?>
LADIESTORY.ID | COMMUNITY BLOG | BEAUTY | CARA MEMBERSIHKAN KOMEDO SECARA ALAMI DENGAN MUDAH

Cara Membersihkan Komedo Secara Alami Dengan Mudah

Mochamad Robby
Durasi baca: 5 menit, 43 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cara Membersihkan Komedo Secara Alami Dengan Mudah

Tahu cara membersihkan komedo? Bagaimana cara membersihkan komedo? Komedo merupakan salah satu penyakit kulit yang tumbuh di bagian wajah dan sering dijumpai di bagian hidung. Seseorang yang memiliki komedo adalah orang yang memiliki kelenjar minyak berlebih serta sel kulit mati. Walau penyakit kulit yang satu ini tidak berisiko terlalu besar, tetapi tetap saja keberadaan komedi di wajah Anda akan mengurangi keindahan wajah bahkan bisa berakibat seseorang yang menderita komedo kurang percaya diri ketika muncul di depan publik.

Berbagai Cara Membersihkan Komedo

Ada beberapa penanganan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi komedo. Di dalam ulasan artikel ini, kita akan sama-sama membahas tentang berbagai cara untuk membersihkan komedo.

Baca juga: 5 Produk Colored Stone Frank & Co. Yang Cocok Dijadikan Mahar Pernikahan

Seseorang yang menderita komedo, pada kulit wajahnya akan ditandai dengan bintik-bintik hitam. Kulitnya sendiri akan terlihat kusam. Seseorang yang tidak secara rutin membersihakan wajahnya akan rentan sekali terkena komedo. Karena jarang dibersihkan, kulit mati yang seharusnya dibuang, dibiarkan menumpuk.

Hal ini dengan akan menyebabkan minyak yang berada di permukaan kulit tidak terangkat dan akhirnya menutupi sel kulit. Penumpukan minyak di permukaan kulit tersebut akan menyebabkan sel kulit tersembut dan selanjutnya akan menyebabkan terbentuknya komedo.

Diketahui bahwa ada 2 jenis komedo yang telah berhasil diidentifikasi dan diteliti oleh para ahli masalah kulit. Adapun kedua komedo tersebut adalah sebagai berikut.

2 Jenis Komedo yang Sering Muncul di Kulit Manusia

Baca juga: 5 Cara Memutihkan Kulit BayiAgar Halus dan Lembut dengan Bahan Alami


1. Komedo yang terbuka atau disebut juga blackhead

Komedo ini merupakan jenis komedo yang diderita oleh seseorang, yaitu pori-pori kulitnya terjadi penyumbatan oleh karena adanya oksidasi dengan udara dan selanjutnya akan menyebabkan pori-pori tersebut membesar. Komedo yang terbuka atau blackhead ini memiliki warna hitam dan sangat mengganggu penampilan wajah Anda.

2. Komedo yang tertutup atau disebut juga whitehead

Komedo ini merupakan jenis komedo yang diderita oleh seseorang di mana pori-pori kulitnya terjadi penyumbatan. Di area pori-pori yang tersumbat ini akan tumbuh sejenis kulit. Kulit yang tumbuh ini berwarna putih, tetapi teksturnya yang tidak datar menyebabkan bentuk terlihat seperti tonjolan.

Pada dasarnya, komedo merupakan efek yang diderita seseorang oleh karena seseorang tersebut tidak menerapkan kebiasaan membersihkan wajah agar tidak berminyak. Sebagian orang kadang merasa malas membersihkan wajahnya setelah beraktivitas di luar ruang. Rutinitas padat yang dijalani seseorang umunya menjadi alasan yang menyebabkan mereka kurang memerhatikan kebersihan wajah dan akhirnya komedo yang tumbuh di wajah mereka tidak dapat diatasi.

Baca juga: DIY Bahan Dapur Yang Bisa Menjadi Bahan Pelembut Pakaian

Pola hidup sehat yang salah satunya merawat kebersihan kulit menjadi modal utama untuk menghindari tumbuhnya komedo, terutama bagi orang-orang yang cenderung memiliki wajah dengan produksi minyak berlebih. Memang ada penanganan khusus untuk mengtasi komedo pada orang yang memiliki kulit seperti ini. Akan tetapi, dengan rajin membersihkan wajah, kemungkinan terserang komedo bisa diminimalisir.

Komedo pada hakikat merupakan penyakit yang sangat mengganggu, terutama pada remaja yang memang ingin mendapatkan wajah yang bersih, cantik berseri, dan bebas dari bintik-bintik hitam. Beberapa orang kemudian melakukan perawatan yang kadang kala sangat berlebihan, contohnya saja pergi ke salon kecantikan yang tentu akan menguras biaya.

Sebenarnya, banyak metode perawatan dan pembersihan wajah yang terjangkiti komedo. Jenis perawatan dan pembersihan ini sangat beragam, tetapi ada baiknya terlebih dahulu mengetahui secara rinci mengenai kondisi kulit Anda, terutama kulit wajah. Dengan begitu, Anda akan tahu jenis kulit seperti apa sehingga didapat penanganan yang tepat utnuk membasmi komedo. Nah, berikut cara untuk membersihkan komedo yang bisa diterapkan di rumah masing-masing.

