Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | BIJAKSANA SEBELUM MENIKAH, 5 TIPS MENEKAN BUJET PERNIKAHAN DITENGAH PANDEMI

Bijaksana Sebelum Menikah, 5 Tips Menekan Bujet Pernikahan Ditengah Pandemi

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 29 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Bijaksana Sebelum Menikah, 5 Tips Menekan Bujet Pernikahan Ditengah Pandemi

Tak bisa dipungkiri, masih banyak pasangan di luar sana yang mengharapkan pernikahan meriah, namun harus menggelontorkan uang yang begitu besar. Sampai-sampai, mereka rela berhutang dengan tingkat bunga yang tinggi hanya untuk merayakan momen sehari tersebut. Namun, bagi para smart couple dengan kemampuan ekonomi cukup, dapat mulai memikirkan cara bagaimana membuat pernikahan dengan investasi murah, namun dengan outcome yang bahkan setara dengan pernikahan senilai ratusan juta rupiah. Ingin tahu cara terbaik menghemat pernikahan hingga bujet kamu bisa di bawah Rp 50 jutaan. Simak tips berikut ini yah, ladies.

5 Cara Cerdas Menghemat Biaya Nikah

1.Hindari ribuan daftar undangan

Meskipun kamu mungkin tergoda untuk mengudang semua orang yang kamu kenal di daftar tamu, dari teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, rekan kantor lama, rekan kantor saat ini, hingga teman-teman Facebook kamu, ketahuilah bahwa hal itu bukanlah ide bagus. Untuk menghemat sebanyak mungkin, coba undang lebih sedikit orang dan buat acara yang lebih intim untuk pesta pernikahan kamu. Mulailah dengan mereduksi daftar tamu kamu hingga 20%, lalu perkecil hingga 20% lagi. Lalu lihat apakah kamu puas dengan hasilnya.

2. Minta bantuan pernikahan, bukan hadiah pernikahan

kamu akan merasa beruntung apabila beberapa teman dan keluarga kamu memiliki bakat musik, sehingga mereka dapat memberikan iringan musik pada upacara pernikahan kamu itu. Jika kamu juga memiliki teman dekat berprofesi sebagai fotografer amatir yang sangat terampil, ajak dia untuk bersedia memotret pesta bahagia kamu sebagai hadiah pernikahan. Setelah prosesi usai, ia akan memberikan gambar berkualitas tinggi untuk momen berharga kamu dengan biaya relatif murah, bahkan bisa saja itu gratis.

Baca juga: Studi Ungkap Pernikahan Mewah Berpeluang Besar Bercerai

3. Minimalisir bunga

Ketimbang menghabiskan banyak uang untuk membeli bunga yang tentunya akan mati tak lama setelah resepsi, lebih baik, agar tetap sederhana namun elegan, gunakan satu mawar untuk setiap pengiring pengantin dan satu karangan bunga kecil untuk dibawa oleh pengantin perempuan.

4. Sewa katering keluarga

Banyak orang mulai memasak sendiri atau menggunakan katering milik keluarga yang secara drastis dapat mengurangi biaya pesta pernikahan. Coba bayangkan, jika kamu mengundag sekitar 500 orang, kamu harus menyiapkan makanan buffet untuk 1.000 orang. Mengapa? Karena rata-rata orang akan membawa +1 untuk menghadiri pesta pernikahan.

5. Buat undangan kamu sendiri

Dengan printer rumah yang berkualitas, kamu dapat membuat undangan yang sangat berkelas. kamu bisa membuat undangan sendiri melalui situs desain gratis seperti Canva, dengan pilihan template undangan yang begitu beragam dan mudah dikreasikan. kamu pun dapat menyewa desainer grafis freelance di GetCraft untuk menyiapkan undangan khusus untuk kamu dengan biaya terjangkau. Bahkan, dengan keterbatasan jarak, banyak pasangan saat ini menggunakan video gif sebagai undangan pernikahan dan dikirimkan melalui email atau pesan Whatsapp kepada rekan mereka. Ingat, trik ini lebih baik dilakukan kepada orang-orang yang kamu kenal baik, seperti teman kerja atau teman sejawat, namun bukan untuk atasan atau keluarga inti orang tua.

5 tips di atas jika dilakukan secara konsisten, bisa menghemat biaya pernikahan hingga puluhan juta rupiah. Yang berarti, biaya pernikahan bisa ditekan hingga Rp 50 juta atau bahkan di bawah itu. Nah, kelebihan uang yang kamu miliki dari penghematan pesta pernikahan bisa kamu alokasikan untuk hal lain, seperti membeli paket bulan madu dan memulai untuk membeli asuransi kamu dan pasanga

tips budget pernikahan tips budget pernikahan murah cara mengatur budget pernikahan budget pernikahan biaya pernikahan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle