?>
LADIESTORY.ID | JEWELRY | CARA MEMBEDAKAN CARAT BERLIAN DENGAN CARAT EMAS

Cara Membedakan Carat Berlian dengan Carat Emas

LS Fashion
Penulis: LS Fashion
Durasi baca: 2 menit, 12 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cara Membedakan Carat Berlian dengan Carat Emas

Sudah dari dulu perhiasaan emas dan berlian mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Keduanya bisa digunakan sebagai perhiasan hingga investasi. Walaupun memiliki satuan ukur yang sama, yaitu karat, ternyata karat berlian dan emas berbeda, loh. Tidak banyak orang yang tahu perbedaan karat pada berlian dan emas. Walaupun penyebutannya sama, tetapi ternyata punya arti berbeda. Emas 1 karat tentunya berbeda dengan berlian 1 karat. Lalu, di manakah bedanya?

Perbedaan Karat Berlian dan Karat Emas

Karat Emas

Emas dikenal sebagai logam mulia yang langka dan bersifat unik. Warnanya yang berkilau dipersepsikan sangat bernilai dan digunakan sebagai alat tukar sejak zaman dahulu. Kenapa emas dengan kemurnian 24 Karat atau 24K tidak digunakan sebagai standarisasi perhiasan? Mengacu pada sifat uniknya, logam mulia emas yang memiliki kadar kemurnian semakin tinggi akan semakin lunak logamnya. Oleh karena itu sifat logam mulia emas dengan kadar 24 Karat terlalu lunak dan sulit bagi pengrajin untuk mempertahankan durabilitas barang tersebut ketika digunakan dalam aktifitas sehari-hari.

Dalam pembuatan perhiasan, emas harus dicampur oleh logam lain seperti perak, palladium dan logam lainnya sehingga menghasilkan perhiasan yang memiliki durabilitas atau ketahanan tinggi dalam aktivitas sehari – hari. Sistem karat digunakan untuk menentukan tingkat kemurnian dari emas dalam perhiasan. Untuk mengetahui presentase kemurnian emas dari perhiasan berdasarkan karat dapat disimak berikut ini :

Baca juga: 5 Anting Berlian Ini Menjadi Koleksi Termahal di Dunia

24K = 24/24 bagian atau 99 – 99,99% nya emas.
18K = 18/24 bagian atau 75% nya emas.
14K = 14/24 bagian atau 58,5% nya emas.
10K = 10/24 bagian atau 41,67% nya emas.

Karat Berlian

Kalau untuk emas, karat merupakan ukuran kemurnian. Tetapi untuk berlian, carat sendiri menunjukan berat dari batu berlian tersebut. Berat emas sendiri biasanya diukur dalam gram, tetapi tidak untuk berlian. Ukuran berlian memiliki dampat terbesar pada harganya. karat metric, yang sama dengan 0.20 gram merupakan satuan berat stkamur untuk berlian dan sebagian besar permata lainnya. Jika faktor lain sama, semakin berat batu, maka semakin berharga juga. Laboratoeium Gemologi mengukur berat carat ketika berlian longgar (tidak terpasang)

Lalu bagaimana cara kamu menghitung carat berlian, 1 carat setara dengan 100 point. Berlian dengan ukuran yang sangat besar, sangat sulit ditemukan di alam. Misalnya satu batu berlian yang memiliki ukuran 1.00 carat harganya lebih mahal dibanding dengan 2 batu berlian yang masing-masing ukurannya 0.50 carat. Untuk hitungan carat dari dua lebih batu berlian, dihitung berdasarkan totalnya. Jadi semisal ada 4 berlian di dalam satu buah cincin maka total caratnya dihitung dari 4 berlian tersebut.

Sekarang ini jika berlian lebih dari satu karat dalam ukurannya biasanya akan datang sertifikat dari laboratorium yang menentukan inklusi, warna dan ukuran. Carat itu sendiri dibuat dari seratus bagian tertentu yang disebut titik. Meskipun memungkinkan untuk memperkirakan berat berlian yang terpasang, laboratorium menggunakan timbangan ultrasensitive untuk mencapai berat yang tepat. Berlian diukur hingga 3 angka desimal, meskipun tempat desimal ketiga biasanya tidak disebutkan di tingkat ritel.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat Perhiasan Emas Di Rumah


Perbedaan Karat Berlian dan Karat Emas Cara membedakan karat emas dan berlian perbedaan emas dan berlian perhiasan berlian dan emas

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Jewelry