?>
LADIESTORY.ID » LIFESTYLE » BAGAIMANA MEMBICARAKAN SOAL DUIT TANPA DRAMA DALAM RUMAH TANGGA

Bagaimana Membicarakan Soal Duit tanpa Drama dalam Rumah Tangga

LS Lifestyle
Kamis, 05 Maret 2020 | 05:20:21
Durasi baca: 2 menit, 19 detik
Dibaca: 35 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Bagaimana Membicarakan Soal Duit tanpa Drama dalam Rumah Tangga

Membicarakan keuangan itu sangat penting dalam sebuah hubungan, tapi entah kenapa jarang sekali dipilih menjadi topik utama diskusi. Mungkin penyebabnya adalah karena tidak tahu harus memulai dari mana. Takut salah dan akhirnya bisa adu mulut. Jadi, bagaimana cara membicarakan duit bersama pasangan, terutama jika hubungan masih baru? Baca artikel ini sampai habis. 

Persiapan Finansial Apa yang Perlu Dilakukan oleh Pasangan Muda?

Pastinya, sebagai pasangan muda ada banyak hal yang berhubungan dengan finansial yang perlu dipersiapkan. Akan tetapi, utamanya adalah ini. 

  • Siapkan asuransi kesehatan.
  • Siapkan biaya kehidupan sehari-hari dan anggaran belanja. 
  • Siapkan tabungan untuk beli rumah.
  • Rencanakan tabungan pendidikan anak hingga tabungan masa tua.
  • Pastikan ada dana darurat.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan dalam Keluarga?

Mengatur keuangan rumah tangga memang susah-susah gampang. Belum lagi, meski sudah direncanakan, ada saja kebutuhan yang membuat kamu harus mengeluarkan uang melebihi anggaran. Ada kesalahan yang membuat kamu dan keluarga menjadi tidak bisa menabung. Mungkinkah penyebab hal ini terjadi karena pengelolaan keuangan yang kurang tepat? Yuk, simak cara mengatur keuangan keluarga

Baca juga: Coba Yuk, Cara Mengecilkan Perut dalam 7 Hari

Bangun komunikasi yang baik

Luangkan waktu untuk mengobrol berdua soal kondisi keuangan masing-masing. Idealnya, diskusi keuangan sebaiknya berdua ini sudah harus dilakukan sebelum menjadi pengantin baru. Akan tetapi, kalau memang baru sekarang bisa dilakukan, ya tidak masalah. Tidak ada pernah kata terlambat untuk melakukan sebuah hal baik, 'kan? Jadi, segara ajak pasangan kamu untuk mulai membicarkan uang. Mulailah dari sikap saling terbuka tentang penghasilan masing-masing, apakah ada utang, sudah punya aset apa saja, punya mimpi dan cita-cita apa ke depannya, dan seterusnya.

Rumuskan tujuan keuangan bersama

Nah, langkah kedua ini menjadi follow up dari obrolan tentang cita-cita. Bisa jadi, kalian sebagai pengantin baru punya cita-cita dan visi yang berbeda, dan baru saling mengetahui setelah menikah. Tidak masalah. Prinsipnya sama: komunikasikan dan kompromikan. 

Buat anggaran

Ini wajib hukumnya. Kalian bisa membuat anggaran dengan menggunakan teknologi Excel, aplikasi di telepon pintar, atau cara lama, mencatat di buku tulis. 

Intinya, memiliki perencanaan keuangan yang matang merupakan hal penting agar rumah tangga dapat berjalan dengan lancar. Nah, karena hal-hal yang berhubungan dengan uang itu memang isu yang sensitif, maka dari itu penting bagi kita dan pasangan untuk membuat perencanaan keuangan secara khusus. Tidak hanya sampai di situ, catatan keuangan ini juga perlu dievaluasi dari waktu ke waktu untuk mengetahui apakah ada yang perlu diperbaiki. Untuk membuat semuanya lebih lancar, lakukan pembagian tugas: siapa yang membuat catatan dan siapa yang bertugas mengecek. 

Ingat, dengan manajemen keuangan yang baik, maka kita dapat mengatur rencana jangka pendek maupun jangka panjang dengan lebih baik dan lebih matang. So, kebiasaan untuk mengobrol keuangan seperti yang disebutkan di poin pertama memang harus diteruskan. Iya, 'kan? Selamat membicarakan duit dan semoga rezekimu lancar! 

Baca juga: Rekomendasi Drama Korea Terbaik


Sumber foto utamanya: Unsplash.com/ Fabian Blank

anggaran bulanan catatan keuangan catatan pengeluaran keuangan keluarga komunikasi mengatur keuangan tujuan keuangan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE