?>
LADIESTORY.ID | FASHION & BEAUTY | ASK THE EXPERT: KENAPA TIMBUL FLEK HITAM DII WAJAH?

Ask The Expert: Kenapa Timbul Flek Hitam dii Wajah?

Jum'at, 04 Oktober 2019 | 06:00:00
Durasi baca: 3 menit, 29 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ask The Expert: Kenapa Timbul Flek Hitam dii Wajah?

Foto: Shutterstock


Sebelum saya menjelaskan penyebab timbulnya masalah bercak hitam di wajah yang tiba-tiba timbul, ada baiknya saya menjelaskan lebih dulu apa sebenarnya hiperpigmentasi atau bercak hitam.

Melanosit merupakan sel yang memproduksi pigmen melanin. Sel melanosit terbentuk dari jaringan tissue dan memberikan warna kepada kulit kita seperti putih, kuning, coklat, hitam dan seterusnya. Di dalam melanosit ada enzim tyrosinase  yang merupakan faktor terpenting dalam produksi pigmen melanin. Pigmen yang dihasilkan berupa eumelanin dan phaeomelanin . Jika ditelaah lebih jauh, melanin merupakan UV shield (pelindung UV) yang memproteksi bagian sel germinosum yang membedakan warna kulit kita.

Ada beberapa hal yang bisa memicu timbulnya bercak hitam di wajah, tetapi penyebab terbesar hiperpigmentasi dimana sel melanosit terus menerus membelah diri sehingga terjadi kelebihan produksi melanin dan  terjadilah  bercak-bercak hitam di kulit (bisa di wajah atau pada bagian tubuh lain). Perlu saya jelaskan bahwa melanosit ada di bawah lapisan epidermis dan di atas lapisan dermis. Sel melanosit terstimulasi oleh paparan sinar matahari untuk memproduksi melanin secara cepat. Bercak hitam akibat melanin berlebih ini bisa muncul tiba-tiba tapi juga bisa memudar seiring waktu. Hal ini bisa terjadi karena proses regenerasi sel .

Apa yang menyebabkan kulit bisa memproduksi melanin yang berlebih ?
1/ Kulit yang terus menerus terpapar sinar matahari selama bertahun –tahun (tanpa perlindungan yang cukup).
2/ Hormon tubuh yang tidak seimbang.
3/ Gen kulit, biasanya adanya percampuran warna di dalam satu keluarga/ras berbeda.
4/ Luka dan inflamasi.
5/ Kesehatan tubuh yang terganggu/penyakit tertentu.
6/ Efek samping dari penggunaan obat-obatan 

Apakah bercak yang timbul di wajah maupun tubuh  adalah tanda penuaan? Tanda seseorang berkulit sehat tentunya warna kulit merata, bisa putih maupun kecoklatan, tambah cerah dan ketika terkena sinar, terlihat glowing.   Warna kulit yang tidak merata atau disebut solar mottling merupakan bentuk pertama dari tanda awal masalah kulit akibat  kulit yang terpapar pada sinar matahari selama bertahun-tahun tanpa perlindungan yang cukup. Secara umum  tanda ini bisa muncul di awal 20an atau awal 30an tergantung kekuatan pigmen kulit. Jika terlalu parah, tidak hanya bercak yang timbul, tetapi juga disertai dengan kerutan yang jelas walaupun misalnya usia belum mencapai 30. 

Apakah Hiperpigmentasi  lebih banyak terjadi pada wanita?
Penyebab terjadinya pigmentasi banyak berhubungan dengan hormon, maka wanita lebih banyak mengalami problem bercak di wajah. Pria yang mengalami hiperpigmentasi lebih condong akibat terlalu banyak mengekspos kulit terhadap sinar matahari. 

Apakah kehamilan bisa menjadi penyebab timbulnya hiperpigmentasi?
Bercak kehamilan merupakan hal yang umum dihadapi oleh wanita hamil akibat perubahan hormonal yang sedang terjadi di dalam tubuhnya. Dan menyebabkan sel melanosit memproduksi pigmen secara berlebih. Hiperpigmentasi akibat perubahan hormon ini biasa disebut melasma. Jika hiperpigmentasi yang terjadi karena pengaruh ketidakseimbangan hormon dibarengi  sun damage, maka melasma yang terjadi bisa menjadi lebih parah. Biasanya bercak kehamilan menghilang saat kelahiran usai, tetapi ada juga yang tidak. Pengaruhnya jelas sekali, yang tidak menghilang  biasanya terkait dengan sun damage.

Apakah flek hitam bisa karena keturunan?
Pasien saya menjelaskan bahwa dia sekeluarga juga punya bercak-bercak hitam di kulit ini. Memang gen akan berpengaruh pada kesehatan kulit termasuk adanya flek-flek hitam ini. Tetapi itu hanya sekitar 10%. Gaya hidup lebih berpengaruh. 

Apakah jerawat  yang sudah sembuh bisa menjadi bercak hitam hiperpigmentasi?
Ya.  Kondisi ini disebut post inflammatory hyperpigmentation atau disebut PIH , dimana saat sembuh, luka yang terjadi memicu produktivitas melanin sebagai bagian dari respon imunitas tubuh. Di banyak kasus bercak hitam PIH akan memudar seiring waktu dengan regenerasi sel. 


Solusi Jika Sudah Ada bercak Hitam di Wajah:
1/ 
Lakukan treatment Aquatic Hydro jet jika wajah terasa panas dan timbul bercak hitam. Kulit akan ternutrisi dengan pemberian Oksigen yang disertai vitamin yang disemprotkan ke wajah. 
2/ Pilihlah Terapi Sisir atau Scapping Treatment jika bercak susah dihilangkan.
3/ Lakukan Laser Pigmentasi jika flek tidak terlalu banyak.
4/ Rutin melakukan Plasma Ion bagi yang sering berjemur dan mengekspos diri terhadap matahari.  walau bercak di wajah belum muncul,  Kulit wajah akan kembali normal dengan proses detoksifikasi melalui proses treatment ini.

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts