LADIESTORY.ID | HEALTH | BEBERAPA FAKTA MENARIK TENTANG WORTEL

Beberapa Fakta Menarik Tentang Wortel

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 4 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Beberapa Fakta Menarik Tentang Wortel

Umumnya wortel berwarna oranye, namun sebenarnya wortel datang dalam berbagai warna lainnya, seperti kuning, putih, merah, dan ungu. Wortel oranye mendapatkan warna cerahnya dari beta karoten, antioksidan yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Renyah, gurih, dan bergizi tinggi. Wortel adalah sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang sangat baik. Ia efektif menurunkan berat badan dan telah dikaitkan juga dengan penurunan kadar kolesterol, peningkatan kesehatan mata, serta cegah kanker.

Sebelum membahas mengenai kandungan dan khasiat wortel secara lebih rinci, simak beberapa fakta menarik tentang wortel berikut ini:

  • Ada lebih dari 100 spesies wortel yang dapat dimakan saat ini.
  • Wortel terpanjang di dunia berukuran 5.839 meter (m). Sementara wortel terberat ditanam pada 1998 dengan berat 8,61 kilogram (kg).
  • Di antara semua sayuran, wortel memiliki kandungan vitamin A (beta karoten) terbesar. 100 gram (g) wortel akan memberi kamu 104% dari dosis harian yang direkomendasikan.
  • Rata-rata seseorang mengonsumsi 10.866 wortel dalam hidupnya.
  • Daun wortel pernah digunakan sebagai aksesoris fashion, terutama pada abad 17 di Inggris.

Berikut ini manfaat penting lainnya yang akan kamu dapatkan saat rutin mengonsumsi wortel:

Baca juga: Kenali Berbagai Fakta Seputar Keratin Rambut

Meningkatkan Kesehatan Mata

Wortel telah dianggap sebagai obat tradisional yang terbukti ampuh untuk meningkatkan penglihatan. Wortel kaya akan lutein dan likopen yang membantu menjaga kesehatan penglihatan. Jumlah vitamin A yang tinggi juga membantu meningkatkan penglihatan. Jika seseorang kekurangan vitamin A terlalu lama, segmen luar fotoreseptor mata mulai memburuk yang akan menyebabkan rabun senja.

Mengurangi Risiko Kanker

Wortel mengandung banyak senyawa yang bersifat antikanker. Beberapa dari senyawa ini termasuk beta-karoten dan karotenoid lainnya. Senyawa ini mampu meningkatkan kekebalan dan mengaktifkan protein tertentu yang menghambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa jus dari wortel juga dapat melawan leukemia. Karotenoid yang ada dalam wortel dapat mengurangi risiko kanker perut, usus besar, prostat, paru-paru, dan payudara pada wanita.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Sayur wortel kaya akan karotenoid. Selain dapat mengurangi risiko kanker, penelitian menunjukkan bahwa buah dan sayuran yang kaya senyawa ini dapat memperbaiki penampilan kulit dan juga membantu seseorang terlihat relatif lebih muda.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Wortel mentah dan segar mengandung sekitar 88% air dan hanya memiliki sekitar 25 kalori. Karenanya, memasukkan wortel ke dalam makanan kamu adalah cara cerdas untuk mengisi perut tanpa menambah kalori yang berlebihan.

Membantu Pengobatan Diabetes

Mengikuti diet yang sehat dan seimbang dan menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian, kadar vitamin A dalam darah rendah ditemukan pada penderita diabetes. Kelainan dalam metabolisme glukosa memerlukan peningkatan kebutuhan untuk melawan stres oksidatif. Wortel mengandung tinggi vitamin A dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko diabetes.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

 

Manfaat Wortel Wortel Nutrisi Wortel Jus Wortel Khasiat Wortel

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health