Cara Membersihkan Komedo Dengan Mudah

1. Menggunakan Scrub

Baca juga: 5 Bahan Alami Ini Ampuh Mencerahkan Lutut dan Siku

Scrub merupakan bahan untuk facial yang dioleskan ke wajah. Cara kerjanya sendiri adalah menumbuhkan sel kulit baru setelah sebelumnya membuang semua sel kulit mati yang ada di wajah. Karena efek yang ditimbulkan oleh sel kulit mati yang menumpuk bisa menyebabkan kondisi komedo Anda makin memburuk, maka dengan menggunak scrub, sel-sel mati tersebut bisa diangkat dan dibersihkan.

Perhatikan daerah-daerah yang tingkat pertumbuhan komedonya lebih banyak, terutama di bagian hidung, dahi, serta dagu. Lakukan facial scrub yang rutin untuk hasil yang lebih baik dan pilih produk scrub yang memang dikhususkan untuk kulit wajah.

2. Menggunakan Baking Soda

Ternyata, baking soda bukan hanya bermanfaat dalam proses pembuatan kue loh. Dengan menggunakan baking soda, kelebihan minyak yang ada pada wajah akan mampu diserap. Dengan baking soda, wajah yang mengandung bakteri akan dibersihkan. Bahkan, untuk komedo yang membandel sekali pun, baking soda akan mebersihakan dengan mudah.

Proses penggunaannya pun sangat mudah. Baking soda yang telah Anda siapakan dicampur dengan air. Aduk rata hingga berbentuk seperti pasta, selanjutnya oleskan ke seluruh bagian permukaan wajah. Kemudian bilas wajah dengan air bersih setelah sebelumnya mendiamkan terlebih dahulu polesan baking soda di wajah selama lebih kurang 20 menit.

Baca juga: 5 Produk Skincare Yang Ampuh Menghilangkan Flek Hitam

3. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya ternyata memberi manfaat tersendiri untuk kulit. Prosesnya dapat menghaluskan kulit serta mempercepat suatu proses penyembuhan pada kulit yang sakit/luka. Untuk menggunakan lidah buaya dalam mengatasi komedo di wajah, Anda bisa menggunakan lendir dari potongan batang lidah buaya. Lendir dari yang berasal dari batang lidah buaya dipercaya mampu membuat kulit wajah lebih segar dan tentu proses ini akan menghindarkan tumbuh komedo. Lakukan cara ini dengan mengoleskan lendir tersebut pada bagian wajah yang terdapat komedonya.

4. Menggunakan Putih Telur

Cara ini sebetulnya sangat sederhana, hanya saja agak sedikit merepotkan. Putih telur yang telah dipisahkan dari kuning telurnya, kemudian dikocok dengan menambahkan madu (bila tidak ada madu juga tidak apa-apa). Setelah itu, kocokan telur dan madu tadi dioleskan ke seluruh bagian wajah (terutama pada bagian yang ada komedonya).

Proses memakan waktu lebih setengah jam hingga olesan tadi mengering. Selanjutnya, bersihkan wajah Anda dengan menggunkan air hangat (hangat kuku) hingga bersih. Khasiat putih telur dipercaya mampu mengurangi jumlah komedo yang ada di wajah serta dapat memprotek timbulnya komedo baru.

5. Cara Lainnya

Selain cara-cara tersebut di atas yang telah dijelaskan, ada beberapa bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk membantu mengurangi komedo serta membersihkan wajah dari komedo yang mengganggu. Bahan seperti jeruk lemon, garam, jeruk nipis, bahkan pasta gigi juga bisa digunakan untuk mengatasi komedo. Akan tetapi, sebaiknya Anda melakukan hal-hal berikut yang bisa menghindari timbulnya komedo di wajah.

6. Pola Hidup Sehat

Komedo sebenarnya timbul akibat pola hidup tidak sehat yang berasal dari Anda sendiri. Dampak dari pola hidup tidak sehat ini contohnya konsumsi minyak yang berlebih sehingga membuat wajah Anda menyimpan minyak berlebih pula. Pada akhirnya, ini akan membuat proses tumbuhnya komedo menjadi lebih pesat. Solusinya, makan-makanan yang tidak mengandung bayak minyak serta konsumsi buah-buahan.

7. Rutinitas di Luar Ruangan

Memang tidak salahnya melakukan kegitan di luar ruangan. Akan tetapi, setelah selesai beraktivitas di luar ruangan, segera lakukan pembersihan pada wajah. Anda bisa menggunakan sabun muka atau bahan lainnya yang bisa membantu proses pemebersihan. Jangan biarkan kotoran berlama-lama di wajah. Paling penting lagi adalah membersihkan wajah sebelum tidur.

8. Pemakaian Kosmetik yang Berlebih

Untuk tampil sebaik mungkin, apalagi untuk kaum wanita, memang sudah seharusnya menggunakan bahan-bahan rias yang membantu meningkatkan aura kecantikan Anda. Namun adakalanya, pemakaian kosmetik berlebih juga tidak baik bagi kulit wajah. Apalagi jika menggunakan bahan kosmetik berbentuk krim maupun minyak yang malah meningkatkan timbulnya komedo.

Intinya, jika ingin terhindar dari komedo, Anda harus membentuk pola hidup yang teratur yang berorientasi pada kesehatan kulit, terutama kulit wajah serta lakukan perawatan teratur yang bisa mempertahankan keasrian kulit Anda.

Semoga cara membersihkan komedo di atas bermanfaat untuk Anda!

Cara Membersihkan Komedo Komedo Membandel Jenis Komedo di Wajah Cara Menghilangkan Komedo

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty