Ladiestory.id » Lifestyle » Arti Bachelorette Party serta Pro Kontranya

Arti Bachelorette Party serta Pro Kontranya

Rabu, 21 Agustus 2019 | 10:00:00
Durasi baca: 2 menit, 32 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

 Arti Bachelorette Party serta Pro Kontranya

Pesta lajang nggak hanya dimiliki oleh kaum adam saja seperti dalam film Hangover. Nyatanya, pesta lajang ini juga berlaku untuk calon mempelai perempuan. Jika pesta lajang bagi kaum Adam dikenal dengan istilah bachelor party, maka untuk perempuan dikenal dengan istilah bachelorette party atau Hen Night.

Jika di Indonesia khususnya Jawa memiliki pesta sebelum pernikahan yang dikenal dengan istilah midodareni. Namun konsepnya tentu berbeda dengan bachelorette party, Bela. Midodareni lebih pada tradisi bersama keluarga sedangkan bachelorette party lebih pada pesta yang didadakan oleh sahabat, saudara atau teman terdekat calon pengantin perempuan.

Baca juga: Sampai Manakah Batas Wajar Mengunggah Tentang Relationship di Media Sosial?

Awal mula bachelorette party

Bachelorette party merupakan pesta melepas masa lajang sebelum pernikahan di mana pesta tersebut direncanakan oleh para orang terdekat tanpa sepengetahuan calon pengantin. Pada tahun 1897, brachelotte party ini dikenal di Amerika Serikat sebagai perayaan di mana undangan dihadiri para perempuan di rumah sang calon pengantin perempuan. Acaranya hanya sekadar makan-makan, minum teh bersama sambil berdiskusi atau bergosip. Di Indonesia sendiri, pesta lajang ini mulai dikenal tahun 1980-an dengan konsep yang nggak seekstrem di luar negeri. 

Konsep acara bachelorette party

Di Amerika, Kanada, Inggris, dan beberapa negara lainnya, bachelorette party kental dengan acara minum-minuman beralkohol, DJ, serta kegiatan 'nakal' lainnya yang nggak bisa dilakukan dengan bebas sebelum ia resmi menjadi istri seseorang. Kegiatan 'nakal' yang sering ada dalam konsep bachelorette party yakni mengundang para penari striptis laki-laki untuk menghibur mereka. Tapi nggak harus seperti itu kok, Bela. Semua tergantung pada si perencana acara serta lingkungan masing-masing.

Baca juga: Pahami Konsep Open Relationship Sebelum Menjalaninya

Pesta lajang yang diselenggarakan pun bisa disesuaikan. Ada baiknya, setiap acara berisi hal yang bisa memberikan dampak positif seperti saling memberi petuah dan pengalaman mengenai pernikahan yang dibalut dalam bentuk hiburan dan games. Kegiatan positif lainnya bisa dengan spa atau ke salon bersama alih-alih melakukan pesta 'nakal' yang bisa merugikan beberapa pihak termasuk sang calon pengantin.

Perbedaan bachelorette party dan bridal shower

Banyak yang mengira jika bachelorette party itu sama dengan bridal shower. Padahal kedua pesta tersebut tentulah berbeda. Jika bridal shower merupakan sebuah perayaan yang diatur oleh pengiring pengantin di mana biasanya si calon pengantin perempuan akan dimanjakan, diberi banyak hadiah, makan-makan dan bermain beberapa games dengan tamu undangan semua perempuan.

Baca juga: 7 Hal dari Toxic Relationship Ini Mengajarimu tentang Cinta

Bachelorette party lebih identik dengan pesta melepas masa lajang yang hanya dilakukan dengan sahabat atau bisa dibilang hangout terakhir di mana biasanya calon pengantin diberikan beberapa tantangan serta menghabiskan malamnya dengan kegiatan hura-hura dengan berpesta. 

Tragedi brachelorette party

Mengingat bachelorette party identik dengan pesta 'nakal' serta minum-minuman beralkohol, sebagian orang bisa melakukan tindakan negatif di bawah pengaruh alkohol ataupun karena pengaruh suasana. Seperti yang sempat viral melalui video yang diunggah oleh Carmelo Diva di mana calon pengantin perempuan melakukan hubungan intim dengan penari striptis laki-laki di pesta lajangnya yang membuatnya batal menikah.

Ada juga akibat terlalu ekstrem yang gagal menikah karena calon pengantin didorong menggunakan narkoba dengan dalih melepas kebebasan sebelum menikah. Atau juga terjadi perselingkuhan yang nggak disadari saat mengadakan pesta lajang. 

Banyak kegiatan sebelum menikah yang bisa kita lakukan. Sah-sah saja melakukan bachelorette party bersama para sahabat. Hanya saja, kita harus pintar memilih kegiatan yang nggak akan merugikan siapa pun pada akhirnya ya, Bela. 

Baca juga: 4 Hal Kecil Ini Ternyata Bisa Menjadi Pemicu Toxic Relationship Loh!

relationship married

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

TRENDING ON LIFESTYLE