?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » ASMA HINGGA JANTUNG, INI BAHAYA OBESITAS PADA ANAK

Asma hingga Jantung, Ini Bahaya Obesitas pada Anak

Sabtu, 21 September 2019 | 09:45:46
Durasi baca: 1 menit, 15 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Asma hingga Jantung, Ini Bahaya Obesitas pada Anak

Fimela.com, Jakarta Hampir semua orang akan gemas ketika melihat anak dengan tubuh gemuk. Orangtua juga akan merasa lebih bahagia ketika mendapati buah hatinya suka makan hingga memiliki tubuh gemuk atau gendut.

Meski anak dengan tubuh gemuk terlihat sangat menggemaskan, melansir dari laman parents.com , anak dengan tubuh gemuk atau obesitas sangat rentan terhadap berbagai bahaya kesehatan. Para ahli mengungkapkan jika obesitas pada anak bisa membuat anak berisiko menderita berbagai penyakit mematikan saat ia dewasa kelak.

Baca juga: Resolusi Tahun Baru: Perkuat Jantung dengan 5 Cara Ini Supaya Sehat Terus

Bahaya Obesitas pada Anak

Obesitas pada anak biasa ditandai dengan menumpuknya jaringan lemak di seluruh tubuh atau di beberapa bagian tubuh anak. Meski terlihat menggemaskan dan mengesankan, anak yang mengalami obesitas sangat mungkin menderita berbagai macam masalah kesehatan saat ia dewasa kelak.

Anak yang mengalami obesitas bisa berisiko menderita asma, diabetes, sleep apnea, masalah pada otot dan tulang, masalah hormonal hingga jantung. Dengan beban tubuh yang berat, anak bisa kesulitan bernafasa, sirkulasi oksigen di tubuh tidak lancar dan gangguan tidur.

Beban berat tubuh juga bisa meningkatkan risiko anak rentan terhadap cidera otot serta tulang. Mereka yang obesitas juga lebih mungkin mengalami gangguan hormonal yang berakibat membuat anak perempuan mengalami menstruasi tidak teratur dan membuat anak laki-laki mengalami pertumbuhan payudara.

Baca juga: Penting Nih, 6 Gejala Gangguan Jantung yang Mesti Kamu Sadari Sedari Dini


Agar berbagai risiko masalah kesehatan ini tidak dialami anak, usahakan agar anak terbebas dari obesitas. Batasi konsumsi makanan mengandung gula, garam, lemak dan protein berlebih. Minta anak olahraga rutin sejak usianya sedini mungkin.

#GrowFearless with FIMELA

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING