LADIESTORY.ID | HEALTH | ALERGI SAAT MEMAKAI ANTING? INI CARA UNTUK MENGHINDARINYA

Alergi Saat Memakai Anting? Ini Cara Untuk Menghindarinya

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 1 menit, 56 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Alergi Saat Memakai Anting? Ini Cara Untuk Menghindarinya

Pernah mengalami ruam merah dan gatal di sekitar lubang dan daun telinga saat memakai anting? Kemungkinan besar kamu punya alergi terhadap logam nikel yang sering jadi campuran logam pada aneka perhiasan, termasuk anting. Sekitar 20% penduduk dunia terutama wanita dan anak-anak ternyata memiliki alergi nikel. 

Reaksi alergi ini bisa muncul langsung ketika benda pencetus alergi dipakai, atau bisa juga sesudah beberapa jam penggunaan. Begitulah cara sistem kekebalan melindungi dirinya dari zat berbahaya, jika di dalam medis, istilah untuk reaksi alergi ini disebut contact dermatitis.

Gejala Alergi Nikel

Baca juga: Ini Fakta Di Balik Harga Emas Yang Kamu Perlu Tahu

Gejala alergi nikel bervariasi. Yang tahap ringan berupa ruam atau bentol di kulit disertai rasa gatal yang hebat. Yang parah bisa sampai terjadi perubahan warna pada permukaan kulit menjadi merah atau bahkan ungu. Kulit bisa juga mengalami bercak yang menyamai luka bakar, atau bahkan melepuh sampai mengeluarkan cairan.

Jika kamu mengalami gejala ringan saat menggunakan anting, kamu bisa langsung lepas dan oleskan krim atau salep steroid untuk meredakan rasa gatal. Tapi jika untuk kondisi alergi yang parah, hingga mengalami syok anafilaksi seperti sakit kepala, mual dan muntah, diare, nyeri, maka segera periksakan diri kamu ke rumah sakit.

Hingga saat ini belum diketahui apa penyebab pasti alergi nikel. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lebih baik kamu mulai perhatikan pilihan logam yang tepat. Berikut logam yang tepat, agar kamu bisa gonta-ganti model anting terbaru:

Memilih Logam Perhiasan Yang Tepat

Kalau kamu termasuk alergi terhadap nikel, maka tidak ada jalan lain untuk menghindarinya selain tidak memakai perhiasan yang mengandung nikel di dalamnya. Jenis emas putih 18K adalah yang ada di urutan teratas yang harus dihindari karena selain mengandung emas murni sebanyak 75%, emas putih masih mengandung nikel sebanyak 20% dan perak untuk sisa 5%-nya.

Sementara itu, emas kuning cenderung aman digunakan karena biasanya menggunakan campuran tembaga dan kuningan, bukan nikel. Selain bebas alergi, perhiasan berbahan emas juga membuat kamu tampak classy dan timeless, bisa gonta-ganti model anting emas terbaru deh..

Pencegahan terbaik agar kamu bisa gonta-ganti model anting emas atau model perhiasan terbaru bisa juga dengan memakai perhiasan yang punya label hypoallergenic. Bahan-bahan yang tergolong hypoallergenic adalah palladium, stainless steel, platinum, titanium, tungsten, rhodium, dan sterling silver yang biasanya berlabel 925 yang berarti 92,5 % murni.

Perhiasan berjenis hypoallergenic tak menimbulkan alergi sehingga aman digunakan. Walau harganya memang sedikit lebih mahal tapi tidak ada salahnya menyisihkan uang kamu untuk membeli perhiasan yang berkualitas dan nyaman di kulit.

Model Anting Emas Anting Emas Putih

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health