?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » BALANCE BIKE, CARA SERU MELATIH KESEIMBANGAN TUBUH DAN OTAK ANAK

Balance Bike, Cara Seru Melatih Keseimbangan Tubuh dan Otak Anak

Jum'at, 30 Agustus 2019 | 01:00:00
Durasi baca: 4 menit, 2 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

 Balance Bike, Cara Seru Melatih Keseimbangan Tubuh dan Otak Anak

Mengajak anak berjalan-jalan ke toko mainan tentu menjadi hal yang menyenangkan untuk mereka. Namun, pernahkah Mama melihat sepeda tanpa pedal saat berkunjung ke toko mainan anak? Jangan bingung, Ma. Ini yang dinamakan balance bike, sepeda mainan yang sedang 'kekinian' saat ini.

Walaupun belum terlalu banyak anak yang menggunakan sepeda ini, tetapi pasti Mama pernah melihat anak kecil bermain dengan balance bike hanya didorong-dorong dengan kakinya saja.

Jika dahulu sepeda roda tiga atau empat menjadi mainan pilihan anak, seiring berjalannya waktu balance bike mulai menggantikan dan lebih banyak digemari anak-anak.

Baca juga: Ternyata Belajar Berenang Sejak Dini, Bisa Meningkatkan IQ Pada Otak Anak

Sepeda tanpa pedal atau balance bike ini ternyata bisa dijadikan media belajar bersepeda usia dini, serta memiliki manfaat lain yang baik untuk tumbuh kembang anak lho, Ma.

Apa saja ya kira-kira? Yuk, Ma, disimak info menarik yang sudah Popmama.com rangkum mengenai balance bike yang perlu Mama ketahui sebelum memberikannya pada si Kecil.

1. Apa itu balance bike?

mumsgrapevine.com.au

Balance bike adalah sepeda roda dua tanpa pedal yang mengajarkan balita sejak usia 18 bulan untuk melatih keseimbangannya.

Setelah masa belajar singkat, balita dan anak-anak akan mulai belajar mengendarai, melompat, dan meluncur dengan sepeda tanpa bantuan orangtua mereka.

Konsep dari balance bike sendiri cukup sederhana, sepeda roda dua yang tidak memiliki pedal atau sistem penggerak ini akan digerakkan oleh anak dengan cara berjalan, berlari ataupun meluncur. Jadi perlu persiapan sebelumnya ya, Ma sebelum memberikan sepeda jenis ini padanya.

Baca juga: Selain Penyebab Diabetes, Inilah 3 Pengaruh Buruk Gula pada Otak


2. Lebih baik dari sepeda roda tiga

bicycle.ns.ca

Rupanya, balance bike ini lebih baik dari sepeda roda tiga ataupun roda pelatihan untuk anak lho, Ma. Kenapa begitu, ya?

Pada sepeda roda tiga atau roda pelatihan, biasanya akan berujung pada permukaan yang tidak rata atau miring.

Pada balance bike, anak-anak akan lebih fokus pada keseimbangan dibanding mengayuh. Hal ini membuat mereka jauh lebih siap untuk kehilangan keseimbangan yang tak terduga dan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk jatuh.

Sepeda yang dikhususkan untuk anak usia mulai dari 2 tahun ini memiliki tujuan untuk mengajarkan anak posisi keseimbangan dengan cara yang benar.

Sehingga manfaat yang didapat dari balance bike lebih besar untuk melatih keseimbangan anak dibanding dengan menggunakan sepeda roda tiga.

3. Manfaat balance bike

bikeradar.com

Sudah tahu ya, Ma, apa itu balance bike? Nah, sekarang Mama perlu mengetahui manfaat apa saja sih yang bisa didapat anak saat menggunakan balance bike.

Inilah beberapa manfaat dari balance bike untuk anak-anak:

  • Melatih keseimbangan tubuh

Pada sebagian orangtua yang pernah melatih anaknya bersepeda roda dua tentu mengerti betapa sulit dan repotnya. Harus memegangi sambil mengikuti anak bersepeda, sambil bungkuk tentu menjadi hal yang menyenangkan namun tetap melelehakan ya, Ma?

Ketika si Kecil sudah bisa berjalan, Mama bisa melatihnya menggunakan balance bike sejak dini. Hal ini agar ketika anak mulai memakai sepeda biasa dengan pedal, mereka sudah bisa menyeimbangkan tubuhnya, hanya perlu terbiasa dengan memakai pedal. 

  • Melatih motorik kasar anak

Balance bike juga baik untuk melatih motorik kaki dan tangan anak. Sebab kaki dipakainya untuk berdiri, mendorong, yang akan dibantu tangan untuk menggenggam dan mengarahkan stang sepeda. 

Mungkin banyak orangtua merasa kesulitan mencari cara melatih motorik kasar yang disenangi anak. Dengan balance bike, kekuatan motorik kasarnya akan lebih cepat berkembang dan mereka akan melakukannya dengan senang.

  • Melatih koordinasi otot dan otak anak

Tidak hanyak orang dewasa saja, anak-anak juga memerlukan logika otaknya yang akan memerintahkan tubuh untuk bergerak dengan seimbang. Begitu juga saat anak mulai membelokkan dan mengerem sepedanya. Hal inilah yang membuat kerja otot dan otak anak akan terlatih.

  • Membuat anak lebih berani

Tahu nggak sih, Ma, ternyata balance bike bisa membuat anak bersepeda lebih jauh dan mencoba tempat baru yang belum ia coba sebelumnya. Eits, tetap dalam pengawasan Mama atau Papa ya tentunya.

Tidak seperti sepeda roda tiga yang biasanya terbatas pada jalan rata saja, balance bike bisa dipakai pada jalan tanah sekalipun selama kaki mereka masih kuat. Sehingga mereka akan meminta dilatih pada tempat-tempat lain yang belum dicobanya. Seru kan, Ma?

4. Berapa usia terbaik untuk mengendari balance bike?

todaysparent.com

Balance bike sendiri tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari sepeda terkecil yang cocok untuk balita 18 bulan, sedangkan yang terbesar yang mulai dirancang untuk orang dewasa. Biasanya, balita dan anak-anak yang bisa menggunakan balance bike ini dimulai dari usianya 18 bulan hingga 5 tahun. 

Namun, jika Mama masih takut untuk memberikan balance bike karena usia si Kecil yang masih terlalu muda untuk mengendarainya, Mama bisa melatih keseimbangan tubuh dan motoriknya dengan beberapa mainan yang bisa membantu mempersiapkan anak untuk mengendarai sepeda yang seimbang.

Nah, itulah hal-hal menarik dan penting Mama ketahui mengenai balance bike untuk anak. Selain memiliki manfaat untuk tumbuh kembangnya, tentu membuat anak senang. 

Mama sudah coba berikan ini pada si Kecil? Bagaimana perasaan dia saat memainkan ini, Ma? Yuk ceritakan di kolom komentar pengalaman Mama dan si Kecil menggunakan baalnce bike.

Baca juga:

  • Sekala Main Sepeda Tanpa Pedal, Ayudia dan Ditto Ungkap Manfaatnya!
  • Bersepeda ke Bali Bersama Ernest, Nirina Zubir Kampanyekan Hidup Sehat
  • Mudah! Ini 7 Cara Efektif Mengajarkan Anak Naik Sepeda

kid 1-3-years-old

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING