?>
LADIESTORY.ID | PARENTING | CARA MEMANDIKAN BAYI DI ERA NEW NORMAL AGAR TERHINDAR VIRUS CORONA

Cara Memandikan Bayi di Era New Normal agar Terhindar Virus Corona

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Durasi baca: 2 menit, 15 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cara Memandikan Bayi di Era New Normal agar Terhindar Virus Corona 

Melakoni peran sebagai seorang ibu memberi kebahagiaan tersendiri. Namun, tak jarang pada kondisi tertentu, menghadirkan kekhawatiran. Salah satunya, ketika memandikan sang bayi. Bisa dibilang memandikan bayi menjadi tantangan sulit bagi sebagian besar ibu, terlebih ibu baru. 

Tubuh bayi yang masih lemah dan kecil menjadi alasan yang membuat para ibu seringkali takut memandikan, ditambah ketakutan si bayi terjatuh. Meski demikian, bayi tetap harus dimandikan. Mandi merupakan hal penting untuk menjaga bayi tetap bersih. Apalagi, kondisi saat ini masih mewabahnya virus corona sehingga mandi menjadi sangat wajib demi menjaga kebersihan dan terhindar virus asal Wuhan tersebut. 

Sama dengan kegiatan lainnya, pada masa new normal ini, memandikan bayi juga harus mengikuti protokol kesehatan agar bayi tidak terinfeksi virus COVID-19. Nah,  berikut ini lima cara memandikan bayi pada masa new normal. 

Baca juga: 5 Cara Memutihkan Kulit BayiAgar Halus dan Lembut dengan Bahan Alami

Dalam Keadaan Sehat dan Bersih 

Sebelum memandikan bayi, pastikan kondisi mama dalam keadaan sehat dan bersih. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum memegang serta memandikan bayi. Bila dalam kondisi sehat, mama tidak perlu mengenakan masker atau face shield. 

Selain itu, jika mama habis keluar rumah, segera mandi dan ganti pakaian. Bila sudah bersih, baru mama bisa memandikan atau berinteraksi dengan bayi. Ingat, bayi lebih rentan terjangkit virus corona. 

Cukup Mandi Dua Kali Sehari

Mandi memang dapat menjaga kebersihan tubuh si kecil. Namun, meski tengah wabah COVID-19, bukan berarti bayi harus sering-sering dimandikan. Menambah frekuensi mandi jusru dapat membuat kulit bayi menjadi kering. Karena itu, cukup mandikan bayi dua kali dalam sehari, pada pagi dan sore hari. 

Bersihkan Peralatan Mandi 

Selain kebersihan diri mama, jangan lupa juga bersihan peralatan mandi bayi sebelum digunakan seperti bak mandi, gayung, handuk, dan tempat sabun. Bersihkan menggunakan sabun pembersih dan bilas dengan air hangat. 

Gunakan Produk Mandi Bayi 

Kulit bayi berbeda dengan kulit orang dewasa. Kulit bayi masih sangat sensitif terhadap produk tertentu. Sebab itu, pilih produk mandi dengan formula yang ringan serta lembut bagi bayi seperti sabun dan sampo khusus bayi. 

Baca juga: Model Anting Untuk Bayi Perempuan Yang Tepat


Mandi Sehabis Pergi 

Bila mama terpaksa mengajak bayi keluar rumah atau pergi untuk urusan penting seperti ke rumah sakit, sesampai di rumah segera ganti pakaian bayi dan mandikan. Meski begitu, tetap perhatikan jam dan kondisi bayi. 

Jangan memandikan bayi terlalu sore atau dalam kondisi rewel atau menangis, mengantuk, dan lapar. Hal ini dikhawatirkan bayi akan berontak saat dimandikan. 

Perhatikan Cara Menggendong 

Ketakutan mama saat memandikan bayi adalah bayi terlepas dari tangan atau terjatuh. Untuk menghindari hal itu, pastikan mama memegang dan menggendong bayi dengan baik. Gendong bayi dengan satu tangan memegang kepala, satu tangan lagi memegang tubuh. 

Jaga kepala bayi agar tetap berada di atas air dengan memegang dasar kepala serta bahu demi mencegah air masuk ke telinga bayi. 

Baca juga: Tips Memilih Bak Mandi Yang Aman Untuk Bayi

Cara memandikan bayi Tips memandikan bayi Cara menjaga kebersihan bayi Tips agar bayi selalu bersih Produk kesehatan bayi

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting