?>
LADIESTORY.ID | BEAUTY | BERKENALAN DEGAN MASKNE, JERAWAT AKIBAT PENGGUNAAN MASKER

Berkenalan degan Maskne, Jerawat Akibat Penggunaan Masker

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Durasi baca: 2 menit, 17 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Berkenalan degan Maskne, Jerawat Akibat Penggunaan Masker

Di masa New Normal ini menggunakan masker adalah hal yang wajib bukan? Menggunakan masker dalam jangka waktu yang lama akan membuat kulit wajah terus bergesekan dengan masker. Hal ini dapat memicu iritasi dan peradangan pada kulit. Berhubung saat ini menggunakan masker tidak bisa ditinggalkan, alhasil kulit menjadi semakin meradang dan mudah tumbuh jerawat.

Ditambah lagi, berbicara dan menghela napas saat mengenakan masker dapat menjebak hawa panas yang membuat kulit wajah menjadi berkeringat serta lembap. Kondisi ini bisa menjadi sarana yang baik bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak.

Selain karena masker itu sendiri, penggunaan masker yang tidak tepat juga bisa menimbulkan maskne, lho. Masker bedah yang digunakan berulang kali atau masker kain yang dicuci asal-asalan bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan kuman. Lalu, bagaimana jika ternyata disaat yang bersamaan jerawat sedang muncul?

Baca juga: Tips! Memilih Salep Jerawat Berdasarkan Kandungannya

Yuk, Cegah Maskne dengan Cara Ini

Cuci Muka Sebelum Menggunakan Masker

Memilih facial wash yang cocok untuk jenis kulit wajah kamu. Ini berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa kotoran atau make up yang ada di wajah.

Gunakan Pelembab

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan barrier kulit kamu supaya lebih bagus. Tentunya berfungsi untuk menjaga kulit wajah kamu agar tidak mudah terkena iritasi, tidak muncul merah-merah dan lain sebagainya. Kamu bisa mengaplikasikannya 30 menit sebelum memakai masker agar dapat meresap ke dalam kulit sehingga hasilnya optimal.

Tetap Menggunakan Sun Screen

Walaupun kamu menggunakan masker bukan berarti panas dari sinar matahari tidak menembus ke wajah kamu. Menggunakan sun screen untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Oleskan fokus penggunaan sun screen di area dahi atau tonjolan-tonjolan pipi kemudian lanjut ke leher. Gunakan 15-30 menit sebelum terkena paparan sinar matahari.

Hindari Pemakaian Make Up Tebal

Bagi kamu yang takut jerawatan saat memakai masker, baiknya hindari pemakaian makeup yang tebal. Hal ini membuat pori-pori kamu tertutup yang menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat. Cukup gunakan pelembab dan sun screen.

Rajin Mengganti Masker

Untuk menghindari masalah kulit wajah, kamu perlu mengganti masker secara berkala setiap 3-4 jam sekali. Jika kamu sudah merasa tidak nyaman meskipun belum mencapai batas pemakaian yang disarankan, kamu bisa menggantinya dengan masker yang bersih. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum kamu menggunakan masker yang baru. 

Penggunaan Masker Sekali Pakai Dan Masker Kain

Bagi kamu yang menggunakan masker sekali pakai, segeralah sobek dan buang masker untuk menghindari penyalahgunaan dipakai kembali. Untuk masker kain, kamu bisa membawanya lebih dari satu saat bepergian. Cuci masker kain setiap hari. Gunakan masker kain berbahan halus seperti katun untuk mengurangi efek gesekan dengan wajah.

Lakukanlah langkah-langkah yang telah dipaparkan di atas agar kulit wajahmu bebas dari maskne meskipun kamu menggunakan masker seharian. Dengan cara-cara di atas, kulit wajahmu juga akan nampak lebih bersih dan sehat, sehingga kamu bisa tampil lebih percaya diri. Jika kamu mengalami maskne, terlebih bila sudah parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter, ya.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

tips kecantikan kulit cantik alami tips menggunakan masker saat berjerawat Maskne

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty