?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » BUKAN CUMA LELAH, PEGAL LINU BISA TANDA MASALAH KESEHATAN LAIN

Bukan Cuma Lelah, Pegal Linu Bisa Tanda Masalah Kesehatan Lain

Sabtu, 07 September 2019 | 04:30:00
Durasi baca: 2 menit, 6 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Bukan Cuma Lelah, Pegal Linu Bisa Tanda Masalah Kesehatan Lain

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa di antara kita sering merasakan pegal linu usai bekerja lembur atau kelelahan sepulang dari travelling . Umumnya cukup diredakan dengan pijatan ringan menggunakan obat gosok hangat, tanpa berpikir ada penyakit di baliknya. Ternyata kondisi pegal linu itu bukan hanya tanda kelelahan, tapi bisa juga ciri adanya masalah kesehatan di dalam tubuh Anda. 

Dalam dunia kesehatan, pegal linu disebut sebagai nyeri otot alias  myalgia . Hampir semua orang pernah mengalaminya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kebanyakan, pegal linu bukanlah kondisi yang serius dan bisa hilang dengan sendirinya setelah beristirahat.

Banyak hal yang bisa mengakibatkan pegal linu antara lain terlalu banyak melakukan aktivitas fisik, misalnya karena belum terbiasa berolahraga, mencoba gerakan baru, berlatih lebih keras atau lebih lama dari biasanya, hingga tidak melakukan pemanasan dengan benar.

Baca juga: Penting! Kesehatan Reproduksi Pada Para Remaja

Kekurangan gizi, terutama kalsium dan vitamin D dan kurang tidur, karena otot tidak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat sehingga lama-kelamaan menjadi tegang dapat menyebabkan badan Anda mudah pegal-pegal. Selain itu, stres, dan dehidrasi juga bisa menyebabkan tubuh pegal linu.

Sementara pada kasus yang lebih parah, pegal linu juga bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan di dalam tubuh Anda, misalnya:

  • Anemia disebut juga penyakit kurang darah, yakni ketika tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin.
  • Artritis merupakan pembengkakan atau rasa nyeri pada sendi yang biasanya makin parah seiring bertambahnya usia.
  • Sindrom kelelahan kronis ketika Anda merasa sangat lelah sehingga menyebabkan perubahan pola tidur, kondisi emosi yang berubah drastis, hingga pikun.
  • Klaudikasi adalah rasa nyeri yang diakibatkan terlalu sedikitnya darah yang mengalir saat Anda berolahraga.
  • Dermatomyositis merupakan penyakit langka yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah di kulit, lemah otot, dan pembengkakan otot.
  • Influenza alias sakit flu.
  • Fibromyalgia ialah rasa nyeri otot di sekujur tubuh.
  • Lupus merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan kelelahan, nyeri sendi, dan bintik merah berbentuk kupu-kupu di wajah.
  • Penyakit Lyme, yakni penyakit yang disebabkan oleh bakteri Borriela burgdorferi dengan gejala yang awam ialah demam, sakit kepala, kelelahan, dan bercak pada kulit.
  • Multiple Sclerosis (MS) merupakan masalah kesehatan pada otak dan sumsum tulang belakang dengan gejala beragam, termasuk gangguan keseimbangan.
  • Pneumonia yaitu infeksi pada satu atau kedua paru-paru yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur.
  • Mononukleosis disebut juga virus mono atau penyakit ciuman, yang memiliki gejala mirip flu, termasuk menyebabkan badan terasa pegal-pegal.

Untuk menyembuhkan badan yang pegal-pegal, Anda harus menyingkirkan penyebabnya. Jika pegal linu disebabkan oleh adanya infeksi di dalam tubuh, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk memperoleh pengananan yang tepat.

SEHATQ

Baca juga: Stalking Mantan! Mempunyai Efek Negatif Buat Kesehatan Loh


RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH