?>
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | CARA GAYA HIDUP MINIMALIS BIKIN KAMU LEBIH HAPPY

Cara Gaya Hidup Minimalis Bikin Kamu Lebih Happy

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 11 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cara Gaya Hidup Minimalis Bikin Kamu Lebih Happy

Minimalis mungkin lebih dikenal sebagai konsep estetika menata ruangan. Walaupun sebenarnya, prinsip minimalis sendiri dapat diaplikasikan ke dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan menjadikan prinsip minimalis sebagai landasan mindset atau pola pikir, yang kemudian diterapkan dalam gaya hidup minimalis.

Pola hidup apa adanya alias minimalis diperkenalkan pertama kali oleh seorang konsultan kerapian sekaligus penulis asal Jepang, Marie Kondo melalui “Konmari”. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa sebenarnya gaya hidup sederhana ini berasal dari aliran Zen yang dibawa oleh umat Budha. Sederhananya, aliran ini mengimbau kepada manusia untuk mengatur finansial lebih baik dengan mengurangi barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Lalu, apa sih manfaat dari menerapkan gaya hidup minimalis untuk finansial kamu?

Membuat Kamu Bisa Lebih Berhemat

Baca juga: Bagaimana Cara Memulai Gaya Hidup Yang Minimalis Saat Pandemi

Artinya, tentu saja kamu jadi memiliki lebih banyak uang untuk disimpan alias ditabung. Kamu perlu tahu, pola hidup minimalis bukan berarti mengajarkan kamu untuk menjadi pelit, perhitungan, atau apa pun sebutannya. Namun, gaya hidup ini akan memberi tahu kamu bagaimana caranya menentukan skala prioritas.

Meminimalisir Stres

Stres memang menjadi masalah yang kerap dialami oleh kaum urban, mungkin kamu pun termasuk salah satunya. Sayangnya, sebagian besar orang memilih untuk berbelanja atau menghabiskan uang untuk mengatasinya. Padahal, masih banyak alternatif lain yang lebih membantu.

Tak Ada Lagi Saling Membandingkan

Tidak hanya karena stres, pola hidup konsumtif juga bisa dipicu karena kamu selalu membandingkan apa yang menjadi milikmu dengan apa yang dimiliki orang lain. Misalnya, temanmu baru saja membeli ponsel baru. Kamu yang gengsi lantas tidak mau kalah dengan turut membeli ponsel yang lebih bagus dari milik kawanmu. Mau sampai kapan begitu terus?

Waktu untuk Beristirahat Jadi Lebih Banyak

Mengapa demikian? Masih terkait dengan manajemen stres yang pastinya akan menyita hampir sebagian besar waktumu, bahkan mengganggu tidurmu, membuat tidak nyenyak dan tidak nyaman. Kamu akan memikirkan banyak hal, dan semuanya terbawa bahkan hingga kamu pergi tidur. Akibatnya, mimpi buruk mudah menyerang, dan keesokan harinya, kamu akan terbangun dengan tubuh pegal, semangat redup, lingkar mata menghitam, dan kurang konsentrasi.

Kamu akan Menjadi Lebih Produktif

Coba kamu pikirkan, apakah kamu memiliki cukup waktu untuk produktif baik di hari kerja maupun di akhir pekan? Bekerja memang sangat melelahkan, terlebih jika setelahnya kamu masih harus mengurus urusan rumah atau mengerjakan pekerjaan lainnya. Lalu, mengapa kamu tidak mencoba menerapkan gaya hidup minimalis? Ini akan mengurangi waktu yang selalu kamu gunakan untuk beres-beres. Karena setiap orang menganut nilai yang berbeda, maka jangan heran jika cara mereka menerapkan gaya hidup minimalis berbeda dengan yang kamu lakukan.

Meski setiap dari kamu menjalankan gaya hidup minimalis dengan cara yang berbeda, tapi sebenarnya kalian tetap menempuh tujuan yang sama, yaitu kehidupan yang lebih bahagia.

Baca juga: Tren Skincare Saat New Normal Yang Wajib Kamu Tahu

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

tren Gaya Hidup Minimalis Gaya Hidup Minimalis cara Gaya Hidup Minimalis tips menghemat keuangan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle