Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | BERSEPEDA TERNYATA BAIK UNTUK KESEHATAN MENTAL DAN FISIK WANITA

Bersepeda Ternyata Baik Untuk Kesehatan Mental dan Fisik Wanita

LS Lifestyle
Durasi baca: 1 menit, 51 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Bersepeda Ternyata Baik Untuk Kesehatan Mental dan Fisik Wanita

Bersepeda merupakan aktivitas yang banyak memiliki manfaat, khususnya untuk kesehatan. Selain kesehatan terdapat manfaat lain untuk aktivitas bersepeda. Aktivitas bersepeda merupakan aktivitas yang paling sangat tidak disukai oleh perempuan karena membuat kulit menjadi hitam, selain itu panas juga merupakan alasanya. Tetapi tidak salah lho, ternyata bersepeda memiliki manfaat untuk perempuan. Nah, ternyata selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, masih banyak lagi lho keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan bersepeda. Baik untuk kesehatan fisik, mental, hingga untuk kebaikan bumi. Penasaran? Yuk, cari tahu manfaat bersepeda berikut ini:

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Olahraga ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi protein esensial dan sitokin (produksi sel imunitas tubuh). Pada saat-saat seperti ini, menjaga imunitas tubuh dan sistem pernapasan sangat penting agar kamu terhindar dari virus-virus jahat. Selain dapat perkuat imun tubuh, berolahraga juga memiliki manfaat kesehatan untuk organ pernapasan bagian atas sehingga dapat meminimalisir kamu untuk terserang penyakit flu.

2. Menurunkan Berat Badan dan Menghindari Obesitas

Bersepeda adalah cara yang baik untuk kamu yang ingin mengontrol atau mengurangi berat badan, karena bersepeda dapat meningkatkan laju metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh. Bersepeda membakar antara 400 sampai 1.000 kalori per jam, tergantung intensitas dan berat badan pesepeda.

Baca juga: Cek Kesehatan dari 6 Warna Darah Menstruasi

3. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Bikin Bahagia

Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau masalah kecemasan. Berfokus pada saat sedang bersepeda dapat membantu mengembangkan konsentrasi dan membantu mengalihkan fokus kamu dari obrolan tentang penyakit mental. Jika kamu merasa capek atau lesu, naik sepeda setidaknya selama 10 menit dapat melepaskan endorfin, yang akan membantu kamu  merasa lebih baik sekaligus menurunkan tingkat stres.

4. Membantu Pemulihan pada Penderita Kanker

Bersepeda adalah kegiatan yang baik untuk rencana perawatan jika kamu menderita atau sedang dalam pemulihan dari kanker. Bersepeda juga dapat membuat kamu tetap ramping dan bugar, yang dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara. Penelitian menyebutkan bahwa menjaga tubuh aktif dengan berolahraga dapat membantu mengurangi efek samping pengobatan kanker, termasuk kelelahan, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

5. Meningkatkan Keseimbangan dan Mengurangi Penyakit Artritis

Bersepeda dapat meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan koordinasi. Ini juga dapat membantu mencegah jatuh dan patah tulang. Mengendarai sepeda adalah bentuk olahraga yang ideal jika kamu mengidap osteoartritis, karena bersepeda adalah olahraga yang berdampak rendah yang hanya memberi sedikit tekanan pada persendian.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

manfaat bersepeda untuk wanita bersepeda manfaat bersepeda tips bersepada yang baik manfaat rutin bersepeda

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle