?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » APA BOLEH? PENDERITA MAAG MENJALANKAN PROGRAM DIET

Apa Boleh? Penderita Maag Menjalankan Program Diet

LS Health
Penulis: LS Health
Rabu, 20 Mei 2020 | 11:23:04
Durasi baca: 2 menit, 24 detik
Dibaca: 1 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Apa Boleh? Penderita Maag Menjalankan Program Diet

Diet merupakan salah satu cara menurunkan berat yang paling digemari dan menjadi favorit bagi kebanyakan orang saat ini. Hal tersebut dikarenakan metode yang satu ini cukup mudah dilakukan dan memiliki berbagai macam varian yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Namun, walau cukup populer dan telah terbukti, nyatanya tidak semua orang bisa melakukan diet. Pasalnya, ada beberapa kondisi yang membuat seseorang tidak bisa sembarangan mengatur pola makan, salah satunya adalah bagi penderita maag.

Yap, jika seseorang memiliki penyakit maag, tentu saja diet adalah sebuah kegiatan yang cukup berisiko bagi kesehatan, terutama lambung. Sehingga diet pun harus dilakukan secara benar dan tepat. Nah, bagaimana cara diet yang benar dan tepat bagi penderita maag? Simak informasinya berikut ini.

Aturlah pola makanmu 

Kalau biasanya kamu cuma makan tiga kali sehari, sekarang coba lebih sering, misal tiap tiga jam makan. Tapi hindari makan dengan porsi besar agar perut nggak kaget dan berat badan bisa perlahan turun. Nggak cuma bagus buat diet, cara ini juga bisa mengurangi gejala asam lambung yang sering kambuh.

Baca juga: Beras Terbaik Untuk Program Diet, Berani Coba?

Perhatikan juga setiap makanan yang kamu konsumsi

Penderita mag yang mau diet memang harus pintar-pintar memilih makanan. Soalnya, selain kafein kamu juga nggak boleh untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi. Biar diet berhasil dan mag nggak kumat, pilihlah makanan tinggi protein seperti oatmeal, putih telur, dan ikan. Kalau mau lebih berat, konsumsi karbohidrat kompleks yang yang memiliki kandungan serat tinggi misalnya nasi merah dan roti gandum.

Olahraga rutin

Sudah capek diet tapi berat badan kamu tak kunjung turun? Bisa jadi kamu kurang olahraga. Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Obesity tahun 2013, berat badan yang normal dapat membantu meredakan gejala asam lambung cukup drastis. Salah satu cara paling mudah, murah, dan efektif yang bisa kamu lakukan adalah olahraga.

Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mulai olahraga. Beberapa jenis olahraga, khususnya olahraga intensitas tinggi, ternyata dapat menurunkan aliran darah ke sistem pencernaan kamu. Bukannya bikin sehat, gejala asam lambung kamu malah jadi sering kambuh.

Baiknya turunkan berat badan secara bertahap

Menurunkan berat badan secara dratis bisa menggangu kinerja refluks lambung. Makanya, capailah berat badan ideal dalam beberapa tahap. Misalnya, tahap pertama turunkan  berat badan sekitar lima hingga 10 persen. Nah, setelah itu kamu bisa menaikkan target pelan-pelan agar tubuh nggak kaget.

Perhatikan jam istirahat

Selanjutnya, kamu harus perhatikan jam tidurmu ketika melakukan diet. Sebab, sebagai penderita maag, lambungmu akan sangat sensitif dan mudah sekali lapar. Ketika kamu tidak menjaga jam tidur di malam hari, maka rasa lapar tidak bisa ditahan. Akibatnya, proses diet akan sia-sia karena harus makan di malam hari sebelum tidur.

Baca juga: Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan Saat Diet


Nah, itulah beberapa tips diet untuk penderita maag yang bisa kamu lakukan agar lambung tetap aman. Untuk kamu perempuan kreatif Ladiestory.id ingin mengajak kamu untuk semakin kreatif selama #dirumahaja dengan kembali mengikuti "DIY Contest"! Share kreativitas kalian selama #dirumahaja, agar bisa menginspirasi teman-teman lainnya. Ada hadiahnya lho untuk yang beruntung. Selamat mencoba!

 

Sumber foto utama: Freepik.com

cara diet penderita maag diet penderita maag Tips Diet untuk Penderita Maag

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH