Ladiestory.id » Fashion & Beauty » Ask The Expert: Ini Urutan Yang Benar Memakai Skin Care

Ask The Expert: Ini Urutan Yang Benar Memakai Skin Care

Rabu, 14 Agustus 2019 | 12:00:00
Durasi baca: 2 menit, 40 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ask The Expert: Ini Urutan Yang Benar Memakai Skin Care


Dok: Shutterstock


Produk perawatan wajah  semakin banyak dan beragam jenisnya. Tren kecantikan Korea dimana perawatan wajah harian bisa  mencapai 9 bahkan 12 step  dibandingkan 3-5 step yang lumrah dilakukan  menjadi pembicaraan diantara para beauty enthusiast. Pertanyaan terpentingnya adalah yang mana sih dari semua produk perawatan kulit wajah harian itu yang paling diperlukan? Dan bagaimana urutan penggunaannya yang benar? 

4 Step Dasar Skin Care
Dari segi fungsi dan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah kita maka urutan  perawatan kulit dasar terdiri dari 4 step   sebagai berikut:
1/ 
Cleansing  (Pembersih)
2/  Toning (penyegar)
3/ M
oisturising   (Pelembap)
4/  UV Protection ( Tabir surya)

Produk pembersih atau cleanser   dibutuhkan untuk membuang semua kotoran di wajah dan membantu proses regenerasi sel . Jika proses membersihkan wajah ini dilakukan secara benar, maka pembersihan ini akan mengangat minyak dari permukaan kulit tanpa menghilangkan  kelembapan alamiah kulit kita.

Penyegar atau toner biasanya mengandung air, alkohol dan ekstrak tumbuh-tumbuhan seperti witch hazel . Penyegar bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa pembersih yang belum terangkat sempurna dan memberikan efek kencang di saat cairan ini mulai mengalami  evaporasi ( tertarik ke udara) . Jenis toner   yaitu Freshener dan Clarifying lotio n yang dapat dibedakan dari kadar alkoholnya. Clarifying lotion mengandung alkohol, Alpha Hydroksi Acid ( AHA) , seperti glycolic acid dan BHA (Beta hydroxy acid) seperti salisylic acid  yang ditambahkan ke dalam toner untuk memberi efek ekfoliasi. Sedangkan  freshener ada yang tidak mengandung alkohol. Cocok untuk kulit kering atau sensitif. 

Pelembap atau moisturizer merupakan emulsi mengandung air dan minyak  yang gunanya untuk melembapkan kulit wajah. Pelembap dapat berbahan dasar  air ( waterbased) maupun berbahan dasar minyak ( oil based ).

Tabir surya atau UV Protection adalah produk perawatan wajah sehari-hari yang sangat penting. Apalagi karena kita tinggal di negeri tropis  dimana matahari bersinar terik sepanjang tahun. UV protection sangatlah penting, bukan hanya menjaga kesehatan kulit dari debu, radikal bebas dan bakteri tetapi yang terpenting bahaya kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari yang memicu penuaan dini. Pilih  UV protection   yang tidak mengandung pewangi  jika kulit Anda sensitif.
 


Foto: Shutterstock 

Baca juga: Ask The Expert: 20 Tip Penting Perawatan Kulit Dasar


Kapan Mengaplikasikan  Serum dan Essence? 
Ke empat step dasar perawatan kulit  dapat ditambah produk lain seperti Serum, facial essence, krim anti kerut dan sebagainya. Bagaimana urutan pemakaiannya?

Serum merupakan
active ingredient , biasanya memiliki molekul yang sangat kecil dan cepat meresap ke dalam lapisan dermis, sehingga bisa memberikan nutrisi ke bagian sel mitokondria. Setelahnya kulit wajah menjadi lebih kenyal, bercahaya dan bening. Jika kulit wajah kita sehat dan baik-baik saja, maka penggunaan serum tidak wajib.

Facial Essence,  umumnya sama dengan  pre-serum. Facial essence sesuai dengan namanya, memberikan yang paling sensual bagi kulit wajah sebelum kita mengaplikasikan produk perawatan kulit yang lain. Sama seperti serum  penggunaan facial essence juga  harus sesuai kondisi kulit kita.

Krim anti kerut didesain untuk memberikan nutrisi dan melembapkan kulit wajah lebih dalam. Umumnya ditujukan untuk pemakaian malam hari  sebelum tidur.

Jadi  kalau mau
step yang lebih advance , maka urutannya adalah sebagai berikut : 

  1. Cleansing  (pembersih)

  2. Toning (penyegar) 

  3. M oisturising   (pelembap)

  4. UV Protection ( tabir surya) 

    Baca juga: Jonah Hill Resmi Dinyatakan Tidak Main di Film The Batman


  5. Facial Essence 

  6. Serum 

  7. Anti Wrinkle Cream (krim anti kerut), gunakan sebelum tidur malam

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON FASHION & BEAUTY