?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » APAKAH MINUM KOLAGEN BISA MEMBUAT KULIT LEBIH PUTIH?

Apakah Minum Kolagen Bisa Membuat Kulit Lebih Putih?

LS Health
Penulis: LS Health
Kamis, 16 April 2020 | 10:27:01
Durasi baca: 2 menit, 26 detik
Dibaca: 6 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Apakah Minum Kolagen Bisa Membuat Kulit Lebih Putih?

Kolagen adalah salah satu protein yang diproduksi oleh sel tubuh yang membantu regenerasi kulit, serta menjaganya tetap halus dan lembap sehingga wajah akan tetap awet muda. Tidak hanya wajah, kolagen juga memiliki manfaat untuk menjaga kualitas kewanitaan  mulai dari mengecangkan area kewanitaan, meningkatkan gairah seksual dan juga meningkatkan kesuburan wanita.

Secara alamiah, tubuh dapat memproduksi sendiri kolagen melalui asam amino, vitamin, dan juga mineral yang masuk ke dalam tubuh. Namun, ada berbagai faktor yang dapat membuat produksi kolagen dalam tubuh berkurang  dan juga berpotensi merusak kolagen alami dalam tubuh, seperti bertambahnya usia, radikal bebas serta paparan sinar UV A dan UV B.

Nah, akhir-akhir ini banyak beredar isu bahwa minum kolagen bisa membuat putih. Apakah hal ini memang benar? 

Baca juga: Mengapa Wanita Asia Lebih Suka Memakai Kalung Emas Putih?

Dendy Engelman, M.D., seorang dermatolog dari New York City mengatakan suplemen berbentuk kolagen mungkin saja memberikan manfaat bagi kulit, tapi secara tidak langsung. "Kolagen pecah menjadi asam amino di saluran pencernaanmu setelah dicerna," katanya. Dan hanya asam amino yang mencapai pembuluh darah, sementara kolagen tidak. Dan karena asam amino adalah unsur penting dalam pembentukan sel-sel kulit yang sehat, maka mungkin di sinilah kolagen yang dikonsumsi memiliki manfaat secara tidak langsung bagi kulit. 

Dan satu hal lagi tentang kolagen yang kamu minum: asam amino yang terkandung di dalamnya akan pecah di dalam sistem pencernaan dan distribusikan ke seluruh berdasarkan bagian tubuh mana yang lebih membutuhkan. Dan otot-otot penting seperti jantung, diafragma, otak adalah bagian tubuh yang paling membutuhkan asam amino. Kulitmu akan menjadi prioritas hanya jika mengalami defisiensi asam amino. Jika tidak mengalami defisiensi, kulitmu tidak akan mendapatkan asam amino ini. Dan jika pola makanmu sehat, kulitmu kemungkinan tidak akan mengalami defisiensi, sehingga tidak mendapatkan asam amino dari suplemen kolagen yang kamu minum tadi. 

Memang ada penelitian yang memperlihatkan kulit menjadi lebih baik setelah mengonsumsi produk-produk mengandung kolagen. Namun, belum jelas apakah hal tersebut disebutkan karena komponen kolagen, atau antioksidan atau bahan-bahan lain yang terkandung di dalam suplemen tersebut.

Jadi, alih-alih menghabiskan duit untuk sesuatu yang belum tentu memiliki manfaat yang maksimal, satu hal yang bisa kamu lakukan adalah memakai produk yang bisa melindungi kolagen yang kamu miliki agar tidak rusak. Atau menggunakan produk yang membantu sel-sel kulit yang memproduksi kolagen lebih banyak secara natural. Dan juga memiliki gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat. Intinya, ada hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kolagen di dalam tubuh, berikut di antaranya: 

  • Memakai tabir surya yang berfungsi menjaga kolagen.
  • Mengonsumsi antioksidan yang mengatasi inflamasi yang bisa merusak kolagen.
  • Memakai retinol untuk membantu produksi kolagen .
  • Rutin mengonsumsi makanan sehat, buah dan sayuran seperti buah blueberry, stroberi, tomat, serta sayur-sayuran berwarna hijau dan merah. 
  • Konsumsi ikan laut seperti tuna, salmon, dan sarden yang mengandung protein tinggi. Protein yang terkandung di dalam ikan merupakan salah satu protein yang membentuk kolagen yang berasal dari olahan produk hewani. 

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ladies! Dan yuk, hidup sehat mulai dari sekarang! 

Baca juga: Memadukan Tas dengan Cincin Tunangan Emas Putih


Sumber foto utama: Freepik.com

kolagen minuman kolagen manfaat kolagen manfaat collagen untuk tubuh kolagen

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH