?>
LADIESTORY.ID » FASHION & BEAUTY » ASK THE EXPERT : BAGAIMANA MEMILIH SKINCARE YANG AMAN UNTUK WANITA HAMIL?

Ask The Expert : Bagaimana Memilih Skincare yang Aman untuk Wanita Hamil?

Senin, 23 September 2019 | 03:00:00
Durasi baca: 3 menit, 0 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ask  The Expert : Bagaimana Memilih Skincare yang Aman untuk Wanita Hamil?


Dok. Shutterstock



Momen kehamilan, saat-saat menyiapkan diri menjadi seorang ibu merupakan saat yang sangat membahagiakan. Namun begitu, ada banyak hal yang juga perlu perhatian   karena terjadinya perubahan hormonal dan yang juga rentan terhadap semua hal yang berkaitan dengan kondisi kulit.
 
Riset perihal kulit bermasalah pada saat kehamilan menjadi perhatian besar saya. Dalam kondisi hamil, wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi plus vitamin lebih dari sebelumnya.
 
Apa yang terbaik untuk kulit di saat kita hamil? Apa yang boleh dan apa yang tidak?
 
Kunci utama kulit sehat di saat hamil adalah menjaga keseimbangan antara makanan, vitamin tubuh dan juga ritual perawatan kulit setiap harinya. Menggunakan bahan-bahan alami sangat dianjurkan. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.
 
Kulit wajah dengan tren merah jambu dan berkulit mengkilap bukanlah perawatan advance yang harus diikuti jika hamil. Proses yang dilakukan pada kulit akan cukup keras dan kurang baik untuk kesehatan janin bayi yang akan dikandung maupun jika sudah di dalam kandungan.
 
Banyak produk yang tidak menjelaskan terlalu rinci mengenai  kandungan produknya. Jika Anda tidak yakin, lebih baik konsultasikan dengan dokter sebelum memakainya.  
 
Setiap orang akan memberikan reaksi yang berbeda-beda pada skin care yang digunakan dan untuk ibu hamil pikirkan bahwa apapun yang dikonsumsi dan diaplikasikan secara topikal ke kulit tubuh  bisa  berpengaruh terhadap perkembangan janin di dalam kandungan.
 
Ada beberapa kandungan yang biasanya ada pada kosmetik yang tidak boleh dipakai oleh ibu hamil sebagai berikut :
 
  • Retinoid dan Retinol
Retinol dikenal dengan retin-A , retinyl palmitate , yang merupakan derivative dari vitamin A yang dalam pemakaian yang tidak tepat dosisnya bisa berpengaruh pada perkembangan embrio dalam kandungan.
 
  • Salicylic dan Glycolic Acid
Tingginya kadar hormon androgen serta kondisi yang fluktuatif dari hormon tubuh akan mengakibatkan banyak masalah pada kulit wajah. Salah satunya adalah jerawat.
 
Pengobatan yang keras tidak boleh dilakukan. Sedangkan obat-obatan seperti benzoyl peroxide dan salicylic acid juga perlu mendapat perhatian khusus, dan sebaiknya dihindari.
 
  • Hydroquinone
Sebagian ibu hamil mengalami apa yang dinamakan flek hamil atau dikenal dengan the mask of pregnancy. Penggunaan pemutih atau pemudar flek perlu diperhatikan lebih seksama. Penggunaan hydroquinone yang memang dahsyat dalam memudarkan flek tidak boleh digunakan oleh wanita yang sedang hamil.
 
  • Paraben
Paraben secara umum juga sudah tidak digunakan dalam produk-produk  perawatan tubuh karena efek buruknya.
 
  • Essensial oil
Essensial oil yang sudah dilarutkan diperbolehkan untuk dipakai ibu hamil. Namun ada beberapa  jenis aromaterapi dalam kondisi pure essensial oil  yang harus dihindari.
 
Misalnya jasmine dan clary sage yang bisa menyebabkan terjadi kontraksi. Sage dan rosemary oil yang  dapat menyebabkan pendarahan. Terlebih lagi, rosemary cepat sekali menaikkan tekanan darah. Sementara itu beberapa orang juga alergi terhadap lavender .  
 
  • Alumunium Chloride
Kandungan yang biasanya dijumpai pada deodoran atau anti perspirant.   Jika sedang hamil, hati-hati dengan bahan ini. Memang masih jadi perdebatan tentang boleh tidaknya untuk wanita yang sedang hamil.
 
Tapi saran saya sebaiknya dihindari. Tidak ada salahnya jika kita memilih yang alami untuk aroma badan jika kondisi sedang hamil.
 
 
Jadi dapat saya simpulkan bahwa kehamilan merupakan suatu momen yang istimewa bagi seorang wanita. Merasakan momen istimewa itu tentu harus dibarengi dengan perlakukan istimewa, dengan menyadari bahwa ada seorang anak sedang tumbuh di dalam rahim.
 
Lakukanlah yang terbaik untuk kulit wajah dengan ritual yang benar-benar alamiah. Mulailah dengan memilih produk yang akan dipakai dan saran saya adalah lakukanlah konsultasi kepada ahli tentang bagaimana melakukan hal yang istimewa itu.
 
Melakukan treatment di salon juga perlu dilakukan, sekaligus untuk relaksasi bagi diri sendiri. Tidak ada yang lebih indah dari melihat seorang wanita hamil dengan wajah berseri-seri, kulit tampak sehat dan cantik.

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS