?>
LADIESTORY.ID | PARENTING | CARA CERDAS MEMBANTU ANAK AGAR LEBIH TANGGAP DAN PINTAR

Cara Cerdas Membantu Anak agar Lebih Tanggap dan Pintar

LS Parenting
Durasi baca: 2 menit, 29 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cara Cerdas Membantu Anak agar Lebih Tanggap dan Pintar

Masa kanak-kanak adalah masa paling penting untuk mengoptimalkan kemampuan dan kecerdasan. Memang dibutuhkan waktu, kesabaran dan kreativitas agar anak tumbuh menjadi pribadi yang optimal. Dan tidak cukup hanya fasilitas seperti tablet, laptop, buku bacaan dan lain sebagainya--orangtua harus terjun langsung dan berperan aktif membimbing anak. Ingin si kecil lebih cepat tanggap dan pinter? Yuk, cobain tips di bawah ini untuk membuat tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal.

Ajarkan disiplin diri

Dalam buku berjudul The Power of Habit: Why We Do What We Do in Life and Business oleh Charles Duhigg, disebutkan anak dengan disiplin diri yang baik berpeluang lebih sukses di masa depan ketimbang anak dengan IQ tinggi. Salah satu sebabnya adalah anak yang memiliki disiplin diri lebih mampu mengendalikan emosinya secara sehat, dapat bersikap bertanggung jawab, memiliki kesabaran, dan tahu kapan harus membuat pilihan atau keputusan yang benar.

Ajarkan dan tumbuhkan rasa ingin tahu si kecil

Ketika si kecil masih berusia anak-anak, mereka cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ketika si kecil melihat benda atau pun suatu hal baru yang belum pernah ia lihat, maka biasanya mereka akan bertanya. Dan sebagai orangtua yang baik, sebaiknya kamu mencoba untuk menjawab dan menjelaskan mengenai hal yang ia tanyakan. Dan jika kamu tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan yang ia ajukan--tidak masalah. Katakan saja bahwa kamu akan mencari tahu dan akan kembali padanya saat sudah tahu jawabannya. Atau, cari jawabannya bersama-sama. Satu hal yang pasti, jangan sampai kamu mengatakan tidak tahu dan tidak berusaha mencuri tahu, atau malah berbohong kepadanya.

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Ajarkan dan tumbuhkan rasa sosial, simpati, dan empati

Sebagai manusia yang akan berbaur dengan banyak orang, memiliki perasaan sosial, simpati dan empati adalah sikap yang baik untuk ditanamkan sejak dini kepada anak. Agar si kecil bisa tumbuh menjadi anak yang bisa menghargai orang lain, maka sebaiknya kamu bisa mengajarkan mereka untuk menghargai orang lain sejak dini. Ajarkan si kecil untuk peduli pada orang-orang yang kurang beruntung, atau menolong teman yang sedang terjatuh. Dan ajari si kecil untuk tidak memiliki sifat yang sombong.

Beri teladan yang baik 

Sebagai orangtua, maka sikap dan perilaku kita pastinya akan menjadi contoh bagi anak-anak. Jika kamu menginginkan si kecil untuk dapat bersikap sopan, memiliki tutur kata yang baik, cepat tanggap dalam menghadapi situasi, maka setidaknya kita sebagai orangtua harus juga bersikap seperti itu. Ini agar si kecil bisa mencontoh apa yang kita lakukan.

Apabila kamu ingin  anak menjadi lebih cepat tanggap dan juga cerdas, setelah melakukan semua hal yang telah disebutkan di atas, maka ada baiknya jika dilengkapi dengan pemberian nutrisi yang lengkap. Tak hanya ketika masih berada di dalam kandungan, setelah lahir dan tumbuh besar pun harus  tetap diberikan nutrisi yang sehat. 

Selain itu, berikan kasih sayang yang cukup. Dengan kasih sayang yang kuat, maka selain kecerdasan otak akan berkembang, juga akan membuat hubungan ibu dan anak makin harmonis.

Bagaimana menurutmu, Ladies? Sebagai orangtua, apakah kamu memiliki trik pintar dan positif untuk mendidik anak menjadi pribadi yang lebih baik? Selamat mencoba tips di atas, ya. 

Baca juga: 5 Kiat Melawan Stres Dampingi Anak Belajardi Rumah


Sumber foto utama: Freepik.com

Tips Membuat Anak Lebih Cepat Tanggap cara Tips Membuat Anak Lebih Cepat Tanggap Tips Membuat Anak cerdas Tips Membuat Anak Pintar

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting