Ladiestory.id » Health » Biar Nggak Cedera, Ini 5 Hal Penting yang Harus Dilakukan Setelah Berolahraga

Biar Nggak Cedera, Ini 5 Hal Penting yang Harus Dilakukan Setelah Berolahraga

LS Health
Penulis: LS Health
Jum'at, 06 Desember 2019 | 05:55:14
Durasi baca: 3 menit, 27 detik
Dibaca: 3 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Biar Nggak Cedera, Ini 5 Hal Penting yang Harus Dilakukan Setelah Berolahraga

Kamu yang senang berolahraga pasti kamu tahu bahwa apa saja hal yang perlu dilakukan setelah berolahraga. Faktanya, hal-hal yang kamu lakukan setelah berolahraga seringkali dapat mencari dampak yang lebih besar pada kesehatanmu secara keseluruhan daripada olahraga itu sendiri. Menurut penelitian yang dilakukan di National Strength and Conditioning Association, ada beberapa hal yang harus dilakukan pada tubuh kita akan memiliki dampak positif jangka panjang pada tubuh kita. Langkah-langkah ini sering diabaikan tetapi penting, dan kamu mesti harus melakukan hal tersebut untuk membuat tubuhmu jadi lebih sehat. Di bawah ini 5 hal penting yang harus dilakukan setelah berolahraga.

1. Pendinginan

pendinginan
sumber: popsugar.com

 

Terlalu banyak orang yang berolahraga memiliki jadwal yang sibuk sehingga mereka sering langsung menyelesaikan olahraga setelah waktunya selesai. Meluangkan waktu untuk pendinginan setelah berolahraga akan membantumu untuk menghindari darah menggenang di pembuluh darahmu. Pendinginan selama lima menit setelah olahraga keras akan memungkinkan tubuh membuang sisa metabolism dengan benar. Pendinginan harus menargetkan area tubuh yang baru kamu lakukan.Jadi, jika kamu baru saja menyelesaikan olahraga di kekuatan dada, gunakan mesin dayung selama lima menit untuk pendinginan. Untuk menghindari detak jatung yang berdetak cepat, cobalah latihan yoga, gunakan treadmill, atau naik sepeda. Ambil beberapa putaran di kolam renang, jogging, atau jalan-jalan, semua bentuk pendinginan akan membuat otot-ototmu pulih dengan baik.

2. Peregangan pasca olahraga

peregangan pasca olahraga
sumber: besthealthmag.ca

 

Salah satu hal paling penting yang dapat lakukan untuk membantu otot-otot pulih adalah peregangan setelah latihan. Jika kamu menggembung dan kehilangan rentang gerak atau fleksibilitas, peregangan akan memungkinkan sistem saraf untuk lebih rileks dan pulih. Mirip dengan pendinginan, kamu tidak harus meregangkan otot hingga tegang, kuncinya adalah menemukan keseimbangan sempurna di tempat yang sedikit tidak nyaman tetapi tidak melukai diri sendiri. Pastikan kamu bernapas dari diafragma saat melakukan peregangan, dan mulailah selama fase pendinginan itu. Berharap pada treadmill akan membuatmu menjadi dingin sekaligus meregangkan otot pada saat bersamaan. Peregangan ini membantu mengurangi asam laktat apa pun yang terkandung dalam tubuh, sekaligus meningkatkan fleksibilitasmu secara keseluruhan.

Baca juga: Jika Tak Ingin Latihanmu Sia-Sia, 5 Makanan Ini Harus Kamu Hindari Setelah Berolahraga!

3. Hidrasi adalah kunci

hidrasi adalah kunci
sumber: healthline.com

 

Saat berolahraga, keringat adalah cara tubuh untuk tetap tenang. Jika kamu tidak mengisi cairan dalam tubuhmu yang telah terbuang setelah berolahraga, kamu past akan mengalami dehidrasi. Meskipun minum setelah berolahraga sudah ada dalam pengetahuan umum, banyak orang tidak mengisi kembali system dengan cukup untuk mendapatkan semua manfaat dari olahraga itu. Bahkan jika kamu hanya mengeluarkan keringan 2 persen dari berat badanmu saat berolahraga, kamu sudah kekurangan dampak negatif pada tubuh. Jantung harus bekerja lebih keras selama olahraga untuk mempertahankan tujuanmu, dan tidak mendapatkan makanan yang cukup setelah berolahraga. Menghidrasi tubuh dengan benar tidak hanya akan meningkatkan kesehatan jantungmu, tetapi juga mengatur suhu tubuh dan melumasi semua sendiri tersebut. Jika kamu haus setelah berolahraga, itu adalah indikator tertunda bahwa kamu sudah dalam keadaan dehidrasi. Tambahkan beberapa sayuran ke dalam airmu seperti mentimun untuk mendapatkan nutrisi yang ditambahkan ke bagian-bagian tubuh yang paling membutuhkannya.

4. Menggulung tubuh

menggulung tubuhmu
sumber: befitandfine.com

 

Jika kamu belum pernah mendengar tentang rolling, sekaranglah saatnya untuk membiasakan diri dengan teknik ini. Menurut Jordan D. Metzl, MD, dari Rumah Sakit untuk Bedah Khusus di New York City, menggulung dan meregangkan otot sangat penting setelah selesai olahraga. Menempatkan roller busa di tanah dan pada dasarnya menggulingkan tubuh sambil berbaring di atasnya memiliki manfaat positif yang sangat besar. Teknik ini meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan fleksibilitas, dan memcah simpul di jaringan lunak. Rol busa lebih efektif daripada peregangan saja karena mememengaruhi sambungan jalur, memungkinkan peregangan lebih dalam. Dengan mengurangi simpul di jaringan, kamu merasa diremajakan setelah setelah berolahraga dan mengurangi rasa sakit. Setelah kamu mencoba, kamu akan ketagihan dan melakukan hal-hal luar biasa untuk waktu pemulihanmu.

5. Makan setelah berolahraga

makan setelah berolahraga
sumber: eazyspadeals.com

 

Mengonsumsi protein setelah berolahraga adalah penting karena akan membantu tubuh memperbaiki otot yang rusak. Mendapatkan tubuh asam amino dan protein setelah berolahraga sangat berpengaruh seperti menghidrasi tubuh. Tubuh sangat membutuhkan makanan setelah kamu berolahraga, jadi kamu perlu melangkah untuk makan dalam waktu 30 menit setelah berolahraga. Menurut penulis di Pinterest Diet, Mitzi Dulan, RD, makan setelah kamu berolahraga mengurangi nyeri otot dan mengoptimalkan pemulihan. Jika kamu tidak bisa makan dengan cepat stelah berolahraga, manfaatkan semua penyembuhkan terkait dengan mengonsumsi makanan yang kurang sehat.

Itulah 5 hal yang harus kamu lakukan setelah berolahraga, agar tubuhmu tidak menjadi pegal-pegal Ladies!

Baca juga: Bikin Sehat dan Bahagia! Yuk Nikmati Manfaat Bersepeda Buatmu yang Malas Berolahraga


health kesehatan olahraga setelah berolahraga hal yang harus dilakukan setelah berolahraga agar terhindar dari cedera cedera setelah olahraga

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

TRENDING ON HEALTH