Ladiestory.id » Lifestyle » Biar Tetap Produktif, Simak Nih 5 Cara Mengatasi Rasa Kantuk di Kantor Saat Bekerja

Biar Tetap Produktif, Simak Nih 5 Cara Mengatasi Rasa Kantuk di Kantor Saat Bekerja

LS Lifestyle
Selasa, 19 November 2019 | 08:58:06
Durasi baca: 3 menit, 1 detik
Dibaca: 2 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Biar Tetap Produktif, Simak Nih 5 Cara Mengatasi Rasa Kantuk di Kantor Saat Bekerja

Rasa kantuk itu seperti halnya rasa lapar dan haus yang terkadang harus diselesaikan hanya dengan mengambil tidur sebentar agar rasa kantuk itu hilang. Tapi, kalau ngantuknya di kantor, tentu kita tidak bisa sembarang mengambil waktu hanya untuk tertidur. Sebab, banyaknya pekerjaan yang mesti diselesaikan seolah tak memberi izin untuk kita sekadar merebahkan tubuh dan memejamkan mata. Belum lagi, rasa was-was sebab khawatir kalau atasan mengira kinerja kita buruk hanya karena kita tak sengaja tertidur di meja kerja. Lantas, bagaimana sih cara mengatasi rasa kantuk di kantor saat bekerja? Kita pantau penjelasannya dulu yuk, Ladies!

1. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih
sumber: freepik.com

 

Biasanya, rasa kantuk yang kita alami itu disebabkan kurangnya kadar oksigen di dalam tubuh, sehingga menjadikan tubuh dehidrasi atau kehilangan cairan. Tak cuma rasa kantuk, dehidrasi yang dialami tubuh juga menyebabkan turunnya daya ingat, sehingga memengaruhi kemampuan konsentrasi, dan tentunya juga bisa memperburuk kualitas kinerjamu, Ladies. Untuk mengatasi dehidrasi ini dibutuhkan asupan cairan yang sangat dibutuhkan tubuh, yaitu air putih. Sebab, air putih mengandung oksigen dalam jumlah yang besar dan sangat bermanfaat untuk tubuh. Sehingga, memperbanyak konsumsi air putih menjadi salah satu cara mengatasi rasa kantuk di kantor saat bekerja yang paling ampuh. Untuk hasil terbaik, usahakan minum air putih 8 gelas sehari, ya!

Baca juga: Bekerja Keras Saja Tidak Bisa Membuat Kamu Sukses, Ini Alasannya

2. Isi perutmu dengan camilan yang sehat dan bergizi

Makanlah camilan yang bergizi
sumber: freepik.com

 

Seringkali kita melihat rekan kerja di kantor yang berupaya menghilangkan rasa kantuk yang dirasakannya adalah dengan makan camilan. Cara itu memang benar adanya, akan tetapi kamu harus memilih camilan yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi. Hindari untuk memakan camilan yang mengandung kadar gula dan lemak yang tinggi ya, Ladies. Kamu bisa mengonsumsi roti gandum, biskuit gandum, kacang-kacangan, buah-buahan segar, teh hijau yang diseduh, serta kopi tubruk less sugar atau tanpa gula. Dengan menyantap camilan sehat dan bergizi di atas, tak hanya rasa kantukmu yang akan teratasi, tapi tubuhmu juga akan dipenuhi energi, dan siap bekerja kembali.

3. Berjalan-jalan ringan atau mengitari area di sekitar kantor

Berjalan-jalanlah di sekitar kantor
sumber: freepik.com

 

Jika kedua cara sebelumnya belum juga ampuh mengusir rasa kantukmu, ada baiknya jika kamu berjalan-jalan sebentar atau berkeliling di area sekitar kantor. Sama fungsinya dengan berolahraga ringan, berjalan kaki juga bisa meningkatkan energi di dalam tubuh dan sekaligus juga bisa menghilangkan rasa kantukmu. Sesekali, mampirlah ke meja kerja teman atau sekadar melihat pemandangan dari jendela kantor. Maka, bersyukurlah kamu yang bekerja di sebuah tempat dengan area open space yang juga menyediakan kafe di dalam gedungnya. Kamu bisa memanfaatkan berbagai spot yang keren sebagai tempatmu bekerja sementara hingga kantukmu teratasi.

4. Mendengarkan musik upbeat, rock, atau berirama semangat

Mendengarkan musik bernada semangat
sumber: freepik.com

 

Baca juga: Nikmati Masa Sekolahmu, Karena Ini 4 Hal yang Akan Kamu Sulit Lakukan Saat Sudah Bekerja


Cara mengatasi rasa kantuk di kantor saat bekerja berikutnya adalah dengan mendengarkan musik upbeat, rock, atau musik yang berirama semangat. Hindari mendengarkan lagu-lagu sedih, mellow, atau yang cenderung sendu, sebab lagu-lagu tersebut hanya akan menambah rasa kantukmu, Ladies. Jangan lupa untuk memasang earphone saat mendengarkannya, ya. Jangan sampai temanmu terganggu dengan berisiknya musik yang kamu sedang kamu nikmati.

5. Mengubah kebiasaan saat berangkat kerja atau pulang ke rumah

Mengubah rutinitas kerja sehari-hari
sumber: freepik.com

 

Untuk mengusir rasa kantukmu yang tak kunjung reda, ada baiknya jika kamu berpikir dan menganalisis tentang penyebab rasa kantuk yang kamu alami itu. Kalau penyebabnya adalah rutinitas yang membosankan, mungkin kamu butuh suasana atau rutinitas yang baru. Kamu bisa mengubah kebiasaan berangkat ke kantor, dari yang tadinya naik kendaraan pribadi menjadi naik angkutan umum. Lalu, kamu juga bisa mengubah kebiasaan pulang ke rumah dengan cara yang serupa. Selanjutnya, kamu bisa membuat variasi rutinitas sesuai yang kamu inginkan.

Nah, itulah 5 cara mengatasi rasa kantuk di kantor saat bekerja yang bisa kamu coba. Jika ada salah satu cara yang ampuh untuk mengusir rasa kantukmu yang membandel itu, share kepada kami ya, Ladies!

Baca juga: Mudah Mengantuk, 5 Zodiak Ini Sering Tertidur Saat Bekerja

lifestyle kebiasaan baik kantuk kerja karir cara mengatasi rasa kantuk di kantor saat kerja bekerja cara mengatasi rasa kantuk cara atasi kantuk gaya hidup

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE