?>
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | BEBERAPA IDE USAHA YANG BISA KAMU JALANKAN DI TENGAH PANDEMIC

Beberapa Ide Usaha Yang Bisa Kamu Jalankan Di Tengah Pandemic

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 30 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Beberapa Ide Usaha Yang Bisa Kamu Jalankan Di Tengah Pandemic

Pandemi corona membuat banyak perusahaan harus memangkas jumlah tenaga kerja, bahkan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan. Data Kementerian Ketenagakerjaan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek) mencatat ada tiga juta tenaga kerja yang terdampak Covid-19 pada 1 April sampai 27 Mei 2020.

Semua yang terjadi pasti ada hikmahnya. Ini bisa jadi ujian, namun bisa juga jadi musibah. Ya, tergantung dari mana kita menilai. Bisa dibilang ujian kalau kita masih percaya bahwa semua ini bisa dilewati sebaik mungkin, akan jadi musibah kalau terus diratapi. 

Ada banyak peluang bisnis baru atau pekerjaan sampingan yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan uang tambahan. Inilah saatnya untuk kamu berpikir kreatif dan coba membaca peluang bisnis yang bisa dilakukan dari rumah. Berikut adalah beberapa ide usaha yang bisa kamu jalankan.

Baca juga: Bersama SOGO jadi #PahlawanKebaikan Dengan Membantu 3500 anak Di Tengah Pandemi

Pengusaha Online Shop

Mau jadi pengusaha online shop? Bisnis online termasuk pekerjaan yang bisa kamu kerjakan sebagai bisnis sampingan dari rumah. Kekuatan media sosial sangat mendominasi dunia di era modern seperti sekarang ini. Berbagai elemen masyarakat selalu memfokuskan perhatiannya di media sosial. Maka dari itu, media sosial sangat menjanjikan untuk menjadi alternatif menjalankan bisnis online karena diakses oleh jutaan orang setiap harinya. Kamu pun bisa berkreasi menjual beragam barang yang sesuai dengan kesukaan dan kemampuan kamu. Jika menjual produk sendiri dirasa berat, maka kamu bisa menjalankan skema drop shipper dan reseller. 

Menjadi Pekerja Lepas atau Freelancer

Menjadi pekerja lepas atau freelancer menjadi pilihan yang sangat pas untuk dilakukan sebagai pekerjaan sampingan kamu di masa-masa krisis akibat pandemi seperti ini. Dengan bekerja freelance, kamu bisa lebih fleksibel dalam bekerja serta menentukan bayaran atau pekerjaan apa yang ingin kamu lakukan. Saat kamu memutuskan untuk membangun karier sebagai freelancer, penting bagi kamu untuk mulai mengembangkan kemampuan sehingga tetap kompetitif. Ketahui nilai yang ingin ditawarkan kepada orang yang membutuhkan jasa kamu. Pastikan juga kamu membuat portofolio yang sesuai dengan jenis pekerjaan kamu.

Membuat dan Menjual Masker Kain

Pemerintah sudah mengimbau untuk selalu menggunakan masker di ruang publik. Hal ini pun mengakibatkan permintaan masker semakin meningkat. Untuk mengatasi kekurangan masker medis, masyarakat pun dianjurkan untuk menggunakan masker kain. Nah, peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan. Apabila kamu memiliki kemampuan menjahit, kamu bisa langsung mulai membuat dan menjual masker kain buatan kamu. Pilihan lain, kamu bisa bekerja sama dengan penjahit atau menjadi reseller. 

Voice Over Talent

Punya bakat suara yang berkarakter? Atau pernah belajar di dunia broadcasting? Jangan disia-siakan, mungkin sekarang saatnya bangkit. Industri advertising sampai kapanpun tidak akan pernah mati, mengikuti jalannya dan semakin ke sini semakin canggih. Jangan salah, VO talent di sebuah iklan dihargai lumayan. Kalaupun belum bisa ke industri advertising, mungkin bisa mencoba peruntungan podcast. 

Digital Marketing Officer

Kalau suka bermain sosial media atau  punya passion untuk mengelola sosial media serta memanfaatkannya sebagai media marketing, mungkin bisa memilih profesi digital marketing officer. Saat ini digital marketing dicari saat ini oleh banyak perusahaan, baik sebagai admin, social media expert, atau analis digital marketing.

Tertarik untuk menggeluti salah satu pekerjaan di atas pada masa pandemi virus corona ini,Ladies? 

Baca juga: Kuliner Khas Thailand Yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung Ke Thailand

Sumber Foto Utama: Freepik.com

freelance tetap produktif saat pandemi covid 19 pekerjaan freelance

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle