?>
LADIESTORY.ID » BEAUTY » BUKAN SULAP, BUKAN SIHIR: INI RAHASIA PERAWATAN RAMBUT SEHAT DAN INDAH

Bukan Sulap, Bukan Sihir: Ini Rahasia Perawatan Rambut Sehat dan Indah

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Durasi baca: 2 menit, 57 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Bukan Sulap, Bukan Sihir: Ini Rahasia Perawatan Rambut Sehat dan Indah

Hampir mirip dengan kulit wajah, kita juga terobsesi memiliki rambut yang sehat dan berkilau. Sisi baik memiliki rambut sehat dan bersinar: 1) lebih percaya diri, 2) tidak perlu repot dan pusing mengaturnya dan 3) tidak pernah ada istilah bad hair day. Dan rambut indah plus sehat tidak hanya bisa dicapai oleh orang-orang tertentu. Semua orang bisa memilikinya—termasuk kamu (iya, kamu). Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu melakukan 5 perawatan di rumah secara teratur untuk mendapatkan rambut berkilau dan sehat. 

1. Gunakan sari cuka apel setelah memakai sampo

cara membuat rambut berkilau
sumber: freepik.com

Barangkali belum banyak dari kita yang tahu, bahwa sari cuka apel dapat mengembalikan kilau alami rambut, sekaligus sebagai antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat menghilangkan sisa sampo yang masih melekat pada rambut. Tak cuma itu, sari cuka apel juga bisa menangkal bakteri penyebab ketombe yang berbahaya bagi rambut, lho. Nah, kamu bisa menggunakan sari cuka apel ini dengan cara mencampurkan 1 sendok makan sari cuka apel bersama 300 ml air bersih, lalu aduk rata. Kemudian, saat keramas, setelah membilas sampo, siram rambutmu dengan campuran sari cuka apel dan air ini, lalu biarkan 1 menit. Setelah itu, bilas lagi hingga bersih dengan air dingin.

2. Keramas 3 hari sekali dan bilas dengan air dingin

cara membuat rambut berkilau
sumber: freepik.com

Jika kamu termasuk orang yang gemar keramas, bahkan sampai melakukannya setiap hari, maka kamu harus mengubah kebiasaanmu itu untuk mencuci rambut setiap 3 hari sekali saja. Sebab, terlalu sering mencuci rambut bisa membuat rambutmu kehilangan minyak alaminya, dan menjadikannya kering dan kusam. Selain itu, biasakanlah untuk membilas rambut dengan air dingin, dan bukan air panas atau hangat. Sebab, membilas rambut dengan air dingin bisa menutup kutikula rambut dan menjauhkan risiko rambut kusut.

Baca juga: 6 Trik Agar Nail Polish di Kukumu Terlihat Lebih Indah dan Tahan Lama

3. Gunakan hair oil yang mengandung minyak argan

cara membuat rambut berkilau
sumber: freepik.com

Ada banyak hair oil atau minyak rambut yang dijual di pasaran dengan kualitas yang oke, namun dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, ada banyak hair oil yang mempunyai wewangian lembut dan menyegarkan, namun tetap tidak mengganggu penciumanmu. Nah, agar rambutmu bisa mendapatkan hasil berkilau dan sehat alami, kamu bisa memilih hair oil yang mengandung minyak argan, yang bisa meningkatkan kesehatan rambut dan menambah kilau pada rambut tanpa membuatnya berminyak. Aplikasikan pada rambut secukupnya saja ya, tak perlu terlalu banyak.

4. Gunakan kondisioner 

cara membuat rambut berkilau
sumber: freepik.com

Seperti yang kita tahu, kondisioner dapat mengunci kelembapan rambut dan menambahkan lapisan pelindung pada rambutmu. Sehingga, rambutmu tidak akan mudah terbakar matahari yang bisa menyebabkannya kering dan kusam. Akan tetapi, jika rambutmu termasuk jenis rambut yang sudah terlanjur kering dan kusam, kamu bisa memberikan perlindungan ekstra dengan juga menggunakan kondisioner tanpa bilas.

5. Gunakan masker rambut semalaman setiap seminggu sekali

cara membuat rambut berkilau
sumber: freepik.com

Sama seperti ketika kamu merawat kesehatan kulit wajah, kamu pun juga harus memperlakukan hal itu kepada rambutmu supaya adil. Gunaka masker rambut yang bisa dibiarkan semalaman, di saat kamu tidur. Keesokan harinya, keramas dengan sampo bebas sulfat dan bilas hingga bersih dengan air dingin. Setelah itu, keringkan rambut menggunakan kaus bersih yang sudah tidak dipakai dengan cara membungkusnya dan biarkan sisa air pada rambut menyerap pada kaus. Kegunaan masker rambut ini adalah untuk membantu rambut tetap lembap, berkilau, dan sehat. Lakukan perawatan ini setiap seminggu sekali ya, Ladies!

Merawat keindahan rambut memang tidaklah instan, dan butuh waktu serta ketelitian untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika kamu berhasil melakukannya dengan sebaik mungkin, maka rambutmu akan bersinar dan sehat sepanjang hari. 

Sumber foto utama: Unsplash.com/ RUMARÍN 

Baca juga: Kisah Cinta Indah Permatasari Berikan Pemikiran Penting, Bahwa Ada 5 Solusi Hubungan yang Tak Direstui Orang Tua


beauty kecantikan hair care cara membuat rambut berkilau rambut berkilau shiny hair hair

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON BEAUTY