Ladiestory.id » Fashion & Beauty » Ask The Expert : Mengapa Kulit Wajah Selalu Terasa Kering?

Ask The Expert : Mengapa Kulit Wajah Selalu Terasa Kering?

Senin, 30 September 2019 | 12:00:00
Durasi baca: 3 menit, 21 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ask The Expert : Mengapa Kulit Wajah Selalu Terasa Kering?


Dok. Shutterstock



Kulit kering menyebabkan wajah kelihatan cepat tua karena keriput cepat datang.
 
Kekeringan kulit disebabkan oleh air yang terpisah dari tempatnya di lapisan permukaan kulit kita. Kondisi seperti ini biasa disebut sebagai dehydrated skin atau xerosis. Secara estetis, kulit yang terlalu kering akan  mudah membentuk garis-garis halus di wajah karena lapisan itu kekurangan air.
 
Garis-garis halus yang dilihat sebagai kerutan. Kulit wajah atau tubuh yang kering kering akan terasa kasar dan make up akan sulit sekali menempel.
 
Pada dasarnya kulit yang kering memang bisa mempercepat terjadinya proses penuaan dibandingkan tipe kulit berminyak.
 
Ini alasannya:
1. Enzim kulit yang ‘bertugas’ memperbaiki kulit mengalami fase lemah.

2. Kulit kering sedikit memproduksi kelenjar minyak, dimana minyak yang diproduksi merupakan komponen besar dari Vitamin E, antioksidan alami yang secara alami memproteksi kulit dari penuaan maupun kerusakan sel.  


Mengapa Kulit Bisa Kering?
 
Ada beberapa faktor internal dan eksternal, diantaranya adalah :
 
1. Kulit kering karena kekurangan natural sebum protection 
Artinya tidak ada lapisan proteksi di atas permukaan kulit untuk melindungi air berevaporasi di lapisan kulit kita.
 
2. Kulit dengan fungsi barrier yang lemah
Akibat dari tidak seimbangnya lipid di antara sel epidermal. Celah yang terjadi menyebabkan lebih banyak kelembapan keluar dari permukaan kulit.
 
3. Jarang memakai pelembap atau memakai pelembap yang salah
Pelembap adalah perawatan kulit yang sifatnya wajib sebagai proteksi kulit pertama dari luar. Namun pelembap banyak jenisnya dan yang Anda pilih harus sesuai dengan jenis kulit.
 
4. Mencuci wajah berlebihan
Membersihkan wajah terlalu sering bisa menghilangkan lapisan proteksi kulit atau sebum terkikis sehingga bisa menyebabkan fungsi barrier pada lapisan kulit terganggu.Bersihkan dan cuci wajah dua kali sehari pada pagi hari dan sebelum tidur malam.
 
5. Kesehatan yang terganggu
Kulit kering juga bisa menjadi penanda kondisi kesehatan umum seseorang sedang terganggu. Seseorang yang sedang sakit dan mengonsumsi obat-obatanbiasanyaakan mengalami kulit yang berkurang kelembapannya.

 
Bagaimana cara tepat memperlakukan tipe kulit wajah yang kering?

1. Kulit kering memerlukan proteksi dalam bentuk moisturizer yang mengandung emollient . Terutama bagi kulit yang sangat kering atau sering disebut alipidic (keadaan kulit yang tidak memiliki cukup perlindungan alami dari dalam).  Tingkat konsentrasi   emollient yang terkandung di dalam moisturizer berbeda-beda sesuai dengan tingkat kekeringan kulit kita. 

2. Moisturizer  untuk kulit kering harus  mengandung humectant, atau disebut juga dengan hydrator , yang dapat membantu menarik air dan mengikatnya ke dalam sel-sel epidermal kulit. 

3. Humectant dan emollient selalu bekerja berbarengan, humectant menarik air dan mengikatnya agar tidak terlepas dan selalu berada di atas permukaan kulit. Sedangkan emollient berfungsi sebagai benteng pertahanan agar air tidak mudah terlepas dari lapisan permukaan kulit. 

4. Gunakan eksfoliasi lembut untuk menstimulasi sel-sel kulit baru,  meningkatkan kelembapan dan memperbaiki jaringan pertahanan di lapisan kulit sehingga barrier atau lapisan pertahanan kita menjadi lebih sehat. 


Apa yang harus dihindari dalam perawatan kulit kering?

1. Produk pembersih sabun yang terlalu rendah ph-nya (di bawah 3.5) atau terlalu tinggi (di atas 6.0). Kadar tersebut baik untuk kulit berminyak ataupun normal, tetapi tidak untuk kulit kering. 

2. Produk  perawatan  yang mengandung pewangi, karena bisa  mengakibatkan iritasi bagi kulit yang kering dimana lapisan barrier -nya terlalu tipis dan mudah terjadi inflamasi. 

3. Produk scrub yang  butirannya terlalu kasar 


Bagaimana ritual perawatan tepat untuk kulit kering?
 
Pagi hari :

1. Bersihkan wajah dengan pembersih tanpa sabun, pijat ringan dan bersihkan dengan air atau lap basah.

2. Gunakan toner khusus kulit kering atau lebih baik gunakan spray toner khusus yang mengandung kadar air tinggi dan memberi efek menenangkan kulit.

3. Oleskan eye cream terlebih dahulu sebelum mengoleskan moisturizer ke wajah.

4. Oleskan moisturizer khusus untuk kulit kering, bisa berupa lotion maupun cream . Sangat disarankan menggunakan produk moisturizer yang terpisah dengan sunblock agar fungsi menjadi lebih maksimal. 

Malam Sebelum Tidur :

1. Bersihkan sisa makeup dengan   double cleansing , yang diawali dengan cleansing lotion atau cleansing milk dan dilanjutkan dengan sabun pembersih.

2. Berikan toner seperti langkah perawatan di pagi hari.

3. Pakaikan eye serum di sekitar mata.

4. Gunakan serum wajah  yang mengandung peptides, antioksidan.

5. Gunakan hydrating lotion ataupun cream , pijat ringan, agar produk terserap maksimal. 


Selamat mencoba! 

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON FASHION & BEAUTY