LADIESTORY.ID | HEALTH | AWALI DEKADE BARU INI DENGAN MENERAPKAN 6 KEGIATAN SEDERHANA YANG DAPAT MENYEHATKAN TUBUH

Awali Dekade Baru Ini dengan Menerapkan 6 Kegiatan Sederhana yang Dapat Menyehatkan Tubuh

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 3 menit, 31 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Awali Dekade Baru Ini dengan Menerapkan 6 Kegiatan Sederhana yang Dapat Menyehatkan Tubuh

Jika kita punya tubuh yang sehat, maka kita pun juga bisa menghemat pengeluaran berobat pada dekade baru ini, Ladies. Sehingga, kamu bisa mengalokasikan uang kesehatanmu itu untuk hal lainnya yang juga tak kalah penting. Atau kamu juga bisa menggunakan uang kesehatan yang tidak terpakai itu untuk membeli fashion item yang sedang kamu incar, itupun demi menyehatkan mentalmu juga. Tapi, menabung sejumlah dana khusus untuk kesehatan juga tetap perlu kamu lakukan sih, walaupun kamu sedang tidak sakit. Untuk itulah, agar kamu bisa menghemat pengeluaran berobat, kamu perlu menjaga kesehatan agar tubuhmu selalu sehat dan sistem imunitasmu berjalan lancar. Nah, untuk menjaga kesehatanmu, ada 6 kegiatan sederhana yang dapat menyehatkan tubuh dan bisa membantumu mengurangi risiko terkena penyakit! Tak percaya? Sila dicoba.

1. Jangan lewatkan menyantap sarapan dan makan siang

Jangan lewatkan menyantap sarapan dan makan siang
sumber: freepik.com

Banyak orang melewatkan menyantap sarapan dan makan siang dengan berbagai alasan, seperti tak punya waktu, perut bisa mulas sehabis sarapan, dan ada juga yang memang malas membuat atau menyiapkan sarapan di pagi hari atau makan siang. Padahal, sarapan dan makan siang bisa membantu metabolisme tubuh kita berjalan lancar dan mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh kita, Ladies. Selain itu, jika kamu rutin mengonsumsi sarapan setiap pagi dan tidak melewatkan santap siangmu di sela rutinitas kerja, dapat mengurangi risiko masalah pada lambung dan kelelahan, lho.

2. Kurangi minuman manis setiap hari

Kurangi minuman manis setiap hari
sumber: freepik.com

Untukmu pecinta kopi dan teh manis siap saji, atau minuman bersoda yang juga sama manisnya, kamu perlu mengurangi konsumsi minuman yang mengandung gula atau pemanis itu mulai dari sekarang. Sebab, terlalu sering mengonsumsi minuman manis yang mengandung gula atau pemanis bisa menyebabkanmu menderita penyakit diabetes, stroke, dan demensia. Tentu kamu tak mau kan, jika harus mengalami penyakit yang tidak pernah kamu inginkan itu? Untuk itulah, mulai sekarang kamu bisa mengubah kebiasaanmu mengonsumsi minuman manis itu dan menggantinya dengan air kelapa atau jus buah segar tanpa gula, Ladies!

Baca juga: Pilih Wedding Dress Yang Sesuai Dengan Bentuk Tubuh, Ini Panduannya!

3. Berceritalah kepada orang yang dipercaya untuk menghindari masalah kesehatan mental

Berceritalah kepada orang yang dipercaya untuk menghindari masalah kesehatan mental
sumber: freepik.com

Tentu tak cuma kesehatan fisik yang mesti kamu jaga, Ladies, tetapi kesehatan mentalmu juga butuh perhatian yang sama pentingnya. Misalnya saja, ketika kamu ada masalah yang memberatkan pikiran dan hati, kamu bisa bercerita kepada orang yang kamu percaya, hal itu dilakukan agar kamu terhindar dari kondisi stres dan depresi yang bisa saja terjadi jika kamu menyimpan masalahmu seorang diri. Tentunya, kondisi mental yang sehat dibutuhkan untuk menjaga kesejahteraan individu.

4. Kurangi konsumsi alkohol dan merokok

Kurangi konsumsi alkohol dan merokok
sumber: freepik.com

Kamu tentu sudah tidak asing lagi kan, dengan bahaya merokok dan mengonsumsi alkohol berlebihan yang bisa meningkatkan risiko penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan menyebabkan munculnya risiko penyakit jantung. Nah, jika kamu tak ingin menderita penyakit yang masuk ke dalam daftar penyebab kematian itu, maka kamu harus mengurangi konsumsi alkohol dan merokok, Ladies. Memang, akan sulit rasanya jika harus berhenti total secara langsung. Maka dari itu, kamu bisa mengurangi konsumsinya terlebih dahulu secara perlahan, hingga seiring berjalannya waktu, kamu bisa menghentikan kebiasaan burukmu itu dengan sendirinya.

5. Lakukan meditasi 10 menit setiap hari

Lakukan meditasi 10 menit setiap hari
sumber: freepik.com

Ada satu cara yang paling baik untuk menjernihkan pikiran dari segala pikiran negatif dan prasangka buruk, serta membawa hal-hal positif dalam kehidupanmu, yaitu dengan melakukan meditasi. Tak cuma itu, aktivitas ini juga bisa meningkatkan ketenangan dan menurunkan stres, kecemasan, serta tekanan darahmu apabila kamu melakukan meditasi secara rutin di manapun. Maka, jadikanlah meditasi sebagai kebiasaan baikmu yang baru dengan melatih diri bermeditasi setiap lima hingga sepuluh menit setiap harinya, Ladies. Praktikkan kegiatan ini secara rutin setiap hari, ya!

6. Tidur yang cukup dengan kualitas yang baik

Tidur yang cukup dengan kualitas yang baik
sumber: freepik.com

Sering kita mengetahui bahwa waktu tidur yang baik adalah 8 jam per hari dan bisa mengurangi risiko berbagai gangguan mental yang bisa saja menyerang kita kapanpun. Sayangnya, tidak semua orang punya waktu tidur yang cukup. Terlebih adanya kesibukan setiap hari yang sangat menyita waktu istirahatnya. Namun, bagaimanapun kita tetap harus menjaga kualitas dan waktu tidur kita yang cukup setiap harinya, Ladies. Sebab, kondisi itu bisa memengaruhi kinerja dan fungsi tubuh secara besar-besaran. Kamu tentu tidak mau kan, jika harus merayakan keberhasilanmu dengan berbaring tak berdaya di atas tempat tidur, hanya karena kamu tidak punya waktu tidur yang cukup setiap harinya?

Tak rumit dan sulit kan, untuk menjaga kesehatan tubuh demi terciptanya kebugaran fisik dan mental untuk menghadapi segala tantangan pada dekade ini? Yuk, jadikan sehat sebagai resolusi!

health kesehatan kesehatan mental kegiatan sederhana untuk menyehatkan tubuh tubuh sehat cara menjadi sehat

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health