LADIESTORY.ID | PARENTING | ANAK SAKIT SAAT PANDEMI, LAKUKAN PERTOLONGAN PERTAMA INI

Anak Sakit Saat Pandemi, Lakukan Pertolongan Pertama Ini

LS Parenting
Durasi baca: 1 menit, 51 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Anak Sakit Saat Pandemi, Lakukan Pertolongan Pertama Ini 

Mendapati anak sakit tentu membuat para orang tua khawatir. Kekhawatiran itu makin bertambah saat anak sakit di tengah pandemi. Pasalnya, pada masa pandemi, sejumlah rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya menjadi tempat paling berisiko terjangkit virus corona. Tak heran, para medis mengimbau masyarakat untuk tidak ke rumah sakit, kecuali keadaan darurat. 

Tentu saja, hal ini sulit bagi para orang tua yang memiliki anak kecil atau bayi. Apalagi anaka-anak rentan tekena sakit seperti demam, flu, dan bantuk. Namun, mama tak perlu panik. Mama dapat memberikan pertolongan pertama untuk mengatasi anak sakit. Berikut ini pertolongan pertamanya. 

Konsultasi Online 

Kecanggihan teknologi juga merambah dunia kesehatan. Saat ini, kita bisa berkonsultasi kesehatan tanpa harus bertatap muka atau secara online. Apalagi saat ini banyak aplikasi kesehatan yang juga menyediakan konsul online. Mama bisa menghubungi dokter anak yang menangani si kecil sebelum membawa ke rumah sakit demi menghindari rumah sakit. 

Baca juga: Staycation Ala Perkemahan Di Kota Bogor Yang Ramah Anak

Perhatikan Kondisi Anak 

Bila anak mengalami demam, orang tua harus segera mengukur menggunakan termometer, bukan mengandalkan perabaan atau perasaan. Demam pada anak-anak dan bayi terjadi saat suhu tubuh mencapai 37 derajat Celsius hingga lebih. 

Bila anak demam, tapi masih bisa bergerak, makan dan minumnya masih muda, dan siklus buang air kecilnya lancar, mama tak perlu khawatir. Mama bisa meminta anak istirahat total dan mengompresnya dengan air hangat. Namun, bila demam disertai kejang dan kondisi anak makin memburuk, segera membawa anak ke rumah sakit. 

Berikan Paracetamol 

Dilansir dari laman Hello Sehat, paracetamol merupakan obat yang diresepkan dokter saat anak demam. Obat ini juga mulai bisa diberikan pada anak berusia dua bulan ke atas dalam bentuk sirup. Karena itu, mama bisa memberikan paracetamol lebih dahulu sebelum membawa anak ke rumah sakit. 

Perhatikan Asupan Nutrisi 

Meski sakit membuat nafsu makan anak menurun, mama tetap harus menjaga asupan nutrisi anak selama sakit. Mama harus rajin memberikan anak makan makanan bergizi serta minum air putih hangat untuk menghindari anak dari dehidrasi serta mengembalikan kondisi tubuh kembali fit atau bugar. 

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan para orang tua ketika anak sakit di saat pandemi. Dengan pertolongan pertama ini setidaknya kita bisa mencegah resiko sakit yang fatal. Dengan langkah ini pula kita bisa memberikan pertolongan tanpa harus keluar rumah atau pergi ke rumah sakit.

Pertolongan pertama anak sakit Mengatasi anak sakit saat pandemi Cara menurunkan demam anak Jenis demam pada anak

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting