anak berolahraga bersama
sumber: freepik.com

Kesibukan sering kali menjadi alasan bagi orang tua yang pada dasarnya memang malas berolahraga. Nah, agar kamu tidak lagi malas berolahraga, alih-alih berupaya menjaga berat badan anak tetap sehat dan seimbang, yuk, mulai sekarang kita ajak anak-anak untuk berolahraga bersama! Kamu bisa mengajak anak untuk jogging di pagi hari, berjalan sehat, atau bersepeda keliling komplek. Dalam hal ini, tentu saja bukan cuma tubuh anak yang akan menjadi sehat, tetapi tubuhmu juga, Ladies. Dengan membiasakan fisik anak tetap aktif bergerak, sama saja dengan membantu mereka secara konsisten membakar kalori dan mempertahankan berat badan yang sehat.

5. Beri batasan menonton televisi dan buat jadwal tidur 8 jam per hari untuk anak

Beri batasan menonton televisi dan buat jadwal tidur 8 jam per hari untuk anak
sumber: freepik.com

Kebiasaan menonton televisi sembari tiduran dan makan camilan yang gurih dan manis juga bisa mejadi salah satu penyebab obesitas pada anak. Belum lagi jika anak juga suka tidur larut malam dan harus bangun pagi ke sekolah. Tentu saja, dengan aktivitas yang seperti itu, risiko kegemukan bisa menyerang anak lebih cepat lho, Ladies. Nah, ada baiknya jika kamu mulai membuat batasan menonton televisi dan buat jadwal tidur 8 jam per hari untuk anak. Sebab, selain makanan yang sehat dan tubuh yang aktif bergerak, anak juga butuh istirahat yang cukup untuk menjaga berat badannya tetap ideal.

Jadi, itulah 5 cara menjaga berat badan anak tetap sehat. Sebagia orang tua, saling bekerja samalah dengan pasangan, demi kesehatan dan tumbuh kembang anak di masa depan.

Baca juga: Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan Saat Diet


parenting ibu dan anak kesehatan anak obesitas kegemukan cara menjaga berat badan anak ideal berat badan anak pola asuh anak tumbuh kembang anak

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING