?>
LADIESTORY.ID | PARENTING | ANAK MALAS BELAJAR? COBA 5 TIPS ANAK RAJIN BELAJAR

Anak Malas Belajar? Coba 5 Tips Anak Rajin Belajar

LS Parenting
Durasi baca: 1 menit, 42 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Anak Malas Belajar? Coba 5 Tips Anak Rajin Belajar 

Malas belajar menjadi persoalan yang banyak dihadapi para orang tua ketika anak sudah bersekolah. Berbagai alasan sering kali dilontarkan anak saat diminta belajar seperti terlalu asyik bermain, rasa capek, dan rasa kantuk. Di sinilah peran orang tua. Mereka harus memiliki cara agar anak mau belajar. Apa saja ya caranya? Berikut ini lima tips agar anak rajin belajar. 

Bangun Suasana Santai 

Biasanya, anak enggan belajar lantaran suasana belajar yang serius dan membosankan. Karena itu, orang tua perlu membangun suasana belajar yang santai serta menyenangkan. Orang tua bisa menerapkan gaya belajar sambil bermain. Selain itu, agar tidak terlalu serius, belajar tak harus dilakukan di ruang belajar. Bisa juga dilakukan di ruang bermain atau taman. 

Beri Pemahaman Manfaat Belajar 

Anak-anak memang belum mengetahui manfaat belajar, terlebih dampaknya ke depan bagi masa depan mereka. Sebab itu, orang tua perlu menjelaskan manfaat belajar kepada anak. Jelaskan secara baik-baik bahwa belajar memberikan banyak manfaat selain mencerdaskan. Belajar dapat meningkatkan potensi sekaligus memudahkan anak mencapai cita-citanya kelak. 

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Orang tua juga memberi contoh orang-orang yang sukses karena rajin belajar. Begitu juga menceritakan tentang orang-orang yang gagal lantaran malas belajar. Dengan menjelaskan pemaham tersebut, pikiran anak dapat terbuka, memiliki gambaran, serta semangat untuk belajar. 


Buat Jadwal Belajar

Demi proses belajar berjalan lancar dan disiplin, sebaiknya orang tua membuat jadwal belajar. Jam berapa anak memulai belajar, istirahat, dan selesai belajar. Ketika sudah waktunya belajar, pastikan orang tua dan anak tidak melakukan kegiatan apa pun. Orang tua juga perlu menemani anak saat belajar. 


Beri Waktu Istirahat

Belajar terus-menerus tentu membuat anak menjadi lelah dan bosan sehingga hilang semangat untuk belajar. Karena itu, anak juga perlu diberi waktu istirahat. Berikan waktu anak untuk istirahat dan bermain bersama teman-temannya. Bagaimana pun otak juga perlu istirahat. 


Beri Semangat dan Pujian

Ketika si buah hati enggan belajar, orang tua jangan langsung marah dan membentaknya. Beri semangat anak serta mengajaknya secara lembut untuk mau belajar. Bisa pula memberikan memasaki makanan kesukaan anak agar mau belajar. Selain itu, memberikan pujian ketika anak berhasil mengerjakan soal pelajaran atau mengerti dengan baik. 

Baca juga: 5 Kiat Melawan Stres Dampingi Anak Belajardi Rumah


Tips agar anak rajin belajar Tips mengajarkan anak Tips anti malas belajar Belajar di era pandemi Tips belajar dari rumah Pelajaran jarak jauh Menemani anak belajar

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting