Ladiestory.id » Fashion & Beauty » Cara Memilih Lipstik Nude yang Pas dengan Jenis Kulit

Cara Memilih Lipstik Nude yang Pas dengan Jenis Kulit

Sabtu, 21 September 2019 | 01:00:00
Durasi baca: 2 menit, 11 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cara Memilih Lipstik Nude yang Pas dengan Jenis Kulit

CANTIKA.COM, Jakarta - Di antara banyak perempuan yang gemar memakai warna lipstik merah cabai hingga neon, tak sedikit pula perempuan yang nyaman mengenakan lipstik bernuansa kalem seperti warna nude. Tak ada yang lebih baik di antara keduanya sebab itu preferensi selera masing-masing.  

Penerapan lipstik nude ini memang sedikit tricky karena bila salah pilih tingkat formula ataupun penerapannya, bibir Anda bisa terlihat pucat dan tidak menarik. “Lipstik nude itu tergantung tingkat konsentrat, bukan sekadar memulaskan lipstik yang ada di bibir," kata Linda Cantello, penata rias internasional untuk Armani Beauty di laman Elle.

Di tengah kebangkitan tren makeup tahun 90-an saat ini, ia ingat bagaimana, saat itu, seniman di belakang panggung menggunakan trik menggunakan concealer sebagai lapisan di atas lipstik merah muda untuk membuat tampilan nude. Tapi trik itu sekarang sudah jarang dipakai dengan beragam teknologi shade warna yang siap mengikuti selera Anda.

Baca juga: Tips Merawat Kulit di Tengah Kabut Asap Menurut Ahli

"Hal besar yang selalu kami lakukan adalah mengeluarkan putih [dalam formula], bahkan dalam foundation , karena warna putihlah yang membuat tampilan nude tampak seperti buatan," tambah Cantello.

Melansir laman Elle, berikut ini pemilihan lipstik nude sesuai jenis kulit

1. Kulit medium atau hangat

Perhatikan warna bibir alami Anda. "Semua bibir kita berbeda. Saya punya bibir yang sangat pucat. Sementara itu, beberapa orang yang memiliki pigmentasi bibir yang sangat kuat. Biasanya jika Anda memilih warna merah muda pekat dipulaskan ke bibir berwarna pucat akan berubah menjadi abu-abu penampilannya,” ucap Cantello.

Jangan pula menggunakan terlalu banyak lip balm sebelum memoles lipstik Anda. "Pulaskan lipbalm, eksfoliasi dan sikat gigi, itu hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai rutinitas perawatan kulit," ucap Cantello. "Jika kamu ingin tampilan bibiir matte nude lalu ada lapisan lipbalm tepat di bawahnya, lipstik itu tidak akan mengunci warnanya di bibir Anda,” lanjutnya.

2. Kulit putih atau fair

Baca juga: Khasiat Bunga Lilac untuk Atasi Tanda Penuaan pada Kulit

Menurut Cantello, pemilik kulit putih sebaiknya jauhi warna-warna netral dengan dominasi warna kuning. Cantello mengatakan lipstik berwarna kuning bisa terlihat seperti concealer dan membuat tampilan bibir jadi seperti cakey .

Jangan pula memakai foundation sebelum memulas lipstik . Anda mungkin pernah melihat tutorial tersebut di YouTube saat vlogger menutupi bibirnya dengan foundation sebagai primer bibir — Cantello bukan penggemar teknik ini. "Trik ini memang kami lakukan pada zamannya, tetapi sekarang teknologi kandungan lipstik sangat berubah sehingga itu tidak perlu lagi," jelasnya. "Concealer atau foundation di bawah lipstik malah memicu keretakan.”

3. Kulit gelap atau deep

Jika Anda memiliki kulit gelap, hindari warna lipstik yang terlalu pucat, persik, atau nuansa merah muda. "Dengan warna-warna itu penampilannya akan menjadi abu-abu," tukas Cantello. Jika Anda bukan tipe pemakai lipstik, tetapi tidak menyukai tinted balm, maka beralihlah ke lipbalm dengan merah yang pekat.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Membantu Mengatasi Masalah Kulit Tubuh yang Kering

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON FASHION & BEAUTY