Ladiestory.id » Lifestyle » Bosan Makan Roti Tawar dengan Selai? Yuk, Kreasikan Menjadi Puding Roti Tawar dengan Resep Ini!

Bosan Makan Roti Tawar dengan Selai? Yuk, Kreasikan Menjadi Puding Roti Tawar dengan Resep Ini!

LS Culinary
Jum'at, 24 Januari 2020 | 12:05:34
Durasi baca: 2 menit, 47 detik
Dibaca: 7 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Bosan Makan Roti Tawar dengan Selai? Yuk, Kreasikan Menjadi Puding Roti Tawar dengan Resep Ini!

Jika kamu masih punya sisa roti tawar yang belum dimakan dan bosan mengonsumsinya hanya dengan selai, kamu bisa menjadikan roti tawarmu menjadi bahan utama puding yang lembut dan segar! Ya, tak hanya rasa cokelat dan buah-buahan, kini puding juga bisa dikreasikan dengan menggunakan berbagai macam bahan. Seperti kacang hijau, biskuit, bahkan roti tawar. Nah, untuk variasi motifnya, sering kali kita melihat puding yang dikreasikan dengan teknik layering atau berlapis-lapis. Namun, kali ini ada resep puding roti tawar yang tak hanya lembut, tapi juga terlihat lebih cantik dengan menggunakan motif marmer atau marble. Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk, simak resepnya berikut ini, Ladies!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk 1 loyang puding roti tawar

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk 1 loyang puding roti tawar
sumber: bonappetite.com

Bahan utama yang diperlukan

  • 4 lembar roti tawar
  • 1 bungkus agar-agar
  • 400 ml susu cair
  • 450 ml air
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 sdm coklat bubuk

2. Cara membuat puding roti tawar yang lembut dan cantik

Cara membuat puding roti tawar yang lembut dan cantik
sumber: freepik.com

Cara membuatnya:

Baca juga: 10 Hal yang Harus Kamu Ketahui Saat Kekasih Terlihat Bosan dengan Hubungan Kalian

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat puding roti tawar ini adalah potong-potong roti tawar yang sudah disiapkan menjadi berbentuk kecil-kecil, sisihkan. Lalu, larutkan coklat bubuk ke dalam 2 sdm air panas sambil diaduk rata hingga membentuk seperti pasta yang kental. Selain menggunakan cokelat bubuk, kamu juga bisa menggunakan pasta cokelat instan yang mudah ditemukan di toko yang menjual bahan-bahan kue, Ladies.
  • Setelah itu, siapkan blender, masukkan roti tawar yang sudah dipotong-potong tadi, lalu tambahkan susu cair dan air. Kemudian hancurkan campuran ketiganya dengan menggunakan blender hingga halus, lembut, dan tercampur rata.
  • Jika sudah, tuang segera campuran roti tawar, susu, dan air tersebut ke dalam panci. Kemudian, masukkan agar-agar bubuk, vanili bubuk, serta gula pasir ke dalam panci, lalu aduk semua bahan sampai gula larut dan tercampur rata.
  • Selanjutnya, panaskan panci di atas api sedang sambil terus mengaduk-aduk campuran bahan tersebut hingga mengental dan mendidih.
  • Kalau sudah mendidih, segera matikan api, angkat, dan diamkan sebentar saja hingga uap panasnya menghilang dari pandangan.
  • Jika uap panasnya sudah tidak terlihat, kamu sudah bisa melakukan proses pencetakannya nih, Ladies. Tapi, kamu harus membuat adonan warna cokelatnya terlebih dahulu. Caranya, ambil kurang lebih 3 sendok sayur adonan puding tersebut dan tuang ke dalam wadah yang berbeda. Lalu, tambahkan pasta cokelat yang sudah dibuat sebelumnya. Aduk sampai merata.
  • Setelah itu, kita masuk ke bagian proses pencetakan keduanya. Caranya, tuangkan adonan putih ke dalam loyang atau cetakan puding yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air matang. Lalu, tambahkan semua adonan cokelat ke dalam cetakan yang sama dengan adonan putih tersebut. Kemudian, gunakan sumpit untuk membuat motif marmer atau marble sesuai yang kamu inginkan. Dengan cara tusukkan sumpit ke dalam adonan tersebut, lalu putar-putar sumpit ke arah yang berlainan dan bebas. Sehingga akan terlihat corak putih dan cokelat yang saling silang dan terkesan abstrak berantakan.
  • Jika sudah, diamkan beberapa saat hingga puding mengeras. Nah, kalau sudah mengeras, kamu sudah bisa memasukkan puding roti tawar tersebut ke dalam lemari pendingin agar terasa lebih segar dan sejuk ketika dimakan.

3. Cara penyajian puding roti tawar

Cara penyajian puding roti tawar
sumber: pinterest.com 

Untuk menyajikannya, kamu perlu menunggu puding menjadi dingin terlebih dengan memasukkannya ke dalam lemari es. Jika sudah dingin, kamu bisa langsung membalik cetakkan dan mengeluarkan puding roti tawar ini dari cetakannya. Setelah itu, potong-potong sesuai garis yang sudah disediakan. Nah, sajikan puding roti tawar ini selagi dingin ya, Ladies!

Agar terasa lebih nikmat, ajak teman-temanmu untuk mencicipi puding roti tawar kreasimua ini bersamamu di rumah!

sumber foto cover: cookpad.com

lifestyle culinary kuliner puding roti tawar resep puding roti tawar cara membuat puding roti tawar resep puding dessert

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE