Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | BELAJAR DARI COVID, BEGINI TIPS MENABUNG YANG TEPAT UNTUK GENERASI Z

Belajar dari Covid, Begini Tips Menabung Yang Tepat Untuk Generasi Z

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 48 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Belajar dari Covid, Begini Tips Menabung Yang Tepat Untuk Generasi Z

Ada beberapa kondisi yang bikin seseorang mengalami kesulitan keuangan. Kondisi itu bisa ditemukan misalnya pada pengusaha yang omzetnya menurun, pengusaha yang bangkrut, karyawan yang kehilangan pekerjaan, atau keluarga yang kehilangan salah satu sumber pendapatan. Di tengah kondisi kesulitan keuangan seperti ini, seseorang berpotensi menggunakan tabungan yang telah disiapkan untuk rencana masa depan, untuk menyambung hidup. Akibatnya, ia bisa gagal mencapai rencana yang sudah disiapkan tersebut.

Apakah kamu pernah mengalami situasi yang sama? Sebetulnya, sesulit apapun kondisi keuangan yang kamu hadapi, tetaplah berusaha untuk mewujudkan rencana-rencana keuangan yang telah kamu susun. Rencana itu hanya dapat terwujud jika kamu tetap disiplin menabung dan tidak menggunakan tabungan tersebut untuk menutup kebutuhan selama keuangan sedang tiris. Ada beberapa tips menabung yang bisa kamu coba.

Belajar dari Covid, Begini Tips Menabung Yang Tepat Untuk Generasi Z

Baca juga: Apakah Kita Sedang Terjebak Pada Generasi Sandwich

1. Buat Akun Khusus Tabungan

Zaman sekarang, setiap individu harus memiliki minimal dua akun. Satu akun berfungsi sebagai tabungan, sementara akun lainnya sebagai rekening berjalan. Bila perlu, pisahkan lagi akun tabunganmu sesuai tujuan. Buat financial goals 5-10 tahun ke depan, seperti DP rumah atau biaya menikah, lalu buat dua akun berbeda untuk dua goals ini. Simpan kartu debit untuk akun tabungan di rumah, tak perlu dibawa-bawa dalam dompet.

2. Kurangi Belanja

Tips menabung satu ini sangat krusial. Jika kamu ingin sukses menabung, cobalah untuk mengurangi belanja. Dan, jangan sekali-sekali berpikir untuk memiliki lebih dari satu kartu kredit!

3. Transfer Otomatis

Manfaatkan fasilitas autodebet yang dimiliki beberapa bank lokal. Autodebet sangat berguna untuk memindahkan uang secara otomatis ke semua rekening tabungan milikmu. Dengan autodebet, kamu tak perlu repot melakukan transfer manual tiap bulan. Selain itu, kamu juga akan terbiasa menggunakan uang hanya sebanyak jumlah di rekening berjalan.

4. Hukum 2 Kali Harga

Generasi millennial sering dicerca karena cenderung impulsif dalam berbelanja. Tips menabung ini sangat penting untuk menekan kebiasaan jelek tersebut: Bila uang tunai di dompetmu jumlahnya kurang dari dua kali harga barang yang ingin dibeli, maka jangan beli barang itu. Misalnya, kamu ingin membeli kopi seharga Rp54.000, tapi uang tunaimu hanya Rp40.000. Buang jauh-jauh keinginan untuk menarik uang dari ATM, lebih baik beli alternatif minuman lain di bawah Rp40.000.

5. Bawa Bekal

Tips menabung ini mungkin terdengar klise, namun sangat efektif lho. Coba pikirkan, berapa banyak uang dikeluarkan untuk makan di luar setiap harinya? Membawa bekal adalah alternatif yang sangat baik demi kesehatan dompet. Malas menyiapkan bekal tiap hari? Yuk baca-baca tentang #mealprep di Twitter untuk tau tips menyiapkan bekal untuk seminggu-dua minggu ke depan hanya dalam satu hari. #mealprep bisa sangat membantumu menghemat pengeluaran.

6. Jalan-Jalan saat Off-Season

Tips menabung untuk ladies pecinta jalan-jalan: Belilah tiket dari jauh-jauh hari dan pergi saat off-season (di luar tanggal merah atau waktu liburan sekolah). Biasanya, tiket perjalanan yang dipesan sejak beberapa bulan sebelumnya jauh lebih terjangkau dan ada banyak promo, sehingga kamu bisa berhemat dan menabung sisa dana untuk hal-hal lain. Selain itu, pergi saat off-season tentunya lebih enak karena lokasi wisata tidak terlalu ramai oleh turis.

7. Investasi Mudah

Meski sebagian besar generasi millennial sudah mulai menabung sejak dini, hanya sekitar 3% dari mereka yang sudah berani berinvestasi. Padahal, sekarang ini pilihan investasi makin beragam lho, sehingga nasabah bisa pilih sesuai risiko dan keuntungan. Investasi adalah cara mudah untuk menjamin dirimu tetap punya pemasukan di masa depan, meski sudah tidak bekerja atau punya sumber penghasilan tetap.

Kondisi keuangan sulit sebaiknya tidak menjadi alasan kamu gagal mencapai rencana finansial. Agar rencana ini dapat terwujud, mari disiplin menabung.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

Baca juga: Spot Foto Prewedding Minimalis Untuk Generasi Z

Tips menabung cara mudah menanbung cara hemat biaya cara menabung untuk genersi z

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle