?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » BERDASARKAN PSIKOLOGI, INILAH 7 CARA MEMBESARKAN ANAK LAKI-LAKI DENGAN BENAR

Berdasarkan Psikologi, Inilah 7 Cara Membesarkan Anak Laki-Laki dengan Benar

LS Parenting
Selasa, 17 Desember 2019 | 07:23:40
Durasi baca: 4 menit, 6 detik
Dibaca: 3 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Berdasarkan Psikologi, Inilah 7 Cara Membesarkan Anak Laki-Laki dengan Benar

Sebagai orang tua, terlebih seorang ibu yang hampir menghabiskan waktu 24 jamnya per hari bersama anak, tentu kita ingin agar anak laki-laki kita kelak bisa menjadi seorang pria yang bertanggung jawab, bisa diandalkan, setia, dan punya mental serta fisik yang sekuat baja. Namun, bukan berarti tidak memiliki empati dan rasa welas asih kepada sesama, tentu kedua hal itu pun sama pentingnya untuk ditanamkan sejak dini di dalam diri buah hati kita yang tersayang. Sebab, seperti halnya yang pernah kita rasakan ketika masih menjadi gadis dan sempat mempunyai tipe pria idaman, sering kali kita mengingkan lelaki yang tak hanya kuat dan bertanggung jawab, tapi juga penuh dengan kasih sayang dan perlakuan yang tidak kasar. Sebab itulah, di bawah ini ada 7 cara membesarkan anak laki-laki dengan benar yang perlu kamu terapkan sedari dini, Ladies!  

1. Ajarkan anak untuk bermimpi dan berupaya meraih mimpinya

Ajarkan anak untuk bermimpi dan berupaya meraih mimpinya
sumber: freepik.com

Agar kelak buah hati kita mempunyai kebiasaan untuk bertanggung jawab, maka kita perlu mengajarinya meraih apa yang ia inginkan sedari kecil, Ladies. Kita bisa mengajaknya berdiskusi di sela-sela waktu bermainnya, lalu tanyakan kepadanya apa impian atau cita-citanya. Jika pertanyaan itu masih terasa sulit untuk dijawab, maka kita bisa meminta anak untuk menemukan impian jangka pendeknya. Misalnya saja, kamu bisa bertanya apa keinginannya saat ini.

Nah, jika anak sudah bisa menjawab pertanyaan itu, langkah selanjutnya adalah mengajaknya mencari jalan untuk mendapatkan apa yang diinginkannya itu. Kamu bisa memulai dari hal yang paling mudah terlebih dulu, barulah setelah ia terbiasa untuk berproses demi mendapatkan apa yang ia inginkan, di situlah sebenarnya kamu telah menanamkan sikap bertanggung jawab atas apa yang telah menjadi keinginannya.

Baca juga: Berbagai Macam Tipe Kecerdasan Pada Anak

2. Apresiasi kegagalannya dan ajarkan anak untuk bangkit kembali

Apresiasi kegagalannya dan ajarkan anak untuk bangkit kembali
sumber: freepik.com

Ketika anak hendak mencapai tujuan dan impiannya namun mengalami kegagalan di tengah jalan, hindari untuk serta-merta mengomelinya ya, Ladies. Percayalah, omelan seorang ibu yang berlebihan hanya akan membuat anak trauma. Sebab itulah, kamu tetap perlu mengapresiasi kegagalan anak dan bimbing ia untuk bangkit kembali. Beri pengertian kepada anak bahwa kegagalan itu akan selalu ada di setiap aspek kehidupan manusia. Jadi, anak tak perlu merasa bersalah jika ia mendapati kegagalan dalam prosesnya mewujudkan mimpi.

3. Tanamkan sikap empati, kasih sayang, dan menghargai orang lain

Tanamkan sikap empati, kasih sayang, dan menghargai orang lain
sumber: freepik.com

Salah satu cara membesarkan anak laki-laki dengan benar agar ia memiliki rasa welas asih kepada sesamanya adalah dengan mencontohkan sikap empati, kasih sayang, dan menghargai orang lain dalam kehidupan kita sehari-hari. Tentu, hal itu dilakukan agar ia juga mau mengikutinya. Kamu bisa memulainya dengan hal kecil, seperti memberinya contoh mengasihi anak kecil yang usianya di bawah usia si anak, memberi makan kucing liar di sekitar komplek, dan melatih anak berbicara sopan kepada orang lain terutama yang lebih tua. Kita pun juga bisa mencontohkan kepada buah hati untuk berbagi makanan atau sedekah kepada mereka yang lebih membutuhkan. Di tengah aksi, kita bisa menjelaskan bahwa perbuatan seperti itu bisa memberikan ketenangan batin secara alami.

4. Arahkan anak agar mau berolahraga atau beraktivitas fisik

Arahkan anak agar mau berolahraga atau beraktivitas fisik
sumber: freepik.com

Baik anak laki-laki maupun anak perempuan, mereka tetap harus diajarkan untuk mau beraktivitas fisik, seperti berolahraga atau permainan yang membutuhkan gerak fisik. Sebab, tubuh yang selalu bergerak bisa menjauhkan kita dari segala sumber penyakit. Selain itu, jika anak memiliki kebiasaan untuk beraktivitas fisik, lama-kelamaan ia akan membentuk tubuh yang kuat dan tidak mudah goyah. Bagaimanapun, anak laki-laki harus memiliki kemampuan untuk membela diri ketika bahaya sedang menghadangnya. Tak cuma itu, jika anak sudah terbiasa untuk terus bergerak, ia pun akan terhindar dari rasa malas lho, Ladies!

5. Ajak anak berkomunikasi dan bersikap dengan baik dan jadikan itu kebiasaan

Ajak anak berkomunikasi dan bersikap dengan baik dan jadikan itu kebiasaan
sumber: freepik.com

Sering kita melihat segerombolan anak laki-laki yang masih belia lantas mengucapkan kata-kata kotor yang semestinya tidak ia ucapkan ke siapapun. Tentu, kita tidak ingin kan jika buah hati kita melakukan hal yang sama seperti itu? Nah, kalau begitu inilah saatnya kita mengajak anak untuk berkomunikasi dan bersikap dengan baik kepada siapapun, termasuk kepada diri sendiri. Kita bisa mencontohkannya dalam percakapan kita sehari-hari dengannya, Ladies. Tegur anak dengan lembut, jika ia tanpa sengaja mengucapkan kata kasar atau perlakuan yang kasar kepada kita atau orang lain.

6. Bimbing anak untuk mengambil keputusan yang tepat

Bimbing anak untuk mengambil keputusan yang tepat
sumber: freepik.com

Supaya kelak buah hati kita menjadi lelaki yang bisa diandalkan, kita harus mengajarinya mengambil keputusan yang tepat sedari dini. Caranya, ketika ia bertengkar dengan temannya di sekolah atau di tempat bermain, kita harus mengajaknya berdiskusi. Asah otaknya untuk memikirkan kenapa pertengkaran itu bisa terjadi. Setelah itu, ajarkan anak untuk memecahkan masalahnya supaya ia bisa baikan lagi dengan temannya. Dalam proses itulah tanpa sadar anak sedang belajar problem solving dan mengambil keputusan sekaligus.

Baca juga: Mix and Match Pakaian Untuk Anak Kuliahan!


7. Jadikan membaca sebagai hobi utamanya

Jadikan membaca sebagai hobi
sumber: freepik.com

Terakhir, jadikan kegiatan membaca sebagai hobi utamanya. Sebab, anak yang berpengetahuan luas akan dapat melihat dunia dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Selain itu, wawasan yang luas juga akan menjadikan anak sebagai pribadi yang bertoleransi, memahami orang lain, kritis, dan skeptis!

Nah, dari ketujuh cara membesarkan anak laki-laki dengan benar di atas, yang mana nih yang sudah kamu terapkan kepada buah hatimu, Ladies?

parenting ibu dan anak anak laki-laki cara membesarkan anak laki-laki yang benar kepribadian sikap anak cara mengurus anak dengan benar

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING