?>
LADIESTORY.ID | HEALTH | BISA DILAKUKAN DI RUMAH, 5 OLAHRAGA KAKI YANG TEPAT UNTUK WANITA AKTIF BERGERAK

Bisa Dilakukan di Rumah, 5 Olahraga Kaki yang Tepat Untuk Wanita Aktif Bergerak

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 57 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Bisa Dilakukan di Rumah, 5 Olahraga Kaki yang Tepat Untuk Wanita Aktif Bergerak

Seperti halnya tangan, kaki adalah organ tubuh yang sangat penting untuk dilindungi dan dijaga kekuatan tulangnya. Sebab, jika tangan memiliki banyak fungsi untuk menggenggam, menulis, mengangkat, dan mengerjakan banyak hal, kaki pun juga sama mempunyai banyak fungsi untuk membantu kita berkegiatan di setiap detik kehidupan. Tentu, tak cuma tulang kaki saja yang perlu diperkuat, tapi otot kaki pun juga harus diperkuat dan dipertahankan, Ladies. Perlu diketahui, bahwa otot-otot kaki sebenarnya dipecah menjadi 3 kelompok utama, yaitu otot pada paha depan, paha belakang, dan otot betis. Nah, beberapa olahraga kaki yang tepat untuk wanita seperti berikut ini bisa membantu untuk menguatkan otot-otot kakimu, lho. Selain itu, olahraga kaki ini bisa dilakukan sendiri di rumah! Yuk, simak ulasannya!

1. Sumo squat

Sumo squat
sumber: freepik.com

Latihan sumo squat berfokus untuk memperkuat kaki. Kamu akan merasa otot di bagian kaki, terutama paha dan bokong akan menjadi lebih tegang dan kuat. Untuk berlatih sumo squat ini, caranya adalah berdiri dengan kaki terbentang, lalu turunkan pinggulmu hingga berada di atas lantai dengan sedikit menekuk lutut. Lakukan secara perlahan dan berdiri lagi dengan posisi semula. Ulangi gerakan sumo squat-mu selama kurang lebih 15 kali. Lakukan olahraga ini secara rutin untuk mendapatkan bentuk kaki, paha, dan bokong yang indah.

2. Single leg deadlift

Single leg deadlift
sumber: oxygenmag.com

Latihan single leg deadlift berfokus untuk meningkatkan kekuatan otot pinggul, kaki, dan punggung dengan menggunakan pose keseimbangan satu kaki sembari membawa dumbbell. Caranya adalah dengan berdiri pada satu kaki sambil memegang dua dumbbell di tangan kanan dan kiri yang diletakkan di depan paha atau sejajar dengan paha dengan menggunakan teknin genggaman overhand dan lengan yang lurus ke bawah. Setelah itu, salah satu kaki diangkat ke belakang hingga membentuk satu garis lurus dengan bokong dan tubuh yang membungkuk condong ke depan, sembari menurunkan dumbbell ke bawah. Ulangi gerakan ini hingga 12 kali.

Baca juga: Tips Perawatan Rambut untuk Wanita Usia 30 Tahunan

3. Calf raises

Calf raises
sumber: openfit.com

Latihan calf raises berfokus untuk memperkuat otot betis dan mengencangkan otot kaki. Olahraga kaki ini merupakan yang paling mudah dilakukan, sebab kamu hanya perlu melakukan pose seperti berjinjit. Tak cuma memperkuat otot betis, latihan calf raises ini juga bekerja pada otot tibialis posterior, gastrocnemius, dan soleus pada tungkai bawah. Cara melakukannya adalah dengan berdiri dengan satu kaki, sementara kaki yang lain ditekuk hingga sudut 90 derajat. Usahakan agar tulang belakangmu lurus dan berjinjitlah di atas jemari kaki. Tahan posisi itu sebentar dan turunkan jemari kakimu ke bawah. Ulangi gerakan ini selama 15 kali pada setiap sisi.

4. Side leg raises

Side leg raises
sumber: brightside.me

Latihan side leg raises ini efektif membangun kekuatan paha luar dan pinggul. Olahraga ini ditargetkan pada gluteus maximus yang dapat membantu gerakan pinggul menjadi lebih baik, menstabilkan tubuh, serta meningkatkan daya tahan otot. Cara melakukannya adalah dengan  berbaring di satu sisi tangan, lalu luruskan kakimu. Angkat kaki bagian atas ke arah langit-langit dan turunkan secara perlahan. Pastikan bahwa kamu mengangkat pinggul dan bokong, bukan punggung bagian bawah. Ulangi gerakan ini selama 12 kali di setiap sisi.

5. Side lunges

Side lunges
sumber: freepik.com

Latihan side lunges atau disebut juga dengan lateral lunges, dapat membantu memperkuat otot paha dan meningkatkan fleksibilitasnya. Olahraga ini melibatkan semua otot utama termasuk paha depan, paha belakang, betis, dan glutes. Cara melakukannya adalah dengan berdiri dengan kaki selebar pinggul. Pastikan punggungmu tetap lurus dan ambil langkah besar ke samping. Pastikan juga untuk menjaga posisi tubuh tetap tegak dan turunkan lutut kaki hingga bengkok sekitar 90 derajat. Pastikan pula dadamu tetap lurus dan kencang, lalu ulangi gerakan yang sama pada sisi yang satunya. Lakukan gerakan ini 3 kali saja, Ladies.

Jika kamu sudah rutin melakukan latihan olahraga kaki ini dengan gerakan yang tepat, maka bersiaplah untuk mendapatkan bentuk kaki yang seksi dan indah.

health kesehatan olahraga olahraga kaki olahraga kaki untuk wanita olahraga yang bisa dilakukan di rumah

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health