LADIESTORY.ID | FASHION | APA ITU SUSTAINABLE FASHION? YUK, CARI TAHU

Apa Itu Sustainable Fashion? Yuk, Cari Tahu

LS Fashion
Penulis: LS Fashion
Durasi baca: 1 menit, 43 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Apa Itu Sustainable Fashion? Yuk, Cari Tahu

Sustainable fashion merupakan tren industri masa depan. Ini merupakan gerakan global yang menuntut pelaku industri termasuk tekstil untuk lebih ramah lingkungan di tengah menguatnya kesadaran akan kebutuhan produk yang berkelanjutan. Pada akhir tahun 2019 lalu misalnya Fashion Trend 2019 yang dilaksanakan di Nusa Dua, Bali, mulai mengampanyekan busana ramah lingkungan. Argumennya menarik, yakni kesadaran akan berbagai macam polusi dan barang tak ramah lingkungan.

Sustainable Fashion

Konsep sustainable fashion harus diterapkan dalam memilih fashion. Pilihlah produk fashion yang terbuat dari katun organik. Katun organik tidak mengandung pestisida dan pupuk kimia. Kita perlu mendukung desainer dan produsen lokal yang meluncurkan produk-produk fashion ramah lingkungan dengan bahan katun organik dari bambu, rami, kedelai, kayu, serat pisang, dan serat nanas. Para desainer pun mulai tergugah menciptakan karya-karya busana yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan bahan yang mudah didaur ulang. Bahan ramah lingkungan yang mulai dikembangkan saat ini antara lain yang terbuat dari bahan rayon serta kayu yang disebut viscose.

Produsen viscose terbesar di Indonesia saat ini adalah Asia Pacific Rayon yang berada di Provinsi Riau. Bahan bakunya adalah viscose rayon atau serat benang yang berasal dari pohon dan dapat terurai secara alami. Selain untuk pakaian, viscose rayon juga dapat diterapkan ke berbagai produk antara lain kebutuhan rumah tangga hungga alat kesehatan dan kecantikan. Adanya konsep sustainable fashion, membuat industri mode mulai berkontribisi postif dengan menghadirkan produk-produk ramah lingkungan, yang dapat memberi kontribusi positif bagi keseluruhan industri mulai dari konsumen, produsen, dan lingkungan sekitar. Jika Beautynesian merupakan pencinta mode, maka mulailah untuk menerapkan konsep sustainable fashion.

Pertama, ubahlah perilaku konsumtifmu dengan lebih memilih potongan pakaian yang timeless atau tidak terpaut waktu. Kemudian, ladies juga harus mampu menjadi smart shopper dengan memilih material produk yang mudah terurai dan ramah lingkungan sehingga tak ada lagi pakaian yang terbuang dan menjadi sampah yang mencemari bumi. Terapkan cara ini berulang kali sehingga menjadi sebuah gaya hidup yang ramah lingkungan.

Baca juga: Label Eco Friendly Fashion Yang Sustainable

Oya, konsep sutainable fashion yang dikembangkan saat ini juga menawarkan fashion yang awet sehingga membuat kita lebih efisien memakainya, meski harganya memang sedikit lebih mahal.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

Sustainable Fashion arti Sustainable Fashion gerakan Sustainable Fashion apa itu Sustainable Fashion zero waste

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Fashion