?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » BATASI KEBIASAAN SI KECIL MAIN GADGET DENGAN 5 AKTIVITAS SERU YANG MENYEHATKAN ANAK INI

Batasi Kebiasaan Si Kecil Main Gadget dengan 5 Aktivitas Seru yang Menyehatkan Anak Ini

LS Parenting
Minggu, 29 Desember 2019 | 05:52:53
Durasi baca: 3 menit, 11 detik
Dibaca: 24 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Batasi Kebiasaan Si Kecil Main Gadget dengan 5 Aktivitas Seru yang Menyehatkan Anak Ini

Sebagai orang tua yang kerap sibuk dengan banyak urusan, sebagian besar dari kita hampir selalu mengandalkan gadget untuk menenangkan anak. Daripada anak rewel dan kita harus membuatnya tenang, sementara pekerjaan lain tidak bisa ditinggal, kita malah menjadikan gadget sebagai solusinya. Padahal, jika anak dibiasakan atau dibiarkan terlalu sering dan terlalu lama bermain gadget, entah itu smartphone, tablet, maupun laptop, anak akan menerima dampak buruknya lho, Ladies. Misalnya saja, mengalami sakit mata, atau obesitas dan diabetes dini karena malas bergerak, atau juga bisa mengalami ADHD atau Attention-Deficit Hyperactivity Disorder yang terjadi akibat adanya gangguan dalam kinerja otak anak. Sebab itulah, daripada anak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan akibat kebiasaannya menatap layar gadget yang terlalu lama, ada baiknya jika kita batasi kebiasaan si kecil untuk main gadget dengan 5 aktivitas seru yang bisa menyehatkan anak seperti berikut ini!

1. Berlatih martial arts atau seni bela diri

Berlatih martial arts atau seni bela diri
sumber: imdb.com

Selain bisa melatih anak agar bisa menjaga dirinya sendiri di manapun ia berada, seni bela diri juga punya banyak manfaat yang sangat baik untuk anak, lho. Seperti halnya meningkatkan kepercayaan dirinya, melatih fokusnya, meningkatkan kepekaan dan kewaspadaannya, menguatkan ketangguhannya, serta sangat baik untuk menjaga kesehatan mental dan fisik anak. Selain itu, seni bela diri juga mampu membantu mengembangkan koordinasi mata dan tangan dengan lebih baik, juga bisa menjaga keseimbangan dan kemampuan untuk tetap tenang berada di bawah tekanan. Supaya anak mendapat pelatihan seni bela diri yang baik, pilihlah tempat les atau komunitas khusus seni bela diri anak yang sudah terpercaya dan melahirkan banyak juara ya, Ladies!

2. Berlatih rock climbing

Berlatih rock climbing
sumber: schoolholidaysaustralia.com.au

Akhir-akhir ini mulai banyak bermunculan tempat berlatih rock climbing di beberapa public place di ibukota, yang dikhususkan untuk anak-anak. Kamu bisa mencoba mengajak anak berlatih rock climbing dengan didampingi para ahli yang sudah siap berjaga di tempat itu, Ladies. Jangan khawatir anak akan terjatuh, sebab sesaat sebelum melakukan aktivitas ini, anak akan dipasangi pelindung seperti seat hardness dan tali karmantel untuk melindungi keselamatan anak. Tentunya, tak cuma seru dan menantang adrenalin, berlatih rock climbing juga bisa menguatkan otot lengan dan kaki, serta melatih kemampuan strategi anak seperti halnya bermain catur.

Baca juga: Berbagai Macam Tipe Kecerdasan Pada Anak

3. Bermain tarik tambang bersama teman-temannya

Bermain tarik tambang bersama teman-temannya
sumber: freepik.com

Tarik tambang memanglah sebuah permainan jaman dulu dan biasanya dijadikan sebagai kategori lomba tujuh belasan di komplek-komplek saja. Namun, tak ada salahnya jika kita mengajak si kecil dan teman-temannya untuk bermain tarik tambang yang sudah pasti menyenangkan dan bisa menghadirkan gelegak tawa sebab kerseruannya itu, Ladies. Selain bisa mengajarkan kekompakkan antar kelompok pada anak, permainan tarik tambang juga punya banyak manfaat lain untuk anak, lho. Misalnya saja, melatih otot biseps dan betis, serta bisa menghancurkan lemak di tubuh anak. Bermanfaat banget, ya!

4. Mengajaknya berenang

Mengajaknya berenang
sumber: freepik.com

Tak cuma menyegarkan, tentunya berenang juga mempunyai banyak manfaat yang bisa dirasakan anak ketika mulai nyebur ke kolam sampai berenang dari satu sisi kolam ke sisi yang lain. Misalnya saja, berenang membantu mengurangi peradangan dan membangun massa tulang, dan nyatanya berenang juga bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh anak. Selain itu, menurut penelitian kegiatan berenang memiliki risiko kematian 50% lebih rendah ketimbang olahraga lainnya lho, Ladies. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, ajak anak dan teman-temannya untuk seru-seruan di kolam renang!

5. Berlatih parkour

Berlatih parkour
sumber: highexposureclimbing.com

Ternyata, olahraga parkour tidak hanya digemari oleh beberapa anak muda di luar negeri, tetapi olahraga ini juga menarik minat anak muda di Indonesia yang senang berlatih gerak tubuh. Mengajak anak untuk berlatih parkour di tempat khusus berlatihnya, bisa meningkatkan kepercayaan dirinya, serta menguatkan otot-otot dalam tubuh, seperti biseps, lengan, dan betis. Selain itu, berlatih parkour juga akan membuat si kecil merasa seperti superhero keren yang sedang beraksi menyusun strategi untuk mengejar lawan. Tentu, kegiatan ini pastilah akan disenangi anak-anak.

Ternyata, mengalihkan anak dari layar gawainya itu tak sesulit yang kita bayangkan ya, Ladies. Asalkan kita mau bersusah payah demi anak, tentu anak akan berkembang menjadi pribadi yang sehat secara fisik dan mentalnya.

Baca juga: Mix and Match Pakaian Untuk Anak Kuliahan!


parenting ibu dan anak olahraga kebiasaan anak gadget aktivitas seru yang menyehatkan anak anak kegiatan anak

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING