?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » BUKU, KADO NATAL TERBAIK SI KECIL, INI 5 MANFAAT MEMBACA BUKU UNTUK ANAK!

Buku, Kado Natal Terbaik Si Kecil, Ini 5 Manfaat Membaca Buku untuk Anak!

LS Parenting
Rabu, 25 Desember 2019 | 09:55:54
Durasi baca: 3 menit, 34 detik
Dibaca: 1 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Buku, Kado Natal Terbaik Si Kecil, Ini 5 Manfaat Membaca Buku untuk Anak!

Kegiatan membaca buku bisa membuat anak memahami manusia serta bumi dan seisinya dari berbagai macam perspektif yang berbeda. Tak cuma itu, jika si buah hati sudah terbiasa melahap banyak buku, maka kemampuan menulisnya pun juga akan terasah dengan sendirinya lho, Ladies. Makanya, banyak jurnalis atau sastrawan terkemuka yang awalnya hanya hobi membaca buku, lantas imajinasinya menjadi liar, dan akhirnya mencoba untuk menulis cerita pendek atau tulisan lainnya yang menarik. Tentu, tak cuma buku, kita juga bisa membimbing anak agar mau membaca tabloid khusus anak yang sumbernya terpercaya. Maka itulah, kita perlu memperkenalkan kegiatan membaca kepada anak sedari kecil agar ketika kelak ia dewasa, ia akan tumbuh menjadi pribadi yang berpikiran terbuka dan bertoleransi. Nah, untuk lebih meyakinkanmu, mengapa kita harus mengajak dan membimbing anak untuk rajin membaca, berikut ini ada 5 manfaat membaca untuk anak sejak dini yang perlu kamu tahu. Check this out!

1. Manfaat membaca untuk anak: melatih otak mereka

Manfaat membaca untuk anak: melatih otak mereka
sumber: freepik.com

Seperti yang kerap kita alami, membaca membutuhkan lebih banyak kekuatan otak daripada sekadar menonton televisi. Dengan kata lain, jika anak membaca buku, maka ia bisa memanfaatkan bagian otaknya yang berfungsi untuk membuat koneksi antara kata-kata dan pemikiran visual. Sebab, ketika anak membaca, ia hanya bisa membayangkan segala adegan di dalam kepalanya saja. Berbeda jika ia menonton televisi dimana segala adegan sudah disediakan untuk dilihat. Selain itu, membaca juga bisa merangsang pemikiran kritis anak, mendorong anak untuk membuat hubungan antara buku dan kehidupan nyata, serta membantu anak membangun opininya sendiri. Sebagai perkenalan dengan kegiatan membaca buku, kamu bisa memberikan buku berilustrasi kepada anak untuk membantunya memahami narasi serta menumbuhkan kemampuan berfantasi.

2. Manfaat membaca untuk anak: meningkatkan konsentrasi

Manfaat membaca untuk anak: meningkatkan konsentrasi
sumber: freepik.com

Membaca membutuhkan fokus dan konsentrasi yang baik agar si pembaca mampu memahami isi cerita dengan tepat. Sebab itulah, jika anak sudah diperkenalkan dengan aktivitas membaca dan membiasakan dirinya untuk membaca apa saja, semisal buku, maka fokus dan konsentrasi anak akan terjaga, bahkan meningkat seiring berjalannya waktu. Agar anak bisa dengan leluasa berkonsentrasi dengan bacaannya, berikan ruang yang luas untuknya membaca dan jauhkan berbagai mainan di sekitarnya. Sebab, mainan yang ada di sekitarnya akan membuatnya mudah bosan ketika membaca, dan malah mengalihkan perhatiannya kepada mainannya itu, Ladies. Sebisa mungkin, jauhkan mainan dari si kecil hingga ia bosan membaca dengan sendirinya. Setelah itu, barulah kita membantunya mencari mainan jika anak mulai mencari mainannya.

Baca juga: Berbagai Macam Tipe Kecerdasan Pada Anak

3. Manfaat membaca untuk anak: hiburan terbaik dan termurah

Manfaat membaca untuk anak: hiburan terbaik dan termurah
sumber: freepik.com

Memang sih, ada banyak buku yang harganya juga mahal. Tapi, tentunya tidak semahal ketika anak mulai meminta gadget dan kecanduan untuk menonton berbagai video di media sosial, yang pastinya juga bisa menghabiskan banyak kuota. Belum lagi, terlalu sering berada di depan layar gadget juga bisa membuat mata anak bermasalah. Itulah sebabnya, membaca adalah hiburan terbaik dan termurah untuk anak lho, Ladies. Tentu, di balik segala kelebihannya itu, membaca buku tentunya punya dampak yang lebih sehat untuk fisik dan mental anak ketimbang sekedar bermain gadget!

4. Manfaat membaca untuk anak: membuatnya haus akan pengetahuan

Manfaat membaca untuk anak: membuatnya haus akan pengetahuan
sumber: freepik.com

Anak-anak lebih sering menikmati isi buku dan jalan ceritanya, terlebih jika ada ilustrasi yang dihadirkan pada buku yang dibacanya itu. Ketika anak membaca halaman pertama, lalu penasaran dengan halaman kedua, dan semakin penasaran dengan lanjutan cerita di halaman-halaman berikutnya, tanpa sadar anak telah menemukan banyak pengetahuan dan pengalaman yang didapatnya sendiri dari kegiatan membaca buku ini lho, Ladies. Lantas, jika anak sudah terbiasa membaca dan menghabiskan satu buku cerita, ia akan menggunakan pengalaman yang didapatnya itu dengan mencari topik lain yang serupa dari buku yang lainnya pula. Lama-lama, tanpa kamu ajak membaca, anak akan mencari buku incarannya sendiri yang akan dibelinya, ketika kamu mengunjungi toko buku bersamanya. Uh, seru!

5. Manfaat membaca untuk anak: meningkatkan empati dan toleransi

Manfaat membaca untuk anak: meningkatkan empati dan toleransi
sumber: freepik.com

Ketika anak membaca buku, ia akan memerankan banyak tokoh yang ada pada buku yang dibacanya. Sehingga, anak bisa memahami segala bentuk perbedaan, mulai dari pendapat, sifat, karakter, kebudayaan, bahkan identitas para tokoh tersebut. Dengan begitu, anak pun juga akan belajar memahami perbedaan dan menumbuhkan sikap toleransi di dalam dirinya. Tak cuma itu, empati anak juga akan terbangun dengan sendirinya, ketika ia sudah mampu menikmati rasa yang ada pada setiap cerita yang dibacanya.

Benar kan, Ladies, ada banyak manfaat membaca buku untuk anak sejak dini yang jarang banget kita sadari. Nah, mulai sekarang, yuk kita kenalkan buku pada anak dan bimbing ia untuk rajin membaca buku!

Baca juga: Mix and Match Pakaian Untuk Anak Kuliahan!


parenting ibu dan anak anak kado natal natal. buku membaca manfaat membaca buku manfaat membaca buku untuk anak hobi kebiasaan baik christmas

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING