?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » BAGAIMANA MENGAJARKAN ANAK UNTUK MEMILIKI KEBIASAAN RAMAH LINGKUNGAN SEJAK DINI

Bagaimana Mengajarkan Anak untuk Memiliki Kebiasaan Ramah Lingkungan sejak Dini

LS Parenting
Kamis, 12 Maret 2020 | 10:40:39
Durasi baca: 2 menit, 8 detik
Dibaca: 3 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Bagaimana Mengajarkan Anak untuk Memiliki Kebiasaan Ramah Lingkungan sejak Dini

Menjaga lingkungan dan bumi bukanlah tanggung jawab pemerintah saja, tapi juga tanggung jawab kita semua, termasuk anak kita. Oleh karenanya, ada baiknya untuk memulai mengajarkan tanggung jawab menjaga lingkungan kepada mereka. Cara termudah yang dapat diajarkan pada anak-anak adalah membiasakanya melakukan kebiasaan yang ramah lingkungan. Contoh paling sederhana adalah mengajarkan dan mengingatkannya untuk membuang sampah pada tempatnya. Beri juga penjelasan dampak apa yang terjadi jika sampah dibuang sembarangan, seperti dapat menyumbat saluran air dan menyebabkan banjir. Dengan menanamkan kebiasaan baik sejak dini, hal ini akan menjadi kebiasaan baik yang tetap dilakukannya saat dewasa. Lebih hebat lagi, jika hal ini bisa menjadi contoh positif bagi teman-temannya. 

Berita baiknya, masa anak-anak merupakan masa yang paling efektif untuk mengajarkan hal-hal yang positif. Berikut beberapa kebiasaan kecil ramah lingkungan yang perlu diajarkan pada anak sejak dini. 

Berikan Pekerjaan Rumah

Mulailah dengan memberikannya tanggung jawab kecil di sekitar rumah. Seperti memberikannya tugas untuk menyapu rumah, merapikan kamarnya sendiri, dan mencuci piring. Dan saat dia, misalnya mencuci piring, orangtua bisa menjelaskan mengapa sabun yang dipakai di rumah adalah sabun yang ramah lingkungan. 

Baca juga: Berbagai Macam Tipe Kecerdasan Pada Anak

Ajarkan untuk Menghemat Listrik

Di samping itu, orangtua juga mengajarkan anak-anak untuk hemat listrik, yakni dengan menggunakan pendingin ruangan atau AC sesuai kebutuhan, dan menggunakan air secukupnya. 

Ajak Menanam Pohon dan Tanaman di Rumah

Menanamkan rasa cinta kepada lingkungan bisa dimulai dari hal yang kecil, salah satunya dengan menanam pohon di rumah. Jadi, ajak si kecil untuk menanam pohon dan tanaman di sekitar rumah. Dan sambil melakukan aktivitas seru ini, ceritakan mengapa keberadaan pohon sangat penting. Yakni, dengan menanam pohon maka udara yang dihirup tetap bersih, ketersediaan air tanah tetap terjaga dan pohon dapat menjaga kita dari bencana banjir dan longsor. 

Ajak Anak Bermain di Alam

Pastikan memberikan anak kesempatan untuk bermain di alam bebas yang masih asri dan bebas polusi seperti daerah pegunungan atau pantai yang masih bersih. Biarkan dia merasakan nikmatnya alam bebas dan udara segar tanpa asap kendaraan maupun asap rokok. Dari situ ia akan tahu pentingnya mencintai lingkungan dan menjaga kelestarian alam.  Selain itu, mengajak anak ke kabun binatang juga merupakan kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengenalkan jenis-jenis binatang yang perlu dilindungi. 

Anak belajar dengan mencontoh, maka orangtua tentunya harus memberikan contoh yang baik kepada anak berkaitan dengan hal-hal di atas. Orangtua juga sebaiknya bisa membekali anak dengan pengetahuan dan kesadaran untuk menjaga lingkungan. Banyak ya, tugas orangtua, Ladies? Memang, sih! Akan tetapi, mengingat mereka adalah pewaris planet ini, maka mengajarkan anak kebiasaan yang ramah lingkungan akan membuat planet ini lebih layak dihuni oleh mereka hari ini dan seterusnya. 

Sumber Foto Utama: Shutterstock.com

Baca juga: Mix and Match Pakaian Untuk Anak Kuliahan!


cinta lingkungan mengajarkan anak mencintai alam mendidik anak mecintai lingkungan parenting

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING