LADIESTORY.ID | HEALTH | BUAH-BUAHAN PENAMBAH DARAH UNTUK MENCEGAH ANEMIA

Buah-buahan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Durasi baca: 2 menit, 18 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Buah-buahan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

Saat kamu mengalami kondisi anemia, artinya tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Tidak hanya itu, anemia juga bisa menandakan sel darah merah tidak berfungsi dengan baik dalam tubuh. Berbagai penyebab dapat meningkatkan risiko anemia, tetapi yang paling umum adalah kurangnya nutrisi untuk penambah darah.

Berbagai nutrisi sangat dibutuhkan dalam membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Bukan hanya zat besi, nyatanya asam folat, vitamin B12, tembaga, dan vitamin A juga memengaruhi produksi sel darah merah dalam tubuh. Untuk itu, penuhi nutrisi tersebut dari berbagai makanan yang memiliki kandungan nutrisi baik. Tidak hanya itu, kamu juga bisa temukan nutrisi yang dibutuhkan dari beberapa jenis buah yang dapat mencegah anemia.

1.Buah Delima

Baca juga: 5 Tanda Kamu Jadi Golongan Bucin alias Budak Cinta

Delima menjadi salah satu buah yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Hal ini disebabkan buah delima memiliki kandungan zat besi, vitamin A, C, dan E. Tidak hanya itu, meskipun jarang dikonsumsi sebagai buah sehari-hari, delima memiliki zat asam karbonat yang mampu meningkatkan zat besi dalam tubuh. Selain dapat mencegah anemia, buah yang memiliki rasa manis dan asam ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit sendi. Jadi, tidak ada salahnya mencoba buah delima agar kesehatan tubuh terjaga dengan baik.

2.Pisang

Pisang menjadi salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat. Selain buahnya yang mudah didapatkan, pisang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pisang menjadi buah yang dikenal memiliki kandungan karbohidrat, kalium, dan magnesium yang sangat tinggi. Namun, tahukah kamu bahwa pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi? Kandungan zat besi dalam pisang dinilai mampu mencegah penyakit anemia. Selain itu, pisang juga mengandung banyak vitamin yang memengaruhi produksi darah dalam tubuh.

3.Stroberi

Stroberi menjadi buah yang mampu mencegah penyakit anemia. Hal ini disebabkan kandungan antioksidan pada stroberi cukup tinggi. Kandungan antioksidan berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Selain itu, antioksidan juga bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

4. Semangka

Bukan hanya untuk mencegah dehidrasi, buah semangka dinilai mampu membuat kamu terhindar dari anemia. Hal ini disebabkan buah semangka memiliki kandungan zat besi di dalamnya. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi buah semangka sebagai makanan penutup makan siang kamu. Selain segar, buah semangka juga terbilang mudah didapatkan.

5. Bit

Buah warna merah gelap ini merupakan buah nomor satu yang wajib dimakan untuk para penderita anemia. Buah bit dipenuhi dengan vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengaktifkan kembali sel darah merah yang meningkatkan jumlah oksigen bersih ke setiap bagian tubuh. Selain dikenal sebagai buah penambah darah, bit juga mengandung potasium, kalsium, sulfur, iodium, dan vitamin lainnya untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Ada berbagai cara untuk mengonsumsi buah ini. Bisa direbus, dikukus, dimasukkan ke dalam sup, ditambahkan ke dalam salad, atau di jus. Kombinasi populer untuk jus bit adalah dengan dicampur bersama wortel dan jeruk.

Itulah beberapa buah yang bisa dikonsumsi untuk mencegah anemia.

Baca juga: Ladies 6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Ketika Patah Hati

Sumber Foto Utama: Freepik.com

Buah-buahan Penambah Darah Buah Penambah Darah Anemia

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health