?>
LADIESTORY.ID » LIFESTYLE » BAGAIMANA MEMBERI DUKUNGAN EMOSIONAL KEPADA SUAMI YANG SEDANG BERKABUNG?

Bagaimana Memberi Dukungan Emosional kepada Suami yang Sedang Berkabung?

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 30 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Bagaimana Memberi Dukungan Emosional kepada Suami yang Sedang Berkabung?

Salah satu keluarga atau teman dekat dari suamimu meninggal dunia. Sebagai pasangan, apa yang bisa kamu lakukan untuk membantunya melalui masa sulit ini? Dan apakah seorang laki-laki juga berduka? Pasalnya, sepertinya pasanganmu tidak memperlihatkan tanda-tanda orang sedih (menangis, misalnya) dan juga menolak membicarakannya. 

"Laki-laki juga berduka, tapi mereka melakukannya dengan cara yang tidak terlihat seperti berduka. Ketika kami [laki-laki] tidak menangis, kami bisa menemukan cara lain untuk mengekspresikan energi tersebut," jelas Neil Chethik, penulis buku "Fatherloss" di Psychology Today. 

"Saat perempuan sepertinya berduka melalui berbicara dan menangis, pria berduka dengan cara berpikir dan beraksi," lanjutnya. Misalkan saja, ketika ayah mereka meninggal, kebanyakan laki-laki akan memperlihatkan rasa dukanya dengan melakukan sesuatu, seperti melanjutkan hobi ayah mereka. Proses memperlihatkan rasa kehilangan ini lebih lambat dan bertahap, tapi efektif mengatasi rasa duka. 

Baca juga: Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional Yang Baik

Sebagai informasi, ketika seseorang sedang berduka, hal ini akan mempengaruhi fisik dan mental, baik pada perempuan dan laki-laki. "... [berduka] bisa menyebabkan mereka merasa lelah, sakit lebih sering, mengalami kesesakan di sekitar dada atau nafas pendek, sakit kepala, susah tidur, tubuh sakit-sakit dan ngilu, serta masalah pencernaan," tulis Erin Leyba, L.C.S.W., Ph.D., seorang terapis pernikahan, di Psychology Today

Setelah mengerti dan diingatkan kembali bahwa laki-laki juga berduka dan akibatnya bagi fisik dan mental, sebagai pasangan apa yang bisa lakukan untuk membantunya di periode berkabung ini? Leyba memberikan beberapa tips praktis berikut ini. 

1. Tuliskan kartu ungkapan simpati

Di dalam kartu ini, jangan lupa untuk menyampaikan rasa sayang dan cintamu dan bahwa kamu selalu ada dan siap memberikan dukungan yang dibutuhkannya. 

2. Berikan mereka waktu pribadi untuk beristirahat

Jika mereka suka jalan-jalan di alami, berikan waktu dan kesempatan agar mereka bisa melakukannya. Atau, sesederhana memberikan waktu untuk tidur dan beristirahat selama beberapa jam tanpa gangguan. 

3. Ambil alih tugas mereka di rumah sementara waktu

Jika tugas pasanganmu di rumah adalah mencuci mobil atau memandikan hewan peliharaan, coba ambil alih untuk sementara waktu. Soalnya, saat berduka dan memulih diri seperti sekarang ini, mengerjakan sesuatu yang sederhana sekalipun bisa terasa sulit bagi mereka. 

4. Berikan mereka bunga

Berbagai penelitian memperlihatkan bahwa bunga memiliki efek menyembuhkan bagi mereka yang menerima atau bahkan ketika ada di rumah. 

5. Tanyakan kepada pasangan "bagaimana perasaanmu" setiap malam, dan dengarkan dengan baik

Bukan pertanyaan basa-basi, tapi pertanyaan yang diikuti dengan keinginan dan kesiapan untuk mendengarkan jawabannya dengan seksama. "Penelitian membuktikan bahwa ketika orang bisa 'menyebutkan kesedihannya' atau menceritakan kesedihannya, ini adalah sebuah proses penyembuhan dan bisa 'mencegah kesedihan berlarut-larut,'" tulis Leyba. 

6. Tingkatkan frekuensi menyentuh dan mengekspresikan rasa sayang

Jika selama ini kamu hanya memeluk atau memegang tangan pasangan hanya sekali seminggu, cobalah melakukannya lebih sering. Terkadang ekspresi bahasa tubuh lebih efektif dan menenangkan dibandingkan kata-kata. "Banyak studi memperlihatkan dengan memberikan seseorang dukungan dengan sentuhan bisa mengurangi stres mereka. Manfaat lainnya, sentuhan juga bisa meningkatkan oxytocin, yang dianggap sebagai hormon cinta yang membantu pasangan rileks," tulis Leyba. 

Jadi, sekarang kamu sudah tahu cara memberikan support kepada suami yang berduka. Selamat mempraktikkannya, Ladies!

Sumber foto utama: Unsplash.com/ Priscilla Du Preez

hubungan suami istri membantu suami yang sedang berduka laki-laki juga berduka peran pasangan peran istri

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional Yang Baik

Kecerdasan emosional (EQ) adalah bagaimana kamu mengekspresikan emosi dan mengatasinya dengan cara yang positif bahkan di situasi yang…

TRENDING ON LIFESTYLE