LADIESTORY.ID | HEALTH | APAKAH MENGONSUMSI VITAMIN C DOSIS TINGGI BISA MENCEGAH TERINFEKSI COVID-19?

Apakah Mengonsumsi Vitamin C Dosis Tinggi Bisa Mencegah Terinfeksi Covid-19?

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 17 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Apakah Mengonsumsi Vitamin C Dosis Tinggi Bisa Mencegah Terinfeksi Covid-19?

Kemungkinan besar kamu tahu betapa sulitnya mencari vitamin di supermarket dalam beberapa minggu belakangan ini, terutama vitamin C. Soalnya, banyak yang bilang vitamin C bisa mencegah--bahkan mengobati Covid-19. Apakah hal ini benar? Berikut penjelasannya. 

Apakah Vitamin C Bisa Mencegah Covid-19?

Kepada Sky News, Harriet Smith, seorang ahli nutrisi terkenal dari Inggris, mengatakan bahwa memang benar vitamin C memiliki peranan besar dalam menjaga imunitas tubuh. Itulah sebabnya, suplemen vitamin C sering digunakan untuk mengurangi gejala-gejala pilek--tapi hal ini hanya terbatas selama setengah hari. 

Jadi, jika vitamin C belum tentu bisa mengobati pilek, apakah vitamin C bisa mengobati atau mencegah terinfeksi Covid-19? 

Baca juga: Bisakah Vitamin C Mengatasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata?

"Pastinya, virus Corona dan pilek biasa adalah jenis virus yang berbeda, sehingga hasil ini tidak berlaku untuk virus Corona," jelasnya. Menurutnya, meski makanan memang memegang peran penting dalam mengoptimalkan imunitas, vitamin C tidak bisa mencegah atau mengobati virus Corona. 

Intinya, dia membantah bahwa vitamin C dalam dosis tinggi bisa mencegah atau mengobati Covid-19. Apalagi dari sisi kesehatan nutrisi, asupan vitamin C setiap orang dewasa adalah 40mg per hari, yang bisa kamu dapat dengan mudah dari sebuah jeruk besar atau kiwi. 

British Nutrition Foundation menyatakan bahwa "tidak ada makanan atau suplemen, yang bisa melindungi dari virus Corona (Covid-19)." Meski menambahkan, "memiliki pola makan yang sehat merupakan hal yang penting untuk meningkatkan fungsi imunitas tubuh dan nutrisi di dalam makanan sehat membantu tubuh melawan infeksi." 

Apa yang Terjadi Jika Kamu Mengonsumsi Terlalu Banyak Vitamin C?

Smith mengatakan bahwa vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air, sehingga mengonsumsi dalam kadar yang melebihi kebutuhan butuh, maka disekresikan dalam bentuk urine. 

Selain itu, mengonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi di rumah juga bisa menyebabkan masalah pencernaan, misalnya diare. 

Apa Sumber Terbaik Vitamin C? 

Seandainya kamu ingin memastikan asupan vitamin C harian terpenuhi dengan baik, Smith menyarankan untuk mendapatkannya dari memiliki pola makan yang sehat dan seimbang. Yakni dengan mengonsumsi makanan-makanan utuh dalam bentuk buah dan sayuran seperti buah-buah sitrus, sayuran berdaun hijau dan kentang. 

"Lebih baik mendapatkan vitamin C dari makanan-makanan utuh bukan suplemen karena ada manfaat lain yang bisa didapatkan [dari mengonsumsi makanan utuh] yakni asupan antioksidan, yang tidak bisa digantikan oleh suplemen," terangnya. 

Dan untuk Covid-19, dia mengatakan bahwa memang sedang dilakukan beberapa penelitian tentang efek vitamin C dosis tinggi terhadap virus Corona. "Akan tetapi, uji coba-uji coba ini masih dalam tahap awal dan belum ada kesimpulan yang bisa dihasilkan. Jadi, jangan coba [mengonsumsi vitamin C dosis tinggi] di rumah."

Sebagai informasi, sebuah studi memang sedang dilakukan di Universitas Wuhan, yakni melibatkan 140 pasien Covid-19 yang diberikan antioksidan dalam jumlah besar melalui urat nadi. Penelitian ini ingin mengetahui apakah antioksidan tersebut bisa meningkatkan kesehatan pasien. Akan tetapi, hasil penelitian ini baru akan selesai September mendatang. 

Sumber foto utama: Freepik.com

Baca juga: Cegah Influenza Di Musim Hujan Dengan Vitamin C

Konsumsi vitamin C vitamin C dan kesehatan tubuh vitamin C dan kekebalan tubuh kesehatan dan virus Corona

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health