Ladiestory.id » Fashion & Beauty » Ask The Expert: Apa Sih Perawatan Holistik Itu?

Ask The Expert: Apa Sih Perawatan Holistik Itu?

Rabu, 04 September 2019 | 10:00:00
Durasi baca: 2 menit, 18 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ask The Expert: Apa Sih Perawatan Holistik Itu?

Dok: Shutterstock.com


Apakah maksudnya perawatan tubuh secara tradisional atau bagaimana?

Jika kebanyakan orang mencari jalan untuk cantik secara instan, maka pasti ada juga kelompok konsumen yang  justru ingin mendapatkan atau menjaga kecantikan tubuhnya dengan cara alami. Melihat proses merawat diri sebagai bagian integral dari perawatan kesehatan setiap organ tubuh dan keterkaitannya satu sama lain yang pada akhirnya akan tampak pada outlook kita, atau secara kasat mata. 

Holistic beauty merupakan pendekatan kecantikan yang luas, dimana tubuh dianggap  merupakan satu kesatuan. Kesehatan hati, jantung, empedu, ginjal menjadi bagian penting dan  tidak boleh diabaikan. Misalnya saat kita merasa wajah kusam, dan wajah terlihat berwarna kuning, maka dokter kecantikan yang berpengalaman juga akan mencari tahu dulu (dari konsultasi dengan pasien) kondisi kesehatan umum si pasien. Gunanya untuk mencari tahu apakah wajah kusam itu semata penumpukan kulit mati yang tidak dirawat, atau wajah kekuningan akibat  pemakaian tabir surya yang kebayangkan kandungan polimer atau justru sebuah symptom keadaan kesehatan  umumnya yang terganggu. 

Jika harmoni terjadi dalam tubuh kita, maka inilah tanda-tanda yang kita temukan: 

Saat kulit menunjukkan kerutan, atau rambut yang mengalami kerontokan, sering dikaitkan dengan adanya stres dan kekurangan nutrisi. Jika kita melakukan  pendekatan holistik, maka akan dicari sumber masalah yang sesungguhnya yang ,mungkin bukan berasal dari stres tapi penggunaan shampoo yang tidak tepat ( misalnya) dan perawatan akan dilakukan dari sumber masalah tersebut. Holistic treatment merupakan tipe perawatan tubuh dengan konsep alami yang berpedoman pada konsep h ealing atau memberikan harmoni terhadap tubuh serta kulit sehingga keseluruhan terlihat seimbang.

Jadi holistik mengandung arti harmonisasi, maka keseimbangan dan relaksasi menjadi bagian dari treatment itu. Menggunakan teknik Balancing, adalah salah satu bagian dari perawatan di klinik yang menganut konsep perawatan holistik. Proses perawatan akan dimulai dengan merelaksasi pasien dengan pijatan-pijatan ringan pada bagian kepala, pundak dan penekanan pada bagian titik lympa di bagian dada misalnya. Hal ini digunakan sebagai persiapan menuju perawatan kecantikan yang sesungguhnya.

Jika disebutkan apakah aromaterapi merupakan cara holistik, saya katakan bahwa holistik berarti pendekatan yang bertujuan untuk menyeimbangkan mind, body and soul. Penggunaan aromaterapi yang berasal dari ekstrak tumbuh-tumbuhan itu menjadi salah satu caranya saja. Manfaat  aromaterapi yang didapat bisa menghirup, melakukan pijatan atau dicampurkan ke dalam minuman, bermanfaat untuk relaksasi hingga   penyembuhan tahap ringan (misalnya sakit kepala hilang dengan mengkonsumsi aromatherapy peppermint yang ditetes ke dalam minuman hangat).

Sedangkan jika kita kaitkan dengan penggunaan cream wajah yang kita pakai,  misalnya maka akan dinamakan cara holistik jika cream wajah tersebut berbahan   dasar organik dan memiliki fungsi untuk memberikan healing terhadap kondisi kesehatan wajah secara keseluruhan.

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON FASHION & BEAUTY