Ladiestory.id » Health » Buah Ini Memang Enak, tapi Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

Buah Ini Memang Enak, tapi Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

LS Health
Penulis: LS Health
Rabu, 26 Februari 2020 | 10:43:13
Durasi baca: 3 menit, 7 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Buah Ini Memang Enak, tapi Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

Menambahkan buah sebagai salah satu menu diet seimbang tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Seperti yang kita tahu buah mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin esensial, mineral, dan karbohidrat. Akan tetapi, tidak semua orang bisa menikmati kesegaran dan nutrisi semua buah, terutama bagi para penderita diabetes. Mereka harus benar-benar menjaga tingkat gula darahnya sehati-hati mungkin, supaya kadar gula darah tidak berlebih maupun kekurangan. Sebenarnya, setiap jenis buah memiliki jumlah antioksidan dan nutrisi yang berbeda, sehingga tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh setiap manusia yang ingin mengonsuminya. Prinsipnya yang sama juga berlaku bagi para penderita diabetes yang harus menghindari beberapa jenis buah yang bisa meningkatkan kadar gula darah mereka. Melansir dari laman, berikut adalah 5 jenis buah yang harus dihindari para penderita diabetes. Mari kita simak!

1. Semangka

jenis buah yang harus dihindari para penderita diabetes
sumber: freepik.com

Rasanya manis, buah semangka dengan dagingnya yang berwarna merah segar dan berair banyak ini nyatanya tidak cocok untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Sebab, selain rendah serat dan kalori, buah semangka juga memiliki nilai Indeks Glikemik (GI) sebesar 72. Jadi jika kita mengonsumsi setengah cangkir semangka, maka buah tersebut mengandung sekitar 5 gram karbohidrat. Itulah sebabnya sebaiknya dijauhi oleh para penderita diabetes. Akan tetapi jika benar-benar ingin menikmatinya, kamu bisa mengonsumsinya sedikit saja, Ladies.

2. Apricot kering dan Prune kering

jenis buah yang harus dihindari para penderita diabetes
sumber: freepik.com

Buah apricot segar sering kali dianggap baik untuk dimasukkan dalam diet para penderita diabetes, sebab setiap satu cangkir buah apricot segar mengandung 74 kalori dan 14,5 gram gula alami. Akan tetapi, ketika buah apricot ini diolah menjadi apricot kering, maka kamu harus segera menghindarinya. Sebab, seperti yang kita tahu bahwa makanan olahan tentu mengandung lebih banyak pemanis yang mesti dijauhi para penderita diabetes. Jadi, jika ingin mengonsumsi buah apricot, maka sebaiknya mengonsumsi buah apricot segar. Begitu juga dengan buah prune, yang setiap seperempat cangkirnya mengandung 24 gram karbohidrat dengan nilai Indeks Glikemik 103. Tentu, kamu juga harus jauh-jauh dari buah prune kering yang menggemaskan ini!

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Sakit Hati

3. Anggur

jenis buah yang harus dihindari para penderita diabetes
sumber: freepik.com

Selain rasanya yang segar, manis, dan memiliki tingkat acidity yang pas, buah anggur juga kaya akan serat, nutrisi penting lainnya, serta vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tak cuma itu, buah anggur juga mengandung gula alami dengan jumlah yang pas. Akan tetapi, buah anggur tidak boleh ditambahkan ke diet penderita diabetes, lho. Sebab, setiap 85 gram anggur dapat mengandung karbohidrat setinggi 15 gram. Jadi, ada baiknya jika para penderita diabetes tidak mengonsumsi buah bulat berwarna cantik.

4. Pepaya

jenis buah yang harus dihindari para penderita diabetes
sumber: freepik.com

Buah yang cocok dimakan sendiri atau bareng orang lain ini, sudah pasti memiliki banyak penggemar. Apalagi jika masih muda dan dinikmati sebagai rujak. Akan tetapi, bagi para penderita diabetes, buah pepaya tentu sebaiknya tidak dikonsumsi. Sebab, buah pepaya memiliki nilai Indeks Glikemik rata-rata 59, dan juga mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi. Jadi, kalaupun benar-benar ingin menambahkan buah pepaya ke dalam diet penderita diabetes, harus dikonsumsi dalam jumlah yang sangat kecil untuk menghindari terjadinya peningkatan gula darah.

5. Mangga

jenis buah yang harus dihindari para penderita diabetes
sumber: freepik.com

Siapa sih, yang tidak suka dengan buah segar berserat banyak yang satu ini? Ya, hampir setiap orang menyukai buah mangga. Dengan rasanya yang manis, sedikit asam, dan mengandung air yang banyak, buah ini memang enak, apalagi jika dijadikan jus. Sayangnya, mangga mengandung gula yang sangat tinggi, sehingga sangat tidak cocok untuk para penderita diabetes. Sebagai informasi, setiap 100 gram buah mangga memiliki kandungan gula sekitar 14 gram yang dapat memperburuk keseimbangan gula darah pada tubuh. Selain itu, meskipun kamu bukan termasuk penderita diabetes, mengonsumsi buah mangga secara teratur dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang berkepanjangan di dalam tubuhmu, Ladies. Jadi, tetaplah membatasi konsumsi si raja buah ini, ya!

Jadi, itulah 5 jenis buah yang harus dihindari para penderita diabetes untuk menjaga kestabilan kadar gula darah di dalam tubuh. Tetap menikmati hidup sambil jaga kesehatan ya, Ladies!

Sumber foto utama: Unsplash.com/ Martin Bargl

Baca juga: Hati-hati, Perawatan Rambut Ini Malah Bisa Bikin Rambut Jadi Rusak


health kesehatan jenis buah yang harus dihindari para penderita diabetes buah yang dilarang untuk diabetes diabetes buah

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH