Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | BERKENALAN DENGAN TOKO DI JAKARTA YANG RAMAH LINGKUNGAN

Berkenalan Dengan Toko Di Jakarta Yang Ramah Lingkungan

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 40 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Berkenalan Dengan Toko Di Jakarta Yang Ramah Lingkungan

Plastik memiliki sifat yang tahan air, awet, dan praktis, membuatnya jadi benda penting dengan segudang manfaat sebagai kemasan, wadah, pelindung. Akhirnya, kita pun jadi bergantung pada plastik. Padahal, meski punya fungsi yang baik, plastik memicu dampak yang sangat berbahaya. Indonesia sendiri adalah negara kedua yang paling banyak menghasilkan sampah plastik, setelah China. Lalu, apa yang bisa kita lakukan demi menjaga kualitas kesehatan bumi?

Untungnya, sudah banyak anak muda tanah air yang peduli dengan banyaknya limbah kemasan plastik. Kerennya lagi, mereka langsung beraksi. Salah satunya terbukti dengan adanya, beberapa pengusaha muda mendirikan toko-toko ramah lingkungan untuk mendorong masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik. Bukan hanya barang dagangannya saja yang ramah lingkungan, tapi cara belanjanya pun juga. Apa saja nama tokonya? Yuk, kenalan sama mereka!

Saruga

Baca juga: Toko Perhiasan Online Terbaik Yang Mempunyai Sertifikat GIA

Berlokasi di selatan Jakarta, Saruga menyediakan kebutuhan dapur, rumah tangga, dan perlengkapan mandi sehari-hari dengan konsep toko curah. Ini artinya, kita dapat membeli semua kebutuhan tersebut sesuai dengan keperluan kita, tanpa harus membayar kemasannya. Yup, kita diwajibkan membawa kemasan sendiri untuk membelinya, misalnya jar atau wadah berukuran tertentu. Kalau enggak punya, Saruga menjual wadah bumbu dari bahan kain sebagai wadah bumbu yang kita beli.Untuk lebih mendukung masa depan yang berkelanjutan, Saruga juga menjual produk-produk gaya hidup, seperti sedotan dari bambu dan stainless-steel, produk perawatan kesehatan yang terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia, hingga cawan menstruasi pengganti pembalut sekali pakai.

The Store

Toko ramah lingkungan di Jakarta yang satu ini baru saja buka pada Agustus 2020 lalu. The Store sebenarnya merupakan toko bahan makanan mini yang terletak di dalam restoran Dough Darlings di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ada banyak bahan makanan yang dijual, mulai dari biji-bijian, kopi, rempah-rempah, aneka tepung, minyak bawang, dan masih banyak lagi. Semuanya dipajang di dalam wadah kaca, dan konsumen bisa membelinya dengan membawa wadah sendiri atau membeli produk yang dikemas dalam wadah kaca kecil.

Toko Curah Selama

Dengan konsep zero waste, semua produk dipajang dalam toples kaca besar, dan dijual dengan harga per gram. Aneka produk bahan makanan organik dan kebutuhan rumah tangga ramah lingkungan bisa kamu beli di sini. Misalnya beras organik, aneka tepung, bumbu dapur, kain lap organik, hingga sabun dan shampoo organik.

Naked Inc

Toko ramah lingkungan di Jakarta lainnya adalah Naked Inc yang buka sejak April 2019. Lokasi Naked Inc berada di Como Park, Jalan Kemang Timur no.998, Jakarta Selatan. Pilihan produk terbilang lengkap, lho di Naked Inc ini. Mulai dari beras, aneka biji-bijian dan kacang-kacangan, saus, rempah-rempah, sereal, hingga shampoo, dan alat mandi ramah lingkungan. Pengunjung bisa mengambil produk yang ingin dibeli sendiri dengan sistem self service, ya. Pastikan kamu membawa kantong belanjaan sendiri, karena Naked Inc tidak menyediakan kantong plastik.

BulkSource by The Bulkstore & Co

Terakhir, ada BulkSource by The Bulkstore & Co yang sudah mempunyai dua cabang toko. Yakni di Menteng, Lippo Mall Kemang, bahkan satu cabang lagi di Bintaro akan dibuka sebentar lagi. Kelengkapan produk yang dijual juga tak kalah dengan toko ramah lingkungan di Jakarta lainnya. BulkSource by The Bulkstore & Co menjual biji-bijian, rempah-rempah, bubuk protein vegan, sayur organik, keripik vegan, sabun, tas mini, dan alat makan ramah lingkungan.

Itulah beberapa toko ramah lingkungan di Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Sebagian di antaranya juga menjual produk secara online dan menyediakan layanan delivery.

Baca juga: Skincare Lokal yang Aman Bagi Kulit dan Ramah Lingkungan

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

 

sustainble zero waste Toko Yang Ramah Lingkungan Toko Go Green Toko dengan Konsep Zero Waste

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